x

Termasuk Emil, Ini 4 Kiper yang Cocok Gantikan De Gea di Manchester United

Selasa, 27 November 2018 15:46 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
David De Gea

INDOSPORT.COM - Dalam beberapa minggu terakhir, rumor kepidahan David De Gea dari klub sepak bola Manchester United kian santer terdengar, setelah klub sepak bola Juventus dan Paris Saint-Germain (PSG) diketahui telah serius meliriknya.

Memang dalam beberapa musim ke belakang, De Gea dikabarkan telah memiliki niat untuk hengkang dari Old Trafford. Akan tetapi, Manchester United yang memiliki kuasa untuk menjualnya enggan melepasnya, mengingat performa kiper 28 tahun ini sangatlah krusial.

Walau begitu, pada tahun 2015 silam, De Gea sejatinya hampir saja pindah ke Real Madrid, andai United tidak telat mengirimkan dokumen-dokumen penting perihal kepindahan De Gea.

Baca Juga

Tak ayal, banyak yang menuding Manchester United sengaja melakukan hal tersebut karena tidak ingin kehilangan salah satu pemain terbaiknya ini.

Kini kontrak mantan penjaga gawang Atletico Madrid ini tersisa hitungan bulan lagi. Negosiasi antara keduanya pun sejatinya tengah berlangsung. Namun, dikabarkan pihak De Gea enggan memperpanjang masa baktinya di Old Trafford.

Bila memang negosiasi keduanya menemui jalan buntu, maka Manchester United mau tak mau harus menjual De Gea secepatnya, bila tidak ingin kehilangannya secara cuma-cuma.

Di sisi lain, kepergian shot-stopper kelas dunia ini akan menambah pekerjaan rumah untuk The Reds Devils, yakni mencari pengganti yang sepadan.

Baca Juga

Mengingat akan hal itu, INDOSPORT telah merangkum setidaknya empat penjaga gawang muda yang diyakini bisa menggantikan De Gea, andai sang penjaga gawang benar-benar pindah. Berikut daftarnya.


1. Gianluigi Donnarumma

Gianluigi Donnarumma, kiper AC Milan.

Sejak dipercayai menjaga gawang AC Milan di usianya yang baru menginjak 18 tahun, sosok Donnarumma mampu menyita banyak perhatian.

Tak sedikit yang mempercayai Donnarumma kelak akan menjadi penjaga gawang utama Timnas Italia, mengingat kemampuannya tiada duanya.

Pada musim ini saja Donnarumma mampu mencatatkan rata-rata dua penyelamatan krusial di setiap pertandingannya, dan menjadi penyelamat untuk Milan yang kerap kali bermain buruk. Sama seperti De Gea di Manchester United.

Baca Juga

Menariknya, dalam beberapa musim terakhir Donnarumma turut dikabarkan akan hengkang dari San Siro. Oleh karena itu, andai De Gea benar-benar hengkang dari Old Trafford, sosok Donnarumma sebagai pengganti diyakini dapat menyamai penjaga gawang 28 tahun tersebut.

Sekadar informasi, data dari squawka menunjukkan bahwa pada musim 2018/19 Donnarumma telah melakukan 31 kali penyelamatan gemilang di bawah mistar gawang AC Milan, dari 13 laga yang telah ia lakoni.


2. Jordan Pickford

Penyelamatan Jordan Pickford di babak 16 besar Piala Dunia 2018 bersama Timnas Inggris.

Sejak Joe Hart tidak lagi dipercayai mengisi pos penjaga gawang di Timnas Inggris, Jordan Pickford secara perlahan-lahan mulai mengambil alih dan memantapkan posisinya di pos terakhir The Three Lions ini.

Tercatat pada musim ini, Pickford telah memainkan 13 pertandingan bersama Everton di Premier League Inggris. Dari seluruh penampilannya, squawka mencatat bahwa penjaga gawang 24 tahun tersebut berhasil menorehkan catatan positif dengan rata-rata 2.8 penyelamatan di setiap pertandingannya. Hampir menyamai catatan De Gea yang mencatatkan 3.4 penyelamatan di setiap pertandingannya.

Tak ayal, mengingat Pickford merupakan pemain asli Inggris, diyakini peluang United merekrut penjaga gawang Everton ini lebih jauh terbuka, dibandingkan yang lainnya. 


3. Emil Audero

Emil Audero

Penjaga gawang berdarah Italia-Indonesia ini, secara mengejutkan mampu tampil impresif sepanjang musim 2018/19 berlangsung. Dipinjamkan ke Sampdoria, Emil Audero mampu mencatatkan berbagai torehan positif.

Salah satunya ialah menjadi penjaga gawang yang mampu melakukan penyelamatan tertinggi di benua Eropa pada bulan Oktober lalu. Tercatat Emil melakukan 87,5 persen penyelamatan dari total tembakan yang ia hadapi.

Baca Juga

Unggul tipis dari pesaing terdekatnya, Hugo Lloris dan kiper fenomenal Liverpool musim ini, Alisson Becker yang menempati peringkat kedua dan ketiga.

Bahkan penjaga gawang 21 tahun ini mampu mengungguli Gianluigi Buffon yang hanya mampu mencatatkan 83,3 persen bersama PSG.

Jan Oblak

Jan Oblak.

Selain terkenal dengan keberhasilannya mencetak penyerang-penyerang fenomenal, Atletico Madrid turut dikenal sebagai klub yang sukses melahirkan penjaga gawang terkemuka.

Mulai dari De Gea, Thibaut Courtois hingga yang teranyar Jan Oblak merupakan bukti nyata akan hal itu.

Untuk nama yang terakhir disebutkan, santer dikabarkan akan menjadi pengganti De Gea di Manchester United.

Bagaimana tidak? Selepas peninggalan Courtouis ke Chelsea kala itu, Oblak mampu tampil impresif saat berada di bawah mistar gawang.

Di musim ini saja, Jan Oblak mampu mencatatkan rata-rata 2.3 penyelamatan di setiap pertandingannya dari 13 penampilannya di La Liga.

Tak ayal penjaga gawang 25 tahun ini, diprediksi akan mampu menggantikan posisi seniornya di Manchester United kelak nanti.

Penulis: Ridi F Khan

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Bursa Transfer Lainnya Hanya di INDOSPORT

Bursa TransferManchester UnitedParis Saint-GermainJuventusDavid de GeaJan OblakEmil Audero MulyadiGianluigi DonnarummaJordan Pickford

Berita Terkini