x

3 Calon Superstar yang Sukses Jalani Debut di Liga 1 2018

Sabtu, 15 Desember 2018 13:56 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Ilustrasi Logo Liga 1 2018.

INDOSPORT.COM – Perhelatan Liga 1 2018 sukses menjadi ajang pembuktian sejumlah pemain muda Tanah Air. Mereka berkompetisi dengan para pemain senior untuk menjadi bagian penting dalam kemenangan tim saat bertanding.

Beberapa klub Liga 1 seperti Barito Putera dan Persela Lamongan bahkan memercayakan banyak pemain muda untuk menjadi skuad inti tim, dan kemudian dimainkan secara reguler guna menambah jam terbang mereka.

Maka tak heran jika klub-klub ini diminati oleh banyak pemain muda Tanah Air jelang bergulirnya Liga 1 musim 2019 mendatang.

Baca Juga

Sebelumnya pada musim 2018 lalu, terdapat beberapa nama pemain muda yang sudah menunjukkan kualitasnya dan menarik pengamatan pecinta sepak bola. Mereka mampu memulai debut bermain di Liga 1 bahkan saat masih berusia 17 tahun.

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT.com merangkum 3 pemain termuda di Liga 1 2018:


1. Gunansar Mandowen

Pemain Muda Persipura, Gunansar Mandowen

Gelandang muda andalan Persipura Jayapura ini memiliki peran penting di klub selama mengarungi Liga 1 2018.

Pemuda asli Papua tersebut bahkan sudah dipercaya untuk menjadi pemain inti sejak pertandingan perdana Liga 1 2018. Saat itu Persipura menjamu Persela Lamongan di Stadion Mandala Jayapura pada Maret 2018 lalu.

Baca Juga

Meski ketika itu Gunansar Mandowen masih berusia 17 tahun 4 bulan, namun sejak itu pula ia menjadi langganan pelatih untuk diturunkan menjadi starting eleven dalam klub.

Tercatat jika pemuda kelahiran tahun 2000 tersebut diturunkan sebanyak 22 kali dari 34 laga Persipura musim ini.


2. Muhammad Rafi Syarahil

Resky Fandi memeluk Saddil Ramdani usal laga Timnas Indonesia U-19 vs Jepang U-19.

Gelandang muda Barito Putera ini menjadi andalan pelatih Jacksen F. Tiago di sepanjang Liga 1 musim 2018.

Berduet dengan Matias Cordoba di lini tengah Barito, Rafi Syarahil mencatatkan statistik mengagumkan yang membuatnya lantas dipanggil Indra Sjafri untuk memperkuat Timnas Indonesia U-19 di Piala Asia U-19.

Baca Juga

Rafi menjalani debut bermain di Liga 1 musim 2018 pada laga kandang perdana Barito Putera vs Persipura Jayapura, tepatnya pada Maret 2018. Saat itu Rafi Syarahil masih berusia 17 tahun 4 bulan.

Bersama kiper muda Muhammad Riyandi, Rafi Syarahil tak tergantikan di enam laga terakhir Barito Putera, setelah sebelumnya absen lantaran harus membela Timnas Indonesia U-19.


3. Hambali Tolib

Pemain Sriwijaya FC saat jalani latihan

Meski harus terdegradasi ke Liga 2 musim 2019, namun Sriwijaya FC menyimpan potensi muda di posisi penyerang, yakni Hambali Tolib.

Pemuda kelahiran tahun 2000 ini pernah dipercaya untuk menjadi starting eleven Sriwijaya FC kontra Perseru Serui pada Oktober 2018. Saat itu Laskar Wong Kito memang tengah mengalami krisis pemain lantaran harus membela Timnas Indonesia.

Baca Juga

Nyatanya Hambali Tolib mampu membuktikan kualitasnya, di mana saat itu Sriwijaya FC mampu menumbangkan tim asal Papua tersebut dengan skor telak 4-0. Saat itu Hambali mengawali debutnya di Liga 1 ketika masih berusia 18 tahun 4 bulan.

Ikuti Terus Informasi Seputar Sepak Bola Liga 1 dan Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.

Barito PuteraPersipura JayapuraSriwijaya FCTimnas u-19Liga IndonesiaLiga 1Timnas Indonesia U-19TRIVIAGunansar Mandowen

Berita Terkini