x

3 Pemain Timnas Indonesia yang ‘Hilang’ Usai Final Piala AFF 2010

Kamis, 20 Desember 2018 13:44 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Lanjar Wiratri
Skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2010.

INDOSPORT.COM – Misteri skandal final pertama Piala AFF 2010 antara Malaysia vs Timnas Indonesia di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur kembali menggema ke permukaan. Ada hal yang menarik usai pertandingan final Piala AFF 2010 karena beberapa pemain Timnas Indonesia yang seperti menghilang usai gelaran tersebut.

Setelah delapan tahun berlalu, mantan manajer Timnas Indonesia, Andi Darussalam Tabusalla, mengungkapkan bahwa skandal tersebut benar terjadi. Andi Darussalam Tabusalla mengakui adanya skandal tersebut dalam sebuah program televisi Mata Najwa, Rabu (20/12/18) malam WIB.

Ia bahkan mencurigai permainan bek Maman Abdurrahman saat laga final 2010 di antara sejumlah pemain yang dicurigai terlibat dalam kasus suap tersebut.

Baca Juga

Setelah Timnas Indonesia takluk dengan skor 3-0 dari Malaysia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur dan gagal meraih juara Piala AFF 2010, karier beberapa pemain Timnas Indonesia mulai muncul-redup.

Eksistensi mereka tiba-tiba saja meredup di tengah lonjakan karier yang sedang cemerlang bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2010. Siapa sajakah mereka yang mendadak ‘menghilang’ dari peredaran?

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT merangkum 3 pemain Timnas Indonesia yang ‘hilang’ usai final Piala AFF 2010.


1. 1. Markus Horison

Markus Horison

Markus Horison atau dikenal dengan nama Markus Haris Maulana merupakan kiper Timnas Indonesia di Piala AFF 2010. Ia tampil gemilang bersama PSMS Medan sehingga dipanggil ke skuat Garuda.

Pada final pertama Piala AFF 2010 di Malaysia, penjaga gawang berkepala pelontos itu tiba-tiba saja kebobolan dalam tempo waktu yang singkat. Selain itu, ia juga disebut terlibat dalam kasus suap yang melibatkan pemain Timnas Indonesia kala itu, meskipun belum terbukti kebenarannya.

Baca Juga

Namun demikian, karier Markus Horison setelah Piala AFF 2010 naik-redup. Setelah sering dicadangkan Arema Malang dan terlibat pertikaian dengan manajemen tim, ia pindah ke Persib Bandung.

Markus Horison kembali ke PSMS Medan pada tahun 2011. Hanya bertahan separuh musim, ia hijrah ke PSMS Medan IPL yang berlaga di Liga Primer Indonesia.

Lama menghilang setelah itu, Markus Horison sempat muncul kembali pada tahun 2014 bersama PSM Makassar. Ia terakhir dikabarkan telah pensiun dan menjadi pelatih kiper untuk klub Liga 2, Aceh United.


2. 2. M. Nasuha

Mantan pemain Timnas Indonesia, Muhammad Nasuha saat di Piala AFF 2010.

Mohammad Nasuha pada Piala AFF 2010 disebut-sebut sebagai bek sayap modern Timnas Indonesia. Pada final kedua di Gelora Bung Karno, ia terkenal dengan aksi heroiknya meski kepalanya dibalut karena terluka.

Sayangnya, karier M. Nasuha menurun drastis usai gelaran Piala AFF 2010. Hilangnya nama M. Nasuha lebih kepada masalah cedera.

M. Nasuha hanya bermain setengah musim bersama Persib Bandung di Indonesia Super League (ISL) 2011/12 akibat mengalami robek meniscus disertai pecah tulang rawan di bagian lutut kiri.

Baca Juga

Ia sempat berusaha mengembalikan kariernya pada 2014 bersama Cilegon United di Divisi 1. Akan tetapi, ia harus kembali kecewa sebab cederanya kambuh dan harus melakukan operasi Antroscopy ACL.

Terakhir, M. Nasuha masih menjalani proses penyembuhan agar dapat sembuh secara total. Ia tetap tidak menyerah untuk kembali ke lapangan hijau kelak.


3. 3. Okto Maniani

Oktovianus Maniani saat berseragam Timnas Indonesia.

Okto Maniani merupakan salah satu pemain muda yang masuk dalam skuat Alfred Riedl di Piala AFF 2010. Aksi lari dan umpan silangnya mampu memanjakan mata pecinta sepak bola Indonesia.

Karier pemain asal Papua ini selepas Piala AFF 2010 sebenarnya tidak terbilang menurun. Ia sempat tampil di SEA Games 2011 dan membawa Timnas Indonesia U-23 melenggang hingga final.

Namun demikian, setelah itu kariernya mulai naik-turun. Ia sempat tampil untuk Sriwijaya FC, Barito Putera, dan Arema Malang di pentas kasta tertinggi sepak bola Indonesia, meski tidak bertahan lama.

Baca Juga

Terakhir, ia pernah ditolak Persib Bandung pada musim 2018. Tindakan indisipliner dan riwayat cedera membuatnya jarang mendapatkan kesempatan bermain.

Sempat beralih peran sebagai aktor, Okto Maniani terakhir bermain di kompetisi Liga 2 bersama Perserang Serang. Ia juga dikabarkan berstatus sebagai PNS di Jayapura.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Olahraga Lainnya di di INDOSPORT.COM

Oktovianus ManianiMarkus Haris MaulanaTimnas IndonesiaMohammad NasuhaLiga IndonesiaPiala AFF 2010Markus HorisonTRIVIA

Berita Terkini