x

4 Pemain Barcelona yang Tanggung Beban Lionel Messi Musim Ini

Sabtu, 22 Desember 2018 20:09 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Yohanes Ishak
Pemain megabintang Barcelona, Lionel Messi.

INDOSPORT.COM – Musim ini beban Lionel Messi di Barcelona sepertinya mulai berkurang, dengan sejumlah bintang mulai bersedia untuk memikul sebagian tanggung jawab.

Ketika Neymar meninggalkan Barcelona di musim panas 2017, seolah-olah ada yang hilang di Camp Nou. Saat itu raksasa Catalan berjuang untuk mengatasi ketimpangan kekuatan, dengan puncaknya dibantai 5-1 oleh Real Madrid selama Supercopa de Espana.

Seiiring berjalannya waktu, lonjakan performa datang dari Lionel Messi, yang entah bagaimana bekerja sangat keras untuk mengembalikan Balugrana ke puncak permainan mereka. Messi mengambil tanggung jawab di lini depan, juga bermain lini tengah untuk mengatur permainan serta meningkatkan kinerja.

Baca Juga

Namun sepertinya peran mayoritas Messi ini berdampak pada ketergantungan klub. Ia menjadi pengeksekusi terbaik, pencipta serangan terbaik, pengatur irama dan inspirator terbaik setiap kali dibutuhkan klub.

Berbeda dengan musim ini, kendati Messi masih seorang superstar tak terbantahkan di Camp Nou, pemain asal Argentina ini kini tidak sendirian di dalam mengembang tanggung jawab.

Di bawah ini Indosport.com melihat empat pemain yang tampil cemerlang dan berbagi peran dengan peraih Ballon d’Or lima kali itu:


1. 4. Jordi Alba

Jordi Alba menggandakan keunggulan Barcelona atas Inter Milan, 2-0.

Tidak banyak bek kiri di lima liga top Eropa yang bisa mengklaim berada di level yang sama dengan pemain internasional Spanyol, Jordi Alba. Penampilannya yang meledak-ledak di sayap kiri pertahanan Barcelona sejak awak kampanye selalu menjadi sorotan.

Baca Juga

Pemain Spanyol ini sangat menginspirasi setiap permainan tim Ernesto Valverde, dengan kecepatan, ekselerasinya dan passing yang luar biasa membuatnya menjaladi salah satu pemain paling mengancam.

Kemampuannya menembus pertahanan lawan dan menjalin komunikasi dengan sempurna dengan rekan setimnya mampu menciptakan peluang gol. Alba juga berbagi permainan kreatif dengan Lionel Messi musim ini sehingga memimpin Blaugrana menuju kemenangan penting.

3. Luis Suarez

Lionel Messi, Luis Suarez dan Gerard Pique rayakan gol kemenangan

Setelah mewakili negaranya di turnamen Piala Dunia Rusia musim panas lalu, superstar Uruguay Luis Suarez, menemukan performa terbaiknya di Barcelona musim ini. Sekalinya ia menggulirkan bola, ia tidak bisaa dihentikan lawan.

Baca Juga

Penyerang ini bergabung dengan Lionel Messi untuk melucutkan semangat raksasa Catalan di lini depan, sekaligus menawarkan bantuan kepada pemain Argentina tersebut. Musim ini ia tampil mengesankan dengan menncetak 11 gol dalam 19 penampilan di semua kompetisi.

Suarez juga menjadi kekuatan kreatif Barcelona musim ini, dengan mengantongi 4 assist yang luar biasa di La Liga serta 2 assist di Liga Champions, serta mengantarkan skuat Valverde melaju ke babak 16 besar.


2. 2. Arthur Melo

Pemain baru Barcelona, Arthur Melo, saat masih berseragam Gremio.

Pemain muda asal Brasil, Arthur Melo ini menjadi salah satu pemain Barcelona yang membantu mengurangi beban kerja Lionel Messi, sejak pindah dari Gremio pada bursa transfer musim panas.

Baca Juga

Arthur menjadi inspirasi besar sejak bergabung dengan skuar Ernesto Valverde musim ini. Ia mampu mengontrol permainan di tengah lapangan, mengendalikan kepemilkan serta melecutkan semangat pemain seperti Sergio Busquest dan Ivan Rakitic.

Kedatangan gelandang Brasil ini membantu mengurangi beban kerja Messi sebagian besar, dengan Messi kini jarang bermain di lini tengah seperti musim lalu. Hal ini memungkinkan dirinya fokus pada tugasnya untuk memberikan peluang mencetak gold an merusak pertahanan lawan.

1. Ousmane Dembele

Kyle Walkers-Peters sempat mencoba menggagalkan tendangan Ousmane Dembele ke gawang Tottenham.

Ousmane Dembele memulai musimnya di ibukota Catalan dengan sedikit masalah kada kebugarannya. Mantan pemain sayap Borussia  Dortmund ini kemudian bangkit kembali dan menampilkan performa terbaiknya.

Pemain muda ini cukup berbakat, ditambah kecepatan tinggi dan keterampilan menggiring bola, ia mampu merobek pertahanan opisisi dan menciptakan momen ajaib. Dembele kini mulai memberi alasan mengapa Barcelona menggelontorkan dana besar untuk mendatangkannya.

Baca Juga

Pemain asal Prancis ini menjadi pemain penting dalam beberapa kali pertandingan, dan mampu menentukan nasib pertandingan besar bahkan ketika Lionel Messi juga berjuang untuk mencapai level terbaiknya.

Musim ini, Dembele mengantongi 8 gol dalam 20 permainan untuk Barcelona, dan jelas bahwa orang Prancis ini sudah mengambil sebagian tanggung jawab dilapangan untu pekerjaan kreatif dan mengurangi beban sang maestro Argentina.

Ikuti terus berita Liga Spanyol di INDOSPORT.COM

BarcelonaLionel MessiLuis SuarezJordi AlbaOusmane DembeleLiga SpanyolArthur Melo

Berita Terkini