x

3 Bek Lokal yang Pantas Gantikan Maman Abdurrahman di Persija

Minggu, 16 Desember 2018 14:53 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
Tiga bek lokal yang pantas gantikan Maman Abdurrahman di Persija

INDOSPORT.COM - Persija Jakarta resmi menjadi juara Liga 1 2018 usai mengoleksi 62 poin. Lalu bagaimana teka-teki nasib para pemain, seperti Maman Abdurrahman yang usianya tak muda lagi? Maman berpeluang besar untuk pensiun dan 3 bek lokal ini dirasa pantas menggantikannya di Persija.

Persija Jakarta merekrut Maman Abdurrahman pada 2016 lalu. Dirinya sempat menganggur pasca bermain bersama Persita Tangerang pada musim 2014/2015 lalu usai mengkoleksi 35 penampilan dengan tiga gol.

Bersama Persija Jakarta, Maman Abdurrahman mampu kembali menunjukkan performa terbaiknya. Di bawah arahan pelatih Brasil Stefano Cugurra Teco, Maman ditugaskan sebagai stopper dan berduet dengan bek asing Jaimerson da Silva Xavier.

Baca Juga

Didapuk seperti itu, Maman Abdurrahman bermain begitu matang di area kotak penalti. Sejumlah serangan yang mengancam ke gawang Persija berhasil dihalau olehnya dengan baik dan bersih.

Hingga akhirnya Maman Abdurrahman sukses membawa Persija menjadi juara di Liga 1 musim 2018. Maman pun mencatatkan 81 penampilan dengan torehan dua gol.

Kendati begitu usia Maman Abdurrahman telah mencapai 36 tahun. Pada 12 Mei 2019 mendatang, Maman Abdurrahman akan berumur 37 tahun dan bisa dibilang performanya mulai menurun.

Baca Juga

Apalagi regulasi Liga 1 yang dapat berubah-ubah tiap musimnya, membuat karier Maman Abdurrahman dianggap sudah cukup usai meraih gelar juara. Sehingga dirinya bisa pensiun dengan bangga.

Lalu kira-kira siapa kandidat yang pantas menggantikan Maman Abdurrahman di Persija Jakarta? Mengingat peran vital seorang Maman tak bisa digantikan begitu saja.


1. 1. Ryuji Utomo Prabowo

Pemain PTT Rayong Ryuji Utomo.

Pertama ada nama Ryuji Utomo Prabowo yang sempat memperkuat Persija sebelum bergabung dengan klub Thailand, PTT Rayong. Ryuji yang tampil cukup baik mampu membawa PTT Rayong promosi ke Liga 1 Thailand.

Ryuji Utomo mampu bermain 18 kali dari 28 pertandingan yang dimainkan oleh PTT Rayong semusim. Dari 18 laga tersebut, Ryuji Utomo kerap ditempatkan di beberapa posisi.

Baca Juga

Selain itu, Ryuji Utomo juga pernah dijadikan starter selama beberapa pekan karena kontrol bola dan penguasaan area bertahannya cukup menjanjikan.

Sehingga Ryuji Utomo dianggap pantas kembali direkrut oleh Persija Jakarta usai pengalaman yang didapat si pemain. Apalagi usianya yang masih 23 tahun bisa menjadikan sebagai aset klub dalam beberapa tahun ke depan.


2. 2. Fandry Imbiri

Fandry Imbiri ketika masih bermain untuk Persebaya Surabaya.

Kemudian ada bek asal Papua, yakni Fandry Imbiri yang dianggap juga pantas menggantikan Maman Abdurrahman di Persija Jakarta untuk menghadapi Liga 1 musim 2019 mendatang.

Fandry Imbiri merupakan salah satu pemain yang cukup bagus dalam mengawal area bertahan bersama Persebaya Surabaya dua musim terakhir.

Baca Juga

Fandry menjadi sosok penting dalam membawa Persebaya promosi dari Liga 2 2017 lalu bertahan di Liga 1 2018 ini. Akan tetapi Fandry tak melanjutkan kontraknya bersama Persebaya untuk musim depan.

Dengan tipikal bek tengah klasik yang menjadikan kedisiplinan dan permainan fisik yang keras, Fandry cocok menggantikan Maman, jika memilih pensiun nanti.


3. 3. Fachrudin Ariyanto

Fachrudin ketika mengawal ketat Marcel Sacramento.

Nama terakhir yang dirasa cocok menggantikan Maman Abdurrahman di Persija adalah Fachrudin Ariyanto. Karena pemain 29 tahun ini merupakan salah satu bek senior di Liga 1.

Penampilannya bersama Madura United, yang mengoleksi 52 laga dengan empat gol selama 2017-2018, membuat Fachrudin dianggap cocok mengisi peran yang kemungkinan ditinggalkan Maman.

Fachrudin adalah bek yang disiplin dalam mengawal area pertahanan sendiri. Dengan tinggi 185 cm, Fachrudin juga ahli dalam duel-duel udara untuk menghalau bola.

Baca Juga

Kepemimpinannya di dalam lapangan juga bisa menjadi nilai plus untuk Persija merekrutnya. Apalagi kompetisi musim depan akan sangat padat buat Persija.

Itulah deretan tiga bek lokal yang bisa menggantikan Maman Abdurrahman jika pensiun atau tak diperpanjang kontraknya. Namun semua tentu kembali tangan manajemen Persija.

Terus Ikuti Update Liga 1 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.

Persija JakartaFachrudinMaman AbdurrahmanRyuji Utomo PrabowoLiga IndonesiaFachrudin AryantoLiga 1TRIVIAFandri Imbiri

Berita Terkini