x

3 Calon Pemain Supersub Terbaik di Liga 1 2018, Dikuasai Nama Lokal

Kamis, 29 November 2018 14:32 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Ferdinand Sinaga.

INDOSPORT.COM - Persaingan di kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 telah memasuki dua pertandingan terakhir. Sejumlah tim tengah mempersiapkan timnya agar bisa meraih target yang sudah dicanangkan sejak awal musim.

Untuk mencapai target, tentu sebuah klub sepak bola memerlukan pemain yang mempunyai kemampuan mumpuni. Tak hanya pemain utama, peran pemain cadangan juga ikut memberi andil terhadap keberhasilan tim tersebut.

Baca Juga

Pasalnya ketika tim sedang mengalami deadlock, pemain cadangan akan menjadi kartu truf yang bisa mengubah peruntungan tim.

Bahkan tak jarang, pemain cadangan menjadi suatu strategi dalam pertandingan sepak bola karena biasanya tidak diantisipasi oleh lawan.

Tak terkecuali klub-klub Liga 1 yang juga memiliki senjata dalam diri supersub yang bisa berperan penting. Uniknya para pemain supersub ini didominasi oleh para pemain lokal yang kalah saing dengan pemain asing, padahal pemain lokal memiliki kemampuan diatas rata-rata.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT rangkum dalam 3 calon pemain supersub terbaik di Liga 1 musim ini.


1. Ferdinand Sinaga – PSM Makassar

Ferdinand Sinaga mengeksekusi bola

Karena kompetisi Liga 1 masih belum berakhir, tidak etis jika disebutkan pemain-pemain itu adalah supersub terbaik. Oleh karena itu, INDOSPORT menyebutnya sebagai calon pemain supersub terbaik dan salah satunya adalah Ferdinand Sinaga.

Keberhasilan PSM Makassar dalam memuncaki klasemen sementara Liga 1 tak lepas dari peran pemain cadangan yang dijalankan dengan baik oleh Ferdinand Sinaga.

Berdasarkan catatan Transfermarkt, Ferdinand Sinaga tercatat tampil sebagai pemain pengganti dalam 15 pertandingan.

Baca Juga

Selama sebagai supersub, Ferdinand Sinaga sangat tajam dengan telah mengemas 6 gol di musim ini. Padahal Ferdinand total hanya bermain dalam 417 menit saja yang artinya ia mampu mencetak satu gol setiap 69,5 menit.


2. Ahmad Hardianto – Arema FC

Ahmad Nur Hardianto melakukan selebrasi gol setelah membobol gawang Persebaya di menit 69.

Selain memiliki materi pemain asing yang berkualitas seperti Makan Konate, Arema juga dibekali pemain lokal yang tak kalah bagus. Pemain itu adalah Ahmad Hardianto yang berposisi sebagai penyerang.

Baca Juga

Sayang, dirinya hanya dijadikan sebagai supersub saja, mungkin demi kepentingan taktik atau memang pelatih lebih percaya pada Sunarto. Tapi, Ahmad Nurhadianto tetap mampu memberikan penampilan terbaiknya sebagai supersub.

Dalam 11 kali ia masuk sebagai pemain pengganti, Ahmad Nurhadianto mampu mencetak 5 gol dan 2 assists. Jika ia mampu mempertahankan penampilan gemilangnya, bukan tidak mungkin ia akan segera mendapatkan panggilan ke Timnas Indonesia.


3. Dendi Sulistyawan – Persela Lamongan

Pemain Persela Lamongan Dendi Sulistyawan.

Untuk kasus Dendi Sulistyawan, ia di Liga 1 musim ini bermain untuk dua klub yaitu Bhayangkara FC dan Persela Lamongan. Aslinya Dendi adalah pemain Bhayangkara, tetapi di pertengahan musim ia pindah ke Persela Lamongan dengan status pinjaman.

Baca Juga

Di dua klub tersebut, peran Dendi tetap sama yaitu sebagai supersub yang akan merubah peruntungan klub di babak kedua. Tercatat ia diturunkan sebagai pemain pengganti dalam 13 pertandingan.

Dalam periode itu, Dendi mampu membuat 4 gol dan 2 assists dengan catatan hanya bermain 390 menit saja. Itu menjadi bukti kalau Dendi Sulistyawan sebenarnya merupakan pemain yang cukup tajam, cukup mengherankan Timnas Indonesia kekurangan penyerang lokal.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT
 

Ferdinand SinagaPersela LamonganPSM MakassarLiga IndonesiaDendi SulistiawanBhayangkara FCArema FCLiga 1TRIVIA

Berita Terkini