x

3 Pemain Persija Jakarta yang Uzur dan Bisa Pensiun Usai Juara

Jumat, 7 Desember 2018 18:45 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi

INDOSPORT. COM - Persija Jakarta tengah menghadapi situasi di ambang gelar juara Liga 1 2018 menjelang laga terakhir melawan Mitra Kukar. Bila bisa juara, ada tiga pemain senior Persija yang kemungkinan besar akan langsung pensiun.

Ya, Liga 1 2018 tinggal menyisakan satu laga lagi untuk menentukan sang juaranya. Persija yang kini duduk di peringkat pertama klasemen sementara, akan memainkan laga terakhirnya melawan Mitra Kukar pada Minggu (09/12/18) esok.

Bila bisa menang atas Mitra Kukar, Persija dipastikan bakal merengkuh trofi yang diimpikannya itu. Bagaimana tidak, jelang laga terakhir, raihan poin Persija berada di angka 59, atau berjarak satu poin dari peringkat kedua PSM Makassar.

Baca Juga

Katakanlah Persija bisa menundukkan Mitra Kukar di laga terakhir dan meraih gelar juara, ada satu hal lain yang bakal mengikuti keberhasilan itu. Pemain-pemain senior Persija kemungkinan besar akan langsung pensiun usai meraih status juara Liga 1 2018.

Maklum saja, bagi seorang pemain sepak bola, perpisahan karier dengan sebuah gelar juara menjadi suatu hal yang sangat manis. Terlebih bila itu dilakukan untuk klub kesayangannya, rasa juara dan perpisahan tentu menjadi makin spesial.

Lalu, siapa saja para pemain senior Persija yang kemungkinan bakal pensiun usai meraih gelar juara tersebut? INDOSPORT mencoba merangkumnya ke dalam ulasan singkat berikut ini.


1. Maman Abdurrahman

Maman Abdurrahman

Pemain yang satu ini jadi palang pintu tangguh Persija musim ini. Duetnya bersama Jaimerson di lini belakang, membuat Persija jadi tim di Liga 1 2018 dengan angka jumlah kebobolan paling sedikit.

Namun perlu diingat, Maman kini sudah memasuki usia yang terbilang mendekati kata pensiun. Maman sendiri diketahui telah berusia 36 tahun.

Baca Juga

Maman pun tahun lalu sempat mengutarakan keinginannya untuk pensiun di Persija. Ia berencana akan mengambil lisensi kepelatihan A AFC demi bisa meneruskan karier sebagai pelatih sepak bola usai pensiun nanti.


2. Ismed Sofyan

Ismed Sofyan (Persija)

Pemain yang satu ini begitu loyal bersama Persija. Sejak tahun 2002, alias 16 tahun lalu, Ismed hanya membela satu klub yang sama, yakni Persija.

Tahun ini pun sepertinya bakal menjadi kebersamaan terakhir Ismed bersama Persija. Terlebih bila berhasil merengkuh trofi juara, perpisahan Ismed dan Persija akan terasa lebih spesial lagi.

Ismed sendiri sejatinya belum tahu kapan dirinya akan pensiun. Ismed pernah berujar bahwa ia bakal pensiun kalau pelatih sudah tak memakai jasanya lagi.

Baca Juga

Meski demikian, Ismed sudah melakukan persiapan masa pensiunnya. Ismed diketahui telah mengikuti kursus kepelatihan lisensi C AFC pada 2017 lalu.


3. Bambang Pamungkas

Pemain dan Legenda Persija Jakarta, Bambang Pamungkas

Legenda? Pemain terbaik yang pernah dimiliki Persija? Semua anggapan itu rasanya pantas bila disematkan kepada sosok Bambang Pamungkas.

Perlu diingat, terakhir kali Persija bisa menjuarai Liga Indonesia pada 2001 lalu berkat kontribusi besar Bepe. Kala itu, ia mencetak dua gol di laga final lawan PSM Makassar, dan berhasil menjadi pemain terbaik Liga Indonesia di musim itu.

Namun, kini usia Bepe telah semakin senior saja. Bepe bisa saja menutup kariernya musim ini jika Persija berhasil merengkuh trofi juara.

Baca Juga

Kalaupun pensiun nanti, Bepe tetap tidak akan jauh-jauh dari nama Persija. Pasalnya, Direktur Utama Persija, Gede Widiade, beberapa waktu lalu pernah mengungkapkan akan menawari satu posisi di manajemen atau asisten klub kepada Bepe.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT
 

Persija JakartaBambang PamungkasIsmed SofyanMaman AbdurrahmanLiga IndonesiaLiga 1TRIVIA

Berita Terkini