x

3 Momen Bersejarah Persija Jakarta yang Terukir di Stadion Gelora Bung Karno

Minggu, 9 Desember 2018 14:50 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Stadion GBK tampak dipenuhi Jak Mania

INDOSPORT.COM – Selangkah lagi bagi Persija Jakarta untuk meraih titel juara Liga 1 2018 (kasta tertinggi bola Indonesia), yakni dengan menumbangkan Mitra Kukar di Stadion Gelora Bung Karno, Minggu (09/12/18) pukul 15.30 WIB.

Keberuntungan berpihak bagi Macan Kemayoran yang dapat bermain di Stadion GBK, setelah sebelumnya terusir dari ibu kota lantaran GBK yang menjadi home base Persija Jakarta digunakan dalam perhelatan Asian Games hingga Piala AFF 2018.

Baca Juga

Tentu bermain sepak bola di stadion dengan kapasitas lebih dari 70 ribu penonton ini menjadi kekuatan tersendiri bagi Persija Jakarta yang berada di ambang juara. Bahkan 69 ribu tiket yang disediakan panpel untuk laga hari ini telah ludes terjual.

Hal ini mengindikasikan jika animo The Jakmania untuk menyaksikan Persija Jakarta mengangkat trofi juara Liga 1 musim ini sangat tinggi, sehingga penggawa Macan kemayoran tak boleh menyia-nyiakan kesempatan emas tersebut.

Baca Juga

Bahkan Persija Jakarta juga seringkali mengukir sejarah saat bermain sepak bola di Stadion GBK. Berikut portal berita olahraga INDOSPORT merangkum 3 momen bersejarah Persija Jakarta saat bermain di GBK:


1. Raih Trofi Juara Liga Indonesia pada 2001

Kenangan manis Tim Ibukota, Persija Jakarta kala itu berhasil menjadi juara Ligina

Terakhir kali Macan Kemayoran mengangkat trofi juara liga adalah pada tahun 2001 silam. Saat itu Bambang Pamungkas dan kawan-kawan berhasil menaklukkan PSM Makassar dengan skor 3-2 ketika bermain di GBK pada 7 Oktober 2001.

Saat itu Bambang Pamungkas juga turut menjadi pahlawan dengan torehan 2 gol yang ia lesakkan ke gawang PSM Makassar.

Baca Juga

Hari ini, pemain sepak bola yang akrab disapa Bepe tersebut memiliki peluang untuk mengulang kembali kejayaannya tersebut dengan mengalahkan Mitra Kukar di Stadion GBK.


2. Selalu Menang di Fase Grup Piala AFC 2018

Aksi selebrasi Rohit Chand, Marko Simic, dan Jaimerson

Pada musim sebelumnya, Persija Jakarta finish di peringkat keempat Liga 1 2017 dan tampil di AFC Cup 2018. Saat itu Persija menggunakan Stadion GBK untuk menjamu beberapa klub.

Pada matchday kedua kontra Tampines, Marko Simic dan kawan-kawan sukses menggulung tim asal Singapura tersebur dengan skor 4-1. 3 gol Persija diborong Marko Simic, sementara gol lainnya dilesakkan oleh Rezaldi Hehanusa.

Baca Juga

Matchday keempat kontra SLNA juga dilangsungkan di GBK, dan Persija Jakarta berhasil mengamankan poin penuh saat menahan SLNA dengan skor tipis 1-0.

Matchday kelima, lagi-lagi Persija menumbangkan Darul Takzim FC dengan skor telak 4-0 saat bermain di GBK, di mana keempat gol tersebut berasal dari sepakan kaki Marko Simic.


3. Pecahkan Rekor Penonton Terbanyak Liga 1 2018

Koreografis dari Jakmania di GBK.

Meski Liga 1 2018 belum usai, namun Persija Jakarta telah mencatatkan rekor fantastis saat menjamu Persela Lamongan pada 20 November lalu di Stadion GBK.

Kembalinya Persija ke GBK setelah menjadi ‘tim musafir’ membuat The Jakmania berbondong-bondong memenuhi stadion, dan tercatat lebih dari 60 ribu jumlah penonton saat itu.

Baca Juga

Namun rekor ini bisa saja ditumbangkan oleh rekor Persija lainnya pada hari ini, di mana panitia pelaksana telah merilis jika 69 ribu tiket pertandingan antara Persija Jakarta vs Mitra Kukar telah ludes terjual.

Ikuti Terus Informasi Liga 1 dan Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Persija JakartaThe JakmaniaAFC CupLiga IndonesiaLiga 1TRIVIA

Berita Terkini