x

Gara-gara Gempa, 3 Laga Sepak Bola Ini Pernah Dihentikan

Jumat, 30 November 2018 10:35 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
Bangunan yang rusak akibat gempa bumi.

INDOSPORT.COM - Indonesia kembali diguncang gempa berkekuatan 5,1 SR di wilayah DI Yogyakarta. Meski kekuatan gempa cukup kuat, namun goncangan ini tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Badan Meteorologi, klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada Jumat (30/11/18) pukul 03.42 WIB. Lokasi gempa berada di 122 kilometer barat daya Kabupaten Kulon Progo.

Aktivitas tektonik ini tentu mengganggu rutinitas masyarakat Yogyakarta, termasuk persiapan salah satu klub sepak bola Liga 1 (kasta tertinggi bola Indonesia) 2018, PS Tira yang akan menjamu Arema FC pada Minggu (02/12/18) di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta.

Baca Juga

Selain mengganggu jalannya liga di Indonesia, gempa bumi juga pernah melanda beberapa daerah yang bertepatan dengan momentum sebuah pertandingan sepak bola.

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT merangkum 3 pertandingan sepak bola yang pernah dilanda gempa bumi hingga harus dibatalkan atau dibubarkan:

1.  L’Aquila vs Catanzaro (Liga Italia)

Laga L`Aquila vs Catanzaro sempat berhenti akibat ada gempa.

Gempa bumi berkekuatan 3,6 SR menyebabkan pertandingan sepak bola antara  L'Aquila vs Catanzaro sempat dihentikan. Gempa terjadi saat pertandingan divisi empat Liga Italia tersebut berlangsung.

Namun wasit Vincenzo Todaro memutuskan untuk melanjutkan pertandingan sepak bola saat getaran gempa sudah tak dirasakan lagi di stadion.

Baca Juga

Memiliki kondisi yang sama dengan Indonesia, L`Aquila memang seringkali diguncang gempa. Ibukota wilayah Abruzzo tersebut bahkan pernah digoyang gempa berkekuatan 5,8 SR pada April 2009 yang merenggut 300 nyawa.


1. 2. Liga 1 Jepang (J-League)

Juara j-league 2012.

Beberapa pertandingan sepak bola kejuaraan J-League dihentikan karena gempa berkekuatan 7,3 SR yang melanda Kumamoto, Jepang.

Meiji Yasuda dari asuransi J-League mengumumkan penghentian pertandingan J-League yang semula akan dilakukan pada April 2016 lalu.

Baca Juga

“Kami merasa prihatin, dan dalam keadaan sangat prihatin saat ini karena gempa yang besar menghantam keluarga kita di Kumamoto,” ujar Yasuda.

Beberapa pertandingan yang dihentikan karena dikhawatirkan adanya gempa susulan adalah Avispa Fukuoka vs Nagoya Grampus, Sagan Tosu vs Vissel Kobe, V Westphalia Nagasaki vs Mito Hollyhock, Kyoto Sanga vs Roasso Kumamoto, Kagoshima United vs SC Sagamihara, Oita Trinita vs Fukushima United, Fukuoka vs Nagoya, serta Tosu vs Kobe.

3. 16 Besar Copa MX Meksiko

Bangunan yang rusak akibat gempa bumi di Meksiko..

Sebuah kompetisi sepak bola nasional di Meksiko bernama Copa MX akan menggelar babak 16 besar pada 20 September 2017 lalu. Namun gempa berkekuatan 7,1 SR yang melanda tenggara Kota Meksiko telah menunda semua laga 16 besar tersebut.

Gempa terjadi sekitar pukul 13:15 waktu setempat, sekitar 76 mil dari Mexico City. Bandara kota berhenti beroperasi pasca gempa, dan Presiden Meksiko, Enrique Peña Nieto mengumumkan  setidaknya 27 bangunan runtuh dan sedikitnya 42 orang tewas.

Baca Juga

Seorang ahli Seismologi USGS mengatakan bahwa gempa ini mungkin gempa susulan dari gempa berkekuatan 8.1 SR yang mengguncang pantai Oaxaca pada 7 September 2017.

Alhasil, semua laga-laga yang ada di babak 16 besar Copa MX harus ditunda dan harus kembali dijadwalkan. Padahal laga ini cukup banyak menarik perhatian dunia, apalagi para pencinta sepak bola.

Penulis: Martini.

Terus Ikuti Update Berita Sepak Bola Internasional Lainnya di INDOSPORT.COM

MeksikoItaliaIndonesiaJ-LeagueBola InternasionalTRIVIA

Berita Terkini