x

Osvaldo Haay Pemain Muda Terbaik Liga 1, Ini 3 Wonderkid yang Terlupakan

Selasa, 11 Desember 2018 08:00 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Isman Fadil
Para pemain Persebaya merayakan gol yang dicetak Osvaldo Haay ke gawang Bhayangkara FC di Stadion Gelora Bung Tomo malam ini

INDOSPORT.COM – Pemain klub Persebaya Surabaya, Osvaldo Haay, terpilih sebagai pemain muda terbaik kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2018. Osvaldo Haay mengalahkan Febri Hariyadi dan Hansamu Yama Pranata sebagai kandidat pemain muda terbaik musim ini.

Eks pemain Persipura Jayapura itu terpilih sebagai pemain muda terbaik karena memenuhi pertimbangan faktor teknis, statistik, kepemimpinan, dan pengaruh terhadap tim.

Baca Juga

Menurut statistik pertandingan, Osvaldo Haay mengemas 10 gol dan 2 umpan dari 21 pertandingan. Rentetan golnya pada pekan-pekan terakhir membawa Persebaya Surabaya finis di urutan ke-5.

Jika tidak menghitung jumlah gol dan menilik pada performa serta progresi penampilan, ada sejumlah pemain muda atau wonderkid yang juga layak diberi apresiasi musim ini.

Mereka masih muda, tetapi mampu memberikan kontribusi yang besar bagi timnya sebagai pemain inti. Siapakah saja mereka, para pemain muda yang terlupakan sepanjang gelaran Liga 1 2018?

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT.com menghadirkan 3 pemain muda yang terlupakan.


1. 1. Arif Satria

Arif Satria pemain Persela

Namanya memang tidak sementereng Hansamu Yama sebagai kapten Timnas Indonesia dan palang pintu klub Barito Putera.

Baca Juga

Namun demikian, Arif Satria merupakan pemain muda yang paling progresif musim ini bersama Persela Lamongan. Ia baru direkrut dari tim amatir Liga 3, Persis Gotong Royong, dan langsung tampil sebagai pemain inti di barisan pertahanan.

Arif Satria tampil sebanyak 32 kali dengan catatan satu gol. Pemain berusia 23 tahun ini merupakan pemain bertahan pertama yang membukukan lebih dari 100 clearance, 100 interception, dan 50 tackle.


2. 2. Nadeo Argawinata

Kiper Borneo FC, Nadeo Argawinata.

Selain tampan, kiper muda Borneo FC ini juga mencuri perhatian dengan aksi-aksi penyelamatannya di bawah mistar gawang.

Baca Juga

Selama penjaga gawang Muhammad Ridho absen membela Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata selalu menjadi pelapis utama. Kiper berusia 21 tahun ini total bermain sebanyak 19 kali, meningkat secara signifikan ketimbang musim lalu.

Nadeo Argawinata kebobolan 19 gol dengan mencatatkan dua kali cleansheet. Ia memiliki antisipasi bola udara yang baik dengan tinggi badan mencapai 1,87 meter.


3. 3. Nazar Nurzaidin

Nazar Nurzaidin (kiri) saat melawan Bali United.

Nazar Nurzaidin juga tidak seterkenal Hansamu Yama. Namun demikian, ia mengemas 30 penampilan bersama Barito Putera musim ini.

Baca Juga

Ia bisa beroperasi di sektor bek sayap kanan dan bek tengah. Meski lebih fokus bertahan, ia berhasil mencatatkan dua umpan.

Berkat penampilan apiknya, pemain berusia 23 tahun ini pernah dilirik Luis Milla ke pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23 untuk ajang Asian Games 2018.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Olahraga Lainnya di di INDOSPORT.COM

Nadeo ArgawinataLiga IndonesiaOsvaldo HaayLiga 1WonderkidTRIVIA

Berita Terkini