x

Jelang Piala AFF U-22 2019, Ini 3 Calon Kuat Pelatih Timnas Indonesia

Selasa, 27 November 2018 18:12 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Emapt calon pelatih Timnas Indonesia U-22

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia saat ini tengah terpuruk setelah gagal total di Piala AFF 2018. Hal itu disinyalir karena PSSI yang secara mendadak memutus kontrak pelatih Luis Milla jelang kompetisi tersebut.

Tak diperpanjangnya kontrak Luis Milla memaksa PSSI mempromosikan Bima Sakti sebagai pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF 2018.

Persiapan Bima Sakti sendiri pun terbilang sangat mepet untuk mematangkan permainan Skuat Garuda. Apalagi, Bima Sakti juga belum memiliki pengalaman menjadi pelatih utama di klub maupun tim nasional.

Baca Juga

Melihat hal tersebut, wajar jika Timnas Indonesia gagal total di kompetisi paling bergengsi di Asia Tenggara. Kegagalan itu pun membuat Bima Sakti kemungkinan besar tidak akan melatih Timnas Indonesia U-22 di Piala AFF U-22 2019 mendatang.

Karena agenda terdekat Timnas Indonesia saat ini adalah Piala AFF U-22 2019, yang akan digelar pada awal tahun depan. Oleh karena itu PSSI harus bergerak cepat untuk mencari calon pelatih untuk Timnas Indonesia U-22.

Berikut INDOSPORT mencoba untuk merangkum 3 calon pelatih yang akan menukangi Timnas Indonesia U-22 di Piala AFF U-22 2019 mendatang.


1. Indra Sjafri

Indra Sjafri memberikan arah kepada anak asuhnya.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri baru-baru ini muncul sebagai salah satu calon pelatih Skuat Garuda senior. Apalagi, Indra Sjafri mengaku sangat siap jika dirinya mendapat perintah dari PSSI.

Karena menurutnya, permintaan itu adalah perintah negara. Sebagai warga negara yang baik dan memiliki jiwa nasionalis tinggi, maka Indra Sjafri pun tak akan menolak tawaran tersebut.

"Tidak ada orang yang kalau diperintah negara tidak siap dan tidak mau. Lagi pula doa ibu saya hanya satu, yakni harus berguna bagi bangsa dan agama," ucap Indra di Senayan, Jakarta.

Sedangkan jika Indra Sjafri promosi ke Timnas Indonesia U-22, kemungkinan besar posisi yang ditinggalkannya di Timnas U-19 akan diisi oleh Fakhri Husaini. Karena Fakhri beberapa waktu lalu sempat mengatakan berkeinginan untuk tak lagi melatih Timnas U-16.


2. Simon McMenemy

Pelatih Bhayangkara FC, Simon McMenemy.

Nama Simon McMenemy sempat digembor-gemborkan untuk menggantikan Luis Milla beberapa bulan lalu. Isu tersebut muncul ketika tidak ada kejelasan mengenai kontrak Luis Milla di Timnas Indonesia.

Simon McMenemy sendiri terbilang memiliki pengalaman yang sangat baik sebagai seorang pelatih. Bagaimana tidak, pelatih asal Skotlandia tersebut mampu mencatatkan sejarah saat membawa Bhayangkara juara di Liga 1 musim lalu.

Tak hanya itu, Simon juga memiliki pengalaman melatih sebuah tim nasional. Seperti yang diketahui, dirinya sempat menukangi Timnas Filipina pada tahun 2010 lalu. Pengalaman itu pun membuat dirinya pantas menjadi calon pelatih Timnas Indonesia.


3. Pelatih yang Menjuarai Liga 1 2018

Robert Rene Alberts vs Stefano Cugurra Teco

Salah satu anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Yunus Nusi baru-baru ini mengatakan jika Timnas Indonesia bisa saja dilatih oleh pelatih yang akan jadi juara di Liga 1 musim 2018 ini.

Oleh karena itu, Exco akan melihat hasil Liga 1 2018 terlebih dahulu sebelum memutuskan siapa pengganti Bima Sakti di kursi kepelatihan Timnas Indonesia.

Saat ini, hanya PSM Makassar dan Persija Jakarta yang memiliki kans juara di Liga 1 musim ini. Kedua tim tersebut saat ini tengah berpacu untuk menjadi yang terdepan di kasta teratas sepak bola Indonesia.

Baca Juga

"Kami masih lihat hasil Liga 1 dulu. Kalau misalkan Persija juara dan hasil evaluasi karena pelatihnya yang bagus, ya ada kemungkinan kami pilih dia," ujar Yunus kepada awak media.

"Begitu juga kalau PSM juara, dan itu mungkin juga karena pelatihnya yang memang bagus, bisa jadi kami pilih. Kami lihat dulu hasil dari Liga 1 nanti," tutupnya.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya di INDOSPORT.

Indra SjafriRobert Rene AlbertsLiga IndonesiaStefano Cugurra TecoSimon McMenemyTRIVIAPiala AFF U-22 2019Timnas Indonesia U-22

Berita Terkini