x

4 Pemain yang Bisa Buat Betah Rahmad Darmawan di Persib Bandung

Rabu, 19 Desember 2018 11:55 WIB
Editor: Juni Adi
Rahmad Darmawan salah satu kandidat pelatih Persib Bandung.

INDOSPORT.COM - Setelah kompetisi sepak bola Liga 1 musim 2018 usai, sejumlah klub langsung berbenah diri dengan melakukan evaluasi kinerja tehadap para pemain, dan juga pelatih salah satunya adalah Persib Bandung. Rahmad Darmawan kabarnya menjadi kandidat kuat pelatih lokal untuk membesut Persib dan 4 pemain ini mungkin akan membuat Rahmad betah jika nantinya membesut klub bola Indonesia kesayangan Bobotoh itu.

Klub berjuluk Maung Bandung mengakhiri musim di peringkat ke-4 dengan koleksi 52 poin. Persib gagal menembus zona Asia, untuk bermain di Piala AFC musim depan.

Tak puas dengan pencapaian tersebut, membuat manajemen Persib bertindak tegas dengan mendepak Mario Gomez. Selain itu, kisruh di internal klub antara Gomez dengan pemain juga jadi faktor lain yang belatar belakangi pemecatannya.

Baca Juga

Kini, sejumlah nama pun mencuat sebagai kandidat untuk menukangi Persib musim depan, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri salah satunya adalah Rahmad Darmawan.

Ini bukanlah kali pertama RD -sapaan karibnya- dirumorkan akan ke Persib. Pada awal musim lalu, dirinya juga sempat dikabarkan nyaris menjadi pelatih Persib, setelah memutuskan mundur dari klub asal Malaysia, T-Team.

Rahmad Darmawan saat konfrensi pers Persebaya vs Mitra Kukar.
Baca Juga

Namun pada akhirnya, RD dan Persib gagal menjalin kerja sama. Pelatih berusia 52 tahun itu lalu dipinang oleh Sriwijaya FC. Di pertengah musim, RD mundur dari Laskar Wong Kito

Dirinya kemudian menjadi pelatih Mitra Kukar hingga akhir musim lalu. Apabila kesempatan RD menukangi Persib terjadi pada musim depan, dirinya disinyalir tidak akan kesulitan beradaptasi. 

Sebab, ada beberapa mantan anak asuhnya yang bisa membuatnya betah dan siap membantunya di Persib. Berikut INDOSPORT merangkumnya.


1. Muhammad Natshir Mahbuby

Kiper Persib Bandung, Muhammad Natshir.

Muhammad Natshir Mahbuby jadi salah satu pemain yang bisa membuat Rahmad Darmawan betah di Persib. Sebab, dirinya pernah menjadi anak asuh RD sewaktu di Arema Malang musim 2012/13. 

Namun sayang, pemain berposisi sebagai kiper itu tak banyak mendapat jam terbang karena berada dibawah bayang-bayang Kurnia Meiga, yang tampil konsisten sebagai kiper utama.

Hal tersebut tidak akan terjadi lagi jika RD menangi Persib musim depan. Karena Natshir merupakan kiper utama dibawah mistar gawang Maung Bandung. Total ia mencatatkan 26 penampilan di Liga 1 musim lalu.


2. Patrich Wanggai

Patrich Wanggai malakukan selebrasi usai cetak gol

Selain Muhammad Natshir, nama selanjutnya yang bisa membantu Rahmad Darmawan betah dan cepat beradaptasi di Persib adalah Patrich Wanggai.

Pemain berusia 30 tahun itu merupakan mantan anak asuhnya, pada pertengahan musim lalu ketika RD membesut Sriwijaya FC.

Patrich mengikuti jejak RD hengkang dari Laskar Wong Kito, bersama beberapa pemain lainnya karena persoalan gaji. Di Persib, Patrich telah bermain sebanyak 13 pertandingan dan mencetak empat gol.

Selain itu, RD juga dinilai bisa membantu performa Patrich Wanggai semakin menanjak musim depan di Persib setelah lini depan mereka baru saja ditinggal oleh Jonathan Bauman.


3. Tony Sucipto

Bek sayap Persib Bandung, Tony Sucipto.

Nama pemain selanjutnya yang bisa membantu Rahmad Darmawan di Persib Bandung jika resmi melatih, adalah Tony Sucipto. Keduanya bernah bekerja sama sewaktu di Persija Jakarta pada musim 2010/11, bersama Atep Rizal.

Meski usianya sudah tak lagi muda, namun Tony bisa menjadi sosok pilar dibawah komando RD. Musim lalu, ia total tampil sebanyak 20 pertandingan.


4. Dedi Kusnandar

Dedi Kusnandar, pemain Persib.

Nama terakhir yang bisa membuat Rahmad Darmawan betah di Pesib jika resmi ditunjuk sebagai pelatih, adalah Dedi Kusnandar. Pemain berusia 27 tahun itu telah tampil sebanyak 23 kali di Liga 1 musim lalu.

Jam terbang tersebut dapat bertambah bila RD benar-benar melatih Persib Bandung nantinya. Kehadiran Dedi Kusnandar dapat menjadi salah satu faktor penting RD untuk betah di Persib di musim pertamanya.

Persib BandungRahmad DarmawanTony SuciptoDedi KusnandarM. NatshirPatrich WanggaiLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini