x

Seperti Indonesia, Kutukan Ini Buat Vietnam Terancam Gagal di Piala AFF

Kamis, 29 November 2018 16:12 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Kapten Timnas Vietnam, Nguyen Duc Hai.

INDOSPORT.COM - Sebuah pencapaian luar biasa ditunjukkan Timnas sepak bola Vietnam di Piala AFF 2018. Bagaimana tidak, mereka menjadi kesebelasan satu-satunya yang belum sekalipun kebobolan di fase grup.

Vietnam berhasil meraih tiga kemenangan dan satu hasil imbang di grup A Piala AFF 2018. Rinciannya adalah menang 1-0 atas Kamboja, 2-0 dari Malaysia, 0-0 vs Myanmar, dan pesta 3-0 ke gawang Kamboja.

Prestasi ini tentu saja sebuah hal bagus. The Golden Star tampak sebagai tim kuat dan mapan dengan catatan tak pernah kebobolan dan mampu mencetak delapan gol.

Baca Juga

Namun jika merujuk ke sejarah Piala AFF, performa hebat Nguyen Chong Puong dan kawan-kawan itu justru akan membawa petaka, yakni tidak akan berhasil menjadi juara Piala AFF 2018.

"Vietnam telah mengatasi penyisihan grup dengan hampir tidak ada kesalahan dalam taktik, mereka tidak terkalahkan, memenangkan 3 dari 4 pertandingan dan terutama tidak kebobolan. Ini adalah pencapaian yang terhormat, tetapi sejarah Piala AFF tampaknya tidak mendukung ini," tulis media berita olahraga sepak bola Vietnam, Bongda.vn.

"Statistik menunjukkan bahwa semua tim yang meraih prestasi clean sheet di grup tidak akan jadi juara. Pada 2000, Vietnam raih clean sheet di fase grup, tetapi tersingkir di semifinal," lanjutnya.

Baca Juga

"Thailand memiliki babak penyisihan grup yang fantastis pada 2008, tetapi gagal lolos ke final. Sebelumnya di Piala AFF 2004, Indonesia menjaga clean sheet di babak penyisihan grup, tetapi kemudian mengakhiri turnamen di posisi runner-up," tutup Bongda.vn.

Kutukan Piala AFF tersebut telah bertahan selama 18 tahun terakhir. Pada edisi kali ini, apakah kutukan itu bakal berlanjut atau bakal dihancurkan oleh Timnas Vietnam? mari kita tunggu bersama.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Piala AFF 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT

VietnamTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTimnas VietnamPiala AFF 2018Park Hang Seo

Berita Terkini