x

Starting XI Terbaik Liga 1 2018 Versi INDOSPORT

Senin, 10 Desember 2018 11:11 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Starting x1 Line UP Liga 1 2018

INDOSPORT.COM - Kompetisi sepak bola tertinggi di Indonesia, Liga 1 musim 2018 telah resmi berakhir pada Minggu (09/12/18) kemarin. Persija Jakarta pun menutup musim dengan torehan yang sangat fantastis.

Bagaimana tidak, tim yang mendapatkan julukan Macan Kemayoran tersebut berhasil memuncaki klasemen akhir Liga 1 2018 dengan torehan 62 poin. Itu mereka dapatkan usai menumbangkan Mitra Kukar di laga terakhir.

Berkahirnya Liga 1 2018 ini juga memaksa tiga tim paling bawah turun ke kasta kedua sepak bola Indonesia pada musim depan. Tiga tim tersebut adalah Sriwijaya FC, Mitra Kukar, dan PSMS Medan.

Baca Juga

Terlepas dari itu semua, para pemain Liga 1 2018 sudah menampilkan permainan terbaik sepanjang musim ini. Bahkan, sebagian mereka berhasil diganjar penghargaan-penghargaan prestius.

Kali ini INDOSPORT pun mencoba untuk merangkum 11 pemain sekaligus pelatih terbaik sepanjang Liga 1 musim 2018. 


1. Lini Belakang

Jaimerson dan Bauman sedang merebut bola.

Kiper

Jandia Eka Putra (PSIS Semarang)

Meski PSIS Semarang bukan tim yang paling sedikit kebobolan pada musim ini, namun nama Jandia Eka Putra nampaknya layak masuk dalam starting line up terbaik Liga 1 2018. Karena menurut laporan Transfermarkt, ia berhasil mencatatkan clean sheets terbanyak, yakni 11 kali.

Torehan itu ia raih dalam 24 pertandingan yang dijalaninya musim ini. Catatan 11 kali clean sheets itu pun ternyata juga dimiliki Wawan Hendrawan (main 30 laga) dan Miswar Saputra (main 31 laga). Jandia sendiri menjadi yang paling sedikit bermain di antara dua kiper itu.

Bek

Jaimerson Xavier (Persija Jakarta)

Dengan torehan tujuh golnya pada musim ini, Jaimerson Xavier sepertinya berhak mendapatkan posisi utama di starting XI terbaik Liga 1 2018. Dirinya pun dinobatkan sebagai salah satu pemain bertahan paling produktif sepanjang kompetisi.

Pemain berkebangsaan Brasil tersebut mampu membantu produktivitas Persija Jakarta dengan torehan tujuh golnya. Catatan yang cukup bagus bagi pemain bertahan di kompetisi Indonesia.

Fabiano Beltrame (Madura United)

Selain Jaimerson Xavier, penggawa Madura United Fabiano Beltrame juga menyandang status pemain bertahan yang paling produktif di Liga 1 2018. Fabiano juga sukses menyarangkan tujuh gol dan menjadi top skor Madura United pada musim ini.

Bojan Malisic (Persib Bandung)

Bojan Malisic memiliki peran yang cukup penting di lini pertahanan Persib Bandung pada musim 2018 ini. Pemain berkebangsaan Serbia tersebut mampu membuat pemain lawan kesulitan mendobrak pertahanan Persib. 


2. Tengah

Wiljan Pluim berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Persipura Jayapura.

Rohit Chand (Persija Jakarta)

Gelandang milik Persija Jakarta, Rohit Chand berhasil menorehkan gelar pemain terbaik di Liga 1 2018. Torehan tersebut nampaknya sudah cukup menjelaskan mengapa dirinya layak mendapatkan tempat di starting XI terbaik musim ini.

Wiljan Pluim (PSM Makassar)

Wiljan Pluim menjadi salah satu motor penggerak serangan PSM Makassar sejak musim lalu. Ketenangan dan olah bola yang brilian mampu membuat pemain lawan sulit menghentikannya. Tak jarang, dirinya juga mampu memanjakan pemain depan PSM.

Matias Cordoba (Barito Putera)

Nama Matias Cordoba memang tak terlalu terdengar pada musim ini. Namun, dirinya memiliki peran penting di lini tengah Barito Putera. Menurut situs resmi Liga Indonesia, Cordoba menjadi pemain yang paling banyak melepaskan operan ketimbang pemain lain, yakni 1.368 kali.

Sayap

Riko Simanjuntak (Persija Jakarta)

Bintang baru Persija Jakarta, Riko Simanjuntak berhasil menampilkan permainan yang sangat fantastis pada musim ini. Hal itu terbukti ketika dirinya langsung dipanggil ke Timnas Indonesia sekaligus menjadi pahlawan di Piala AFF 2018. Kecepatannya pun membuat dirinya layak masuk starting XI terbaik.

Muhammad Rahmat (PSM Makassar)

Muhammad Rahmat membuat lini depan PSM Makassar lebih hidup. Karena pemain berusia 30 tahun ini kerap kali merepotkan lini pertahanan lawan. Rahmat pun berhasil menorehkan tujuh gol dan dua assist selama musim ini.


3. Depan

Selebrasi gol kedua david da silva lewat tendangan pinalti.

Aleksandar Rakic (PS TIRA)

Aleksandar Rakic berhasil menjadi top skor Liga 1 2018 dengan torehan 21 gol. Bahkan, Rakic berhasil menjadi pahlawan setelah mencetak dua gol di laga kontra Borneo FC sekaligus menyelamatkan PS TIRA dari degradasi.

Baca Juga

David da Silva (Persebeya Surabaya)

David da Silva hanya kalah satu gol dari Rakic pada Liga 1 2018. Meski kalah, penyerang asal Brasil ini sangat tajam di lini depan lawan. Bagaimana tidak, dirinya menjadi pemain yang paling banyak menorehkan hattrick pada musim ini, yakni tiga kali.

Starting x1 Line UP Liga 1 2018.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya di INDOSPORT.

Fabiano BeltrameRohit ChandJandia Eka PutraLiga IndonesiaRiko SimanjuntakMuhammad RahmatLiga 1Jaimerson da Silva XavierBojan MalisicWillem Jan PluimDavid da SilvaAleksandar RakicTRIVIAMatias Jesus Cordoba

Berita Terkini