x

3 pemain Terbaik Liga 1 2018 Berdasarkan Statistik, Tak Ada dari Persija Maupun PSM

Kamis, 6 Desember 2018 20:47 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
LOGO LIGA 1.

INDOSPORT.COM - Kompetisi sepak bola kasta teringgi Indonesia, Liga 1 2018 masih menyisakan satu pekan lagi yang akan digulirkan pada Sabtu dan Minggu, 8 dan 9 desember 2018.

Namun PT Liga Indonesia baru (LIB) selakuk operator liga telah merilis daftar kandidat pemain terbaik, pemain muda terbaik hingga pelatih terbaik.

Baca Juga

Dari daftar tersebut bisa terlihat jelas bahwa nama-nama asing masih mammpu mendominasi Liga 1 2018 diatas pemain-pemain lokal yang ada diberbagai klub.

Misalnnya saja dari tiga kandidat pemain terbaik Liga 1 2018, tak ada satupun yang merupakan pemain lokal. Ketigannya adalah Rohit Chand (Persija Jakarta/Nepal), Willem Jan Pluim (PSM Makassar/Belanda), dan David da Silva (Persebaya Surabaya/Brasil).

Baca Juga

Bukan hanya dari apa yang dirilis PT LIB, jika berkaca pada statistik, nama-nama pemain sepak bola asing juga mampu menonjol di atas nama-nama lokal. 

Berbekal catatan statistik diberbagi hal itu, setidaknya portal berita olahraga INDOSPORT mendapati tiga pemain asing yang layak untuk ditasbihkan sebagai pemain terbaik di Liga 1 2018.


1. David da Silva

David da Silva terharu usai mencetak gol ke-800 Persebaya di Liga Indonesia.

Masuk sebagai salah satu kandidat pemain terbaik dalam rilis PT LIB, David da Silva memang pantas jika merujuk pada catatan statistiknnya dalam urusan mencetka gol.

Hingga pekan ke 33 Liga 1 2018, pemain klub Persebaya Surabaya itu masih memimpin daftar topskor sementara dengan 20 gol.

Baca Juga

Jumlah gol David da silva saat ini memang tinggal berselisih satu gol dari pesaingnnya Aleksandar Rakic. Namun jika melihat jumlah pertandingan, David akan terlihat jauh lebih unggul.

Dirinnya bisa mencetak 20 gol hanya dari 22 pertandingan, disaat Rakic mengemas 19 gol dari 30 laga yang telah dilaluinnya.


2. Aleksandar Rakic

Aleksandar Rakic, pemain asing PS TIRA.

Meski sejauh ini masih tertinggal dari David da Silva, Aleksandar Rakic sendiri masih layak untuk dimasukan kedalam salah satu pemain asing terbaik Liga 1 2018.

Selain jumlah gol yang tak bisa dibilang sedikit. Rakic nyatannya memiliki keunggulan dalam jumlah tembakan ke arah gawang.

Baca Juga

Sepanjang 33 pertandingan Rakic mampu menciptakan 42 tembakan ke arah gawang. Jumlah tersebut sedikit lebih banyak dari para pesangnnya. Da Silva, Simic, Bruno Silva hingga Spasojevic.

Namun satu yang membuat Rakic layak dikedepankan, dirinya bisa mencatatkan jumlah tersebut dalam tim yang hingga pekan ke-33 ini masih terjerebab di zona degradasi, PS TIRA. Hal yang menunjukan, secara kualitas individu, Rakic memang memiliki keunggulan yang bisa diandalkan.


3. Bruno Silva

Selebrasi striker PSIS Semarang Bruno Silva usai cetak gol ke gawang Persib Bandung di Liga 1, Minggu (18/11/18).

Jika David da Silva unggul dalam efektivitas dan jumlah gol. Maka satu pemain ini layak dikedepankan sebagai pemain asing terbaik Liga 1 2018 berdasarkan catatan kontribusinya dalam terciptannya gol

Dia adalah pemain PSIS Semarang Bruno Silva. Dalam catatan statistik tersebut Bruno tak terkalahkan dengan jumlah 25 kontribusi dalam proses terciptannya gol.

Baca Juga

Angka 25 itu terbagi dari 16 gol dan sembilan assist. Untuk jumlah sembilan assistnnya, itu juga merupakan catatan tertinggi di Liga 1 2018 sejauh ini. Bruno beradi sebagai top assist bersama tiga pemain lokal, Riko Simanjuntak, Rizky Pora dan Dedi Hartono.

Terus Ikuti Update Liga 1 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM

Liga IndonesiaLiga 1Bruno SilvaDavid da SilvaAleksandar RakicTRIVIA

Berita Terkini