x

Ada Penggawa Persija, Inilah 3 Pemain Paling Setia di Liga 1 2018

Sabtu, 15 Desember 2018 19:14 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung

INDOSPORT. COM - Gelaran kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2018 telah merampungkan kompetisinya. Ada sejumlah catatan menarik sepanjang musim lalu, salah satunya terkait nama-nama pemain sepak bola yang paling setia dengan satu klub.

Ya, pada akhir pekan lalu, keseluruhan ajang Liga 1 2018 telah resmi rampung. Persija Jakarta pun keluar sebagai juara karena bisa berada di posisi pertama pada klasemen akhir.

Selain soal tim juara, gelaran Liga 1 2018 juga memunculkan fakta-fakta menarik lainnya. Salah satu yang patut untuk dibahas ialah terkait loyalitas pemain terhadap klub sepak bola yang diperkuatnya.

Baca Juga

Bila ditelisik lebih jauh, gelaran Liga 1 2018 ternyata memiliki beberapa pemain setia. Mereka bahkan sudah belasan tahun membela satu klub yang sama.

Lalu, siapa sajakah para pemain setia di Liga 1 2018 tersebut? Berikut portal berita olahraga INDOSPORT mencoba merangkumnya ke dalam ulasan singkat berikut berdasarkan catatan situs Transfermarkt.


1. Yustinus Pae

Bek kanan Persipura Jayapura, Yustinus Pae.

Pemain setia yang pertama datang dari Persipura Jayapura, yakni Yustinus Pae. Sosoknya diketahui memiliki loyalitas yang begitu tinggi terhadap klubnya.

Ya, Yustinus yang kini telah berusia 35 tahun, banyak menghabiskan kariernya bersama Persipura Jayapura. Ia tercatat telah 11 tahun 11 bulan berstatus sebagai pemain klub sepak bola berjuluk Mutiara Hitam.

Baca Juga

Yustinus sendiri merupakan pemain yang berposisi sebagai bek kiri. Ia pertama kali bergabung ke Persipura Jayapura pada 1 Januari 2017 silam.


2. Ian Kabes

Ian Louis Kabes, pemain Persipura Jayapura.

Pemain setia yang kedua lagi-lagi datang dari Persipura Jayapura, yakni Ian Kabes. Sama seperti Yustinus, Ian Kabes juga memiliki loyalitas yang begitu tinggi kepada Persipura Jayapura.

Ia pertama kali bergabung dengan Persipura 1 Januari 2005. Hal itu pun membuatnya telah 13 tahun 11 bulan berstatus sebagai penggawa Mutiara Hitam.

Baca Juga

Kabes sendiri merupakan salah satu pemain sepak bola serba bisa terbaik yang pernah dimiliki Persipura Jayapura. Ia dapat dipasang sebagai pemain sayap atau gelandang serang.


3. Ismed Sofyan

Ismed Sofyan (Persija Jakarta)

Pemain paling setia yang menghiasi gelaran Liga 1 2018 bernama Ismed Sofyan. Ya, Ismed diketahui telah menunjukan loyalitas teramat tinggi kepada klubnya, Persija Jakarta.

Ismed tercatat pertama kali berseragam Persija pada 2003 lalu. Hal itu pun membuatnya kini telah 15 tahun 11 bulan membela Persija.

Baca Juga

Lebih manis lagi, kesetiaan Ismed dapat terbayarkan dengan sebuah trofi juara musim ini. Ya, musim ini Ismed mampu membawa Persija meraih gelar juara Liga 1 2018 dan Piala Presiden 2018.

Terus Ikuti Update Liga 1 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM

Persija JakartaPersipura JayapuraIsmed SofyanIan KabesLiga IndonesiaLiga 1TRIVIA

Berita Terkini