x

3 Keuntungan Sepak Bola Indonesia jika Roberto Carlos Jadi Pelatih Bali United

Senin, 3 Desember 2018 14:28 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Arum Kusuma Dewi
Roberto Carlos Ingin Latih Bali United?

INDOSPORT.COM - Mundurnya Widodo Cahyono Putro dari kursi kepelatihan Bali United membuat posisi arsitek di sana untuk sementara kosong. Berkat nama besar Bali United, banyak pelatih yang melamar posisi itu termasuk Roberto Carlos yang bakal membawa keuntungan bagi sepak bola Indonesia.

Memang mengejutkan sosok berpengalaman seperti Roberto Carlos ternyata menaruh perhatian besar pada sepak bola Indonesia. Di tengah karut-marut sepak bola dalam negeri, ternyata tidak mengurangi magnet bagi para pesepak bola dunia.

Baca Juga

Roberto Carlos bukanlah sosok kacangan dalam dunia sepak bola, beragam gelar telah ia menangkan bersama Brasil dan Real Madrid. Bahkan posisinya sebagai bek kiri terbaik di dunia tampaknya akan sangat sulit digantikan oleh orang lain kecuali juniornya, Marcelo.

Pengalamannya sebagai pemain yang sukses bakal membawa dampak positif yang luar biasa bagi sepak bola Indonesia. Tapi itu semua bisa terjadi apabila Bali United menerima Roberto Carlos sebagai pelatih untuk Liga 1 musim depan.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT ulas dalam 3 keuntungan bagi sepak bola Indonesia akan kehadiran Roberto Carlos di Bali United.


1. Ada Pemain Indonesia yang Bisa Tendangan Pisang

Roberto Carlos kala membela Timnas Brasil.

Salah satu teknik yang paling identik dengan Roberto Carlos adalah tendangan pisang yang sangat aduhai. Sepakan melengkung ala Roberto Carlos bahkan bisa dikatakan melawan hukum fisika manapun karena bola bisa benar-benar berubah arah sendiri dalam kecepatan yang kabarnya dapat mengalahkan laju ngebut mobil di jalan tol.

Baca Juga

Saat ini nyaris belum ada pemain Indonesia yang memiliki kemampuan untuk melakukan tendangan melengkung yang benar-benar melawan hukum alam. Akan sangat menyenangkan jika kita bisa melihat ada nama Indonesia yang berhasil melakukan tendangan pisang.

Hal itu bisa terjadi asalkan Roberto Carlos dapat mengajari pemain Indonesia untuk melakukan teknik tendangan pisang. Sebagai sepakan melengkung merupakan salah satu teknik yang paling susah karena terbukti hanya Roberto Carlos yang dapat melakukannya seperti melihat Leonardo Da Vinci melukis Monalisa, sangat berkelas dan indah. 


2. Menumbuhkan Mental Juara pada Pemain Indonesia

Tampak sedih seluruh pemain & pelatih Timnas Indonesia usai gagal lolos ke semifinal Piala AFF 2018

Sudah tak terhitung trofi juara yang terpajang dalam lemari Roberto Carlos baik itu bersama Brasil, Real Madrid, atau dengan tim lainnya. Artinya Roberto Carlos memiliki mental juara yang dapat ditularkan kepada para pemain Indonesia.

Mental bertanding merupakan sesuatu yang tidak dapat dibeli karena sangat mahal harganya. Mental merupakan bentuk ketenangan dalam bermain yang dapat membuat seorang pemain dapat mengambil keputusan dengan baik.

Baca Juga

Pada nantinya pemain sepak bola Indonesia yang berada di bawah bimbingan Roberto Carlos di Bali United akan merasakan dirinya tenang ketika menghadapi pertandingan internasional. Salah satu kunci kegagalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 terjadi karena faktor mental yang lemah dari para pemain.


3. Kompetensi Pelatih Asli Indonesia Bakal Meningkat

Roberto Carlos

Seperti yang kita tahu untuk saat ini kompetisi sepak bola paling bergengsi di Indonesia, Liga 1 sedang dimonopoli oleh para pelatih asing. Logikanya, kehadiran Roberto Carlos bakal membuat pelatih lokal Indonesia semakin tidak mendapatkan kesempatan untuk unjuk gigi dalam kompetisi Liga 1.

Akan tetapi jika para pelatih melihat fenomena itu dengan kacamata yang positif, kehadiran Roberto Carlos justru akan memunculkan tingkat persaingan yang lebih kompetitif. Para pelatih lokal Indonesia bakal semakin terlecut untuk mengembangkan potensinya untuk berprestasi di Liga 1.

Baca Juga

Apalagi jika pelatih lokal itu mampu mengalahkan Roberto Carlos yang akan membuat dirinya terkenal. Bayangkan nanti bakal ada pemberitaan berjudul orang Indonesia ini berhasil mengalahkan legenda hidup Brasil, untuk itu para pelatih bakal mengembangkan potensinya.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.