x

3 Alasan Teco Cocok Jadi Pelatih Timnas Indonesia

Sabtu, 1 Desember 2018 14:26 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra Teco. Herry Ibrahim.

INDOSPORT.COM – Pelatih klub sepak bola Persija Jakarta asal Brasil, Stefano Cugurra Teco, sukses membawa Persija Jakarta menjadi klub yang digadang-gadang bakal menjadi juara kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 musim 2018 ini.

Kini, klub asal Jakarta tersebut sedang berada di peringkat dua klasemen sementara Liga 1 2018 di bawah saingan utamanya, PSM Makassar.

Persija Jakarta hanya terpaut satu poin dengan PSM Makassar hingga pekan ke-32 Liga 1. Penentuan gelar juara pun akan dipastikan dalam dua laga pamungkas Liga 1 2018 nanti.

Bukan hanya itu saja, dirinya sukses membawa Persija Jakarta mampu melaju ke babak final Piala Presiden 2018 dan memenangi turnamen prestisius tersebut dengan mengalahkan Bali United lewat skor meyakinkan, 3-0.

Selain itu, pada tahun ini Teco juga sukses membawa Persija Jakarta berbicara di kancah internasional. Dirinya membawa Persija juara Grup H dalam kualifikasi AFC Cup 2018 zona ASEAN, meskipun berujung pada tersingkirnya mereka di babak semifinal kualifikasi AFC Cup zona ASEAN dari Home United.

Hal itu lah yang membuat dirinya juga digadang-gadang akan menakhodai kursi kepelatihan Timnas Indonesia yang kini tengah terpuruk, pasca gagal total di Piala AFF 2018 di bawah naungan Bima Sakti.

Bahkan, dirinya pun mengaku antusias bila memiliki kesempatan untuk melatih Timnas Indonesia di suatu saat nanti.

"Jadi Saya pikir buat cv saya sangat bagus bila saya melatih Timnas," ucapnya.

"Saya pernah melatih dua timnas yaitu, Brasil U-20 dan Thailand U-16. Jadi bila nanti ada kesempatan melatih Timnas Indonesia kenapa tidak saya ambil. Saya sangat siap," tegas ia.

Peluang Teco melatih Timnas Indonesia memang cukup terbuka. terlebih kontrak ia akan segera usai bersama Persija Jakarta.

"Kontrak saya selesai tanggal 31 (Desember). Tapi sebelum selesai saya harus selesai dengan juara," tutupnya.

Melihat hal ini, INDOSPORT mencoba merangkum tiga alasan mengapa Teco cocok untuk menjadi pelatih Timnas Indonesia.


1. Hafal Atmosfer Sepak Bola Indonesia

Pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra Teco dalam latihan di Lapangan PS AU, TNI AU, Halim, Kamis (13/07/18).

Pelatih asal Brasil tersebut diketahui sudah menukangi Persija Jakarta sejak tahun 2017, dan sebelumnya bersama Persebaya di tahun 2004 sebagai pelatih fisik.

Dan kini selama dua musim menjabat sebagai pelatih kepala di tim Macan Kemayoran itu, nampaknya Teco sudah hafal dengan atmosfer sepak bola Indonesia yang terkini.

Baca Juga

Berbagai macam pahit getir dan manisnya sepak bola Indonesia ia sudah rasakan bersama dua tahun ikut berjuang bersama Persija Jakarta.

Beberapa laga besar hingga meriahnya antusias suporter di Indonesia menjadi salah satu pengalaman penting pelatih tersebut. Dan ini menjadi salah satu modal berharga untuk dirinya patut dijadikan pelatih Timnas Indonesia di tahun depan.


2. Fasih Berbahasa Indonesia

Pelatih Persija Jakarta Stefano Cugurra Teco saat konfrensi pers.

Salah satu faktor penting lainnya adalah komunikasi. Untuk diketahui, selama dua musim mengarsiteki Persija, Teco nampaknya sudah terbiasa dengan bahasa Indonesia sehari-hari.

Dengan fasih berbahasa Indonesia, dirinya jadi lebih mengerti akan keadaan sang pemain dan juga mampu menerapkan strategi yang ia inginkan kepada tim anak-anak asuhannya.

Baca Juga

Dan faktor ini menjadi salah satu kunci Persija mampu menjadi tim yang diperhitungkan musim 2018. Mereka juga bakal digadang-gadang menjadi juara Liga 1 musim 2018.


3. Bawa Persija Menjadi Tim Menakutkan di Liga 1 dan Asia

Pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra Teco memberikan arahan kepada anak asuhnya sebelum melakukan latihan. Herry Ibrahim

Flashback perjalanan Teco bersama Persija di awal-awal masa kepelatihannya, perjalanan kariernya tidak berjalan mulus. Di awal-awal musim tahun 2017, Persija sempat berada di papan bawah klasemen Liga.

Seruan untuk melengserkan Teco dari bangku pelatih Persija mulai gencar saat itu. Namun dirinya merupakan pribadi yang pantang menyerah. Dirinya kembali menaikkan martabat Persija hingga mengirimnya finish di posisi empat klasemen Liga 1 musim 2017.

Baca Juga

Di awal musim 2018 ini, ia sukses mempersembahkan dua gelar juara untuk Persija. Dia sukses memenangkan Piala Presiden 2018, dan juga turnamen segitiga di Malaysia, Boost Sportsfix Super Cup 2018.

Dan prestasi yang terakhir ia raih adalah, mampu membawa Persija Jakarta lolos ke babak perempatfinal Piala AFC 2018 zona ASEAN.

Penulis: Abdullah Saputra

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Informasi Seputar Timnas Indonesia di INDOSPORT

Persija JakartaTimnas IndonesiaLiga IndonesiaStefano Cugurra TecoTRIVIA

Berita Terkini