x

5 Klub yang Miliki Pemain Terbanyak di Nominasi Ballon d'Or 2018

Sabtu, 1 Desember 2018 05:00 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Ronaldo memamerkan 5 Ballon dOr miliknya sebelum laga Madrid vs Sevilla.

INDOSPORT.COM - Penghargaan Ballon d'Or atau pemain terbaik dunia akan digelar pada 3 Desember 2018 mendatang. Akankah dominasi Cristiano Ronaldo-Lionel Messi patah tahun ini?

Selama sepuluh tahun terakhir, penghargaan ini selalu didominasi oleh kedua pesepak bola ini, sekalipun masih banyak yang bisa jadi sama layaknya dengan mereka berdua.

Bahkan diprediksi dominasi keduanya akan berakhir dan ada prediksi bahwa Luka Modric yang akan memenangkan penghargaan ini.

Baca Juga

Gelandang Kroasia ini sukses bersama Real Madrid dan membawa negaranya jadi finalis Piala Dunia  2018 plus sudah meraih penghargaan pemain terbaik FIFA.

Klub-klub mana saja yang paling banyak menyumbang pemainnya di daftar nominasi? Berikut INDOSPORT rangkum dari Fox Sports Asia.


1. Paris Saint-Germain (PSG), Barcelona, Atletico Madrid

Gelandang PSG, Marco Verratti dan penyerang Barcelona, Lionel Messi

Persaingan memang lebih merata tahun ini. Ketiga klub papan atas yaitu PSG, Barcelona dan Atletico Madrid masing-masing menyumbang tiga pemain dalam daftar nominasi.

Di PSG semua tahu ada Kylian Mbappe yang aksinya membawa Prancis juara Piala Dunia 2018, lalu seniornya di klub Ediinson Cavani dan Neymar.

Di Barcelona, tentu Lionel Messi masih masuk hitungan, namun ada Luis Suarez dan Ivan Rakitic. Di kubu Atletico, ada rekan senegara Mbappe yaitu Antoine Griezmann yang tampil cukup baik bersama negaranya di Piala Dunia 2018, dan kiper Jan Oblak dan Diego Godin,


2. Liverpool

Luka Modric, playmaker Real Madrid.

Sekalipun Liverpool gagal juara Liga Champions Eropa, mereka punya tiga pemain yang masuk daftar peraih Ballon d'Or. Siapa saja?

Ada Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino yang berperan membawa The Reds ke final Liga Champions Eropa.

Walau bergabung dengan Liverpool di musim ini, kiper Alisson Becker juga masuk nominasi (saat masih bersama AS Roma yang kalah di empat besar kompetisi antar klub Eropa ini dari klub yang dibelanya sekarang).

Real Madrid (8)

Tidak mengagetkan lagi bahwa klub penyumbang nominator terbanyak Ballon d'Or adalah Real Madrid, mengingat keberhasilan mereka meraih gelar Liga Champions Eropa ke-13 musim lalu.

Ada Sergio Ramos, Toni Kroos, Thibaut Courtois yang baru bergabung musim ini, Gareth Bale, Isco, Marcelo, Luka Modric dan yang lebih mengejutkan adalah Karim Benzema.

Baca Juga

Diprediksi Modric akan memenangkan penghargaan Ballon d'Or tahun ini. Menurut kalian bagaimana?

Real MadridCristiano RonaldoLuka ModricLionel MessiBallon d'OrBola Internasional

Berita Terkini