x

Terjun Pantau Mafia Sepak Bola Indonesia, Apa Itu Genius Sports?

Sabtu, 1 Desember 2018 20:56 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Bola di atas lapangan.

INDOSPORT.COM - Sepak bola Indonesia sampai detik ini masih terus dibayang-bayangi kehadiran mafia. Terlebih lagi, setelah beberapa waktu lalu Liga 2 dihebohkan dengan isu adanya praktek pengaturan skor. 

Sebut saja nama Exco PSSI bernama Hidayat, serta bandar bernama Vigit Waluyo yang kini tengah menjadi buah bibir para pencinta sepakbola Indonesia. Nama terakhir ditunjuk-tunjuk sebagai dalang dari mafia sepak bola di Tanah Air. 

Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria menjelaskan bahwa pihak federasi telah mengambil langkah lebih dulu untuk melakukan investigasi hingga memasuki proses persidangan dalam penyelesaian kasus tersebut.

Hal itu diungkap langsung oleh dirinya dalam diskusi 'Citra Negatif PSSI' di Kemang, Jumat (30/11/18) lalu. Dalam diskusi yang juga dihadiri oleh Direktur Persija Jakarta Gede Widiade, Ratu Tisha menyebutkan bahwa PSSI bekerja sama dengan Genius Sports dalam proses investigasi kasus itu. 

"Match fixing itu sama dengan pertanyaan sampai kapan tidak akan ada kejahatan negara ini atau copet/maling di angkot. Makanya kerja sama dengan Genius Sports untuk melakukan investigasi, mengambil langkah hukuman sesuai kapasitas PSSI," tuturnya.

Lantas, siapa dan apa sebenarnya Genius Sports tersebut? Dan bagaimana sistem kerja mereka hingga dianggap oleh PSSI mampu membantu memantau kasus pengaturan skor yang terjadi di sepak bola Tanah Air?


1. Lembaga Pemantau Data Olahraga

Ilustrasi pengamat pertandingan sepak bola.

Genius Sports bisa dikatakan sebagai perusahaan terbesar di dunia yang bergerak di bidang teknologi olahraga saat ini. Berdiri sejak tahun 2000, Genius Sports sendiri menjadi pionir pendataan dalam dunia olahraga. 

Perusahaan ini sendiri memiliki sejumlah teknologi yang mampu membantu melakukan pemantauan data pada setiap pertandingan olahraga yang dilaksanakan.

Baca Juga

Pemantauan yang dilakukan sendiri mencakup sejumlah aspek yang ada dalam pertandingan, seperti aktivitas yang ada di luar dan pinggir lapangan. Lembaga tersebut pada akhirnya akan mendistribusikan datanya pada partner yang bekerja sama dengan mereka.


2. Kerja Sama Berbagai Federasi

Logo PSSI.

Tak cuma federasi sepak bola saja yang menjadi menggaet Genius Sports sebagai perusahaan teknologi olahraga untuk menjaga dan meningkatkan intergritas mereka.

Sejumlah federasi olahraga dunia lainnya pun ikut turut serta menjalin kerja sama dengan perusahaan tersebut. Sebut saja AFC, NBL, FIVB, hingga European League.

Baca Juga
Partner Genius Sports

Genius Sports sendiri membuktikan diri sebagai perusahaan teknologi olahraga mutakhir karena bekerja dengan hampir 600 partner.

Sebagian besar kerja sama tersebut tak hanya ikut membantu melakukan pemantauan, namun juga pengembangan olahraga.


3. Pantau Aksi Mafia Sepak Bola

Ilustrasi Mafia Sepak bola

Sebagai perusahaan teknologi canggih, Genius Sports nyatanya memiliki misi untuk memerangi adanya praktek pengaturan skor. Semua akan mampu dilakukan jika olahraga tersebut memang memiliki peraturan, regulasi, dan prosedur yang pasti.

Dari sana, Genius Sports akan mampu melakukan adanya identifikasi jika terdapat sesuatu yang mencurigakan. Mereka melakukan pemantauan pada situs judi olahraga setiap waktu.

Baca Juga

Mereka menempatkan apa yang disebut dengan Sport Intergrity Monitor (SportIM) pada garda depan dalam memerangi adanya pengaturan skor.

Terdapat teknologi yang menggunakan alogaritma yang mampu memprediksi serta menganalisis pola-pola perjudian yang mencurigakan.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT

PSSIPengaturan Skor Pertandingan (match fixing)Exco PSSILiga Indonesia

Berita Terkini