x

5 Tugas Berat Ole Gunnar Solskjaer Tukangi Manchester United

Kamis, 20 Desember 2018 13:21 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Ole Gunnar Solskjaer jadi pelatih sementara Manchester United

INDOSPORT.COM – Ole Gunnar Solskjaer diumumkan sebagai manajer sementara Manchester United hingga akhir musim, lantas pekerjaan apa saja yang akan dihadapinya ini?

Setan Merah menempati posisi keenam di klasemen sementara Premier League – kasta tertinggi Liga Inggris dengan perolehan 26 poin sejauh ini, terpaut sangat jauh dari empat besar.

Situasi tersebut membuat mereka terpaksa mendepak manajer Jose Mourinho di pertengahan musim, menyusul kekalahan memalukan 3-0 dari Liverpool di kompetisi liga akhir pekan lalu.

Baca Juga

Kendati demikian mereka masih bertahan di Liga Champions musim ini dengan lolos ke babak 16 Besar dan Piala FA, sehingga mereka masih memiliki kesempatan untuk bisa membalikkan situasi bersama dengan manajer sementara baru Solskjaer.

Tentunya, apalabila mantan manajer Cardiff yang juga menjadi salah satu legenda Setan Merah ini ingin berhasil pada semua kompetisi musim ini, maka ia harus mengatasi terlebih dahulu masalah yang ditinggalkan Mourinho di Old Trafford.

Di sini, INDOSPORT.COM memaparkan lima tugas rumah yang harus ditangani Solskjaer dalam waktu singkat agar bisa membalikkan keadaan.


1. 1. Mengubah Budaya

Ole Gunnar Solskjaer resmi jadi pelatih sementara Man United

Chelsea sempat mengklaim bahwa Old Trafford akan sepi tanpa Mourinho, namun ini berkaitan dengan hubungan tegang yang ia alami dengan banyak pemainnya, di tambah kritik publik.

Kepergian Mourinho yang diumumkan melalui media sosial pun terkesan mengejutkan namun disambut bahagia oleh penggemar.

Baca Juga

Ada perasaan lega ketika Mourinho angkat kaki. Lebih dari itu, klub akan memiliki perubahan rencana pada bursa transfer Januari nanti. Dan apabila para pemain menyukai suasana baru, Solskjaer bisa memanfaatkannya untuk menciptakan kamp pelatihan Carrington yang lebih bahagia, terutama mengubah budaya kerja.

2. Menghibur Penggemar

Fans Manchester United.

Satu hal yang diinginkan penggemar di sisa musim ini adalah titik balik ke arah yang lebih baik. Selain itu di lapangan, penonton membutuhkan lebih banyak ekspresi ketika skuat Manchester United melakukan serangan.

Baca Juga

Dengan Manchester United memiliki banyaak kekalahan di Premier League, maka Solskjaer perlu mengubah taktik ‘parkir bus’ yang selama ini diagungkan pelatih defensif Mourinho. Ia harus memberikan banyak kesempatan kepada para pemain penyerang untuk menyerang, menyerang, dan menyerang di berbagai pertandingan.


2. 3. Eksploitasi Paul Pogba

Paul Pogba berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Everton

Salah satu pemain yang banyak disoroti ketika Mourinho dipecat adalah Paul Pogba. Namun penggemar meyakini bahwa situasi ketegangan antara pemain-manajer sudah berakhir dan Pogba punya banyak kesempatan untuk membuktikan diri bakatnya.

Baca Juga

Tanggung jawab Solsjkaer saat ini mendapatkan yang terbaik dari para pemain terbaik. Tentu saja pemenang Piala Dunia  bersama Prancis itu akan termasuk di dalamnya, terutama karena ia memiliki insting menyerang (yang selama ini tidak disukai Mourinho).

Untungnya Solskjaer merupakan pengagum Pogba sejak lama. Baru-baru ini pada bulan Agustus, Solskjaer ditanya apakah dia akan membangun tim di sekitarnya. “Ya, sama sekali tidak diragukan," katanya. “Paul (Pogba) anak yang fantastis jadi semoga kita bisa membangun tim di sekelilingnya dan menjaganya.”


3. 4. Pilar Pertahanan

Video perkenalan Ole Gunnar Solskjaer sebagai pelatih baru Man United.

Faktanya, taktik bertahan Mourinho membawa banyak kerugian ke kubu Manchester United musim ini. Skuat manajer asal Portugal itu lebih banyak kebobolan gol daripada musim lalu karena mereka masih mengandalkan taktik yang terbilang kuno.

Baca Juga

Solskjaer tidak punya kesempatan untuk melakukanya dengan mendatangani bek tengah yang didambakan Mourinho. Taktiknya bertahan ala Solskjaer akan dibuktikan ketika mereka mengunjungi Cardiff City sebagai laga perdananya.

5. Persiapan untuk Masa Depan

Ole Gunnar Solskjaer resmi jadi pelatih sementara Man United

Apabila semua tugas itu mampu diselesaikan Solskjaer, maka Man United memiliki situasi yang lebih sehat ketika menunjuk manajer di musim panas nanti. Enam bulan di ruang ganti dengan suasana bahagia akan membuat klub merasa lega, sehingga mereka bisa bangkit kembali.

Baca Juga

Klub sangat membutuhkan arahan baru, dan perubahan itu akan ditunda hingga akhir musim. Meski demikian, tugas berat Solskjaer adalah membersihkan sisa-sisa Mourinho di lingkungan Old Trafford, serta membantu klub melalui transisi agar berhasil.

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Seputar Liga Inggris Hanya di INDOSPORT.COM

Premier LeagueManchester UnitedJose MourinhoOle Gunnar SolskjaerLiga InggrisTRIVIA

Berita Terkini