x

Djanur Perkasa, Ini Perbandingan Prestasi Pelatih Lokal dan Asing di Persib Bandung

Sabtu, 22 Desember 2018 14:27 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo

INDOSPORT.COM – Klub sepak bola Indonesia, Persib Bandung kembali dibesut oleh pelatih asing sepeninggal Mario Gomez yang resmi dilepas pada akhir musim 2018. Sebagai gantinya, manajemen menunjuk Miljan Radovic sebagai pelatih baru.

Gonta-ganti pelatih bukanlah hal baru bagi Persib Bandung. Dalam 10 tahun terakhir, mereka setidaknya telah berganti pelatih sebanyak 11 kali.

Pelatih asing bisa dibilang menjadi favorit Persib Bandung. Sebanyak 7 dari 11 pelatih Persib Bandung dalam 10 tahun terakhir selalu dihuni juru latih impor.

Baca Juga

Penunjukan juru latih asing tampaknya sudah melekat dalam skuat Persib Bandung sejak lama. Di sisi lain, sebenarnya pelatih lokal juga telah banyak memberikan prestasi konkret bagi Maung Bandung.

Arsitek dari luar negeri ternyata bukan jaminan bagi Persib Bandung untuk meraih prestasi. Sebenarnya bagaimana perbandingan prestasi pelatih lokal dan asing di Persib Bandung?

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT merangkum perbandingan prestasi pelatih lokal dan asing Persib Bandung setidaknya selama 10 tahun terakhir.


1. Pelatih Lokal Mampu Berikan Trofi

Djajang Nurdjaman, mantan pelatih Persib Bandung.

Selama kurun waktu 10 tahun terakhir, Persib Bandung dilatih oleh tiga pelatih lokal. Ketiga pelatih itu ialah Jaya Hartono (2008), Daniel Roekito (2010), dan Djadjang Nurdjaman (2012-2016 dan 2017).

Djadjang Nurdjaman tercatat pernah dua kali menangani Persib Bandung. Ia pertama kali menjabat pelatih Persib Bandung pada musim 2012-2016 sebelum akhirnya ditarik kembali pada musim 2017 menggantikan Dejan Antonic.

Pada musim 2008-2010, Persib Bandung tidak mampu meraih gelar bergengsi, kecuali piala Kang Dada Cup 2008. Di level Liga Indonesia, mereka selalu finis di urutan empat besar.

Baca Juga

Sementara itu, di Indonesia Super League (ISL) 2010, Persib Bandung terpuruk di peringkat ke-7 dan gugur pada babak perempat final Piala Indonesia bersama pelatih Daniel Roekito.

Persib Bandung mengalami masa kejayaan di bawah pelatih lokal bersama Djadjang Nurdjaman pada tahun 2014-2015. Maung Bandung sukses meraih juara ISL 2014 dan Piala Presiden 2015.


2. Pelatih Asing Minim Prestasi

Pelatih Dejan Antonic diwawancarai setelah kemenangan Persib Bandung di Stadion Siliwangi

Selama kurun waktu 10 tahun, Persib Bandung telah dilatih 7 pelatih asing, antara lain Arcan Iurie (2006-2007), Darko Janackovic (2010), Jovo Cuckovic (2010), Drago Mamic (2011), Dejan Antonic (2016), Mario Gomez (2018), dan Miljan Radovic (2019).

Dari ketujuh pelatih tersebut, ternyata tidak ada yang mampu menghadirkan trofi bergengsi bagi Persib Bandung. Maung Bandung juga selalu berkutat di papan tengah ketika dilatih pelatih asing.

Baca Juga

Selain itu, para pelatih asing ini jarang yang bertahan awet bersama Persib Bandung. Setelah gagal menunjukkan performa apik, mereka langsung didepak.

Mario Gomez sempat memberi harapan dengan membawa Persib Bandung merajai paruh musim Liga 1 2018. Namun demikian, Persib Bandung akhirnya harus ikhlas finis di posisi 4.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Olahraga Lainnya di di INDOSPORT.COM

Persib BandungDejan AntonicArcan IuriePelatihMiljan Radovic‎Daniel RoekitoLiga IndonesiaDjadjang NurdjamanRoberto Carlos Mario GomezDrago MamicTRIVIA

Berita Terkini