x

Mengingat Kembali 5 Penyerang Legendaris Indonesia Tahun 2000an

Sabtu, 22 Desember 2018 14:54 WIB
Penulis: Daniel Ramos Putra | Editor: Yohanes Ishak
Aksi ceria Bambang Pamungkas di dalam latihan Persija Jakarta.

INDOSPORT.COM - Posisi penyerang dalam sepak bola adalah posisi yang paling mendapat banyak sorotan, pasalnya posisi yang berada dilini depan sebuah tim ini ditugaskan untuk mencetak gol untuk kemenangan tim.

Tak jarang sebuah tim rela mengelontorkan dana besar untuk memboyong seorang penyerang untuk mempertajam lini serang tim tersebut. Tak heran jika seorang penyerang selalu menjadi sorotan dalam sebuah tim sepak bola.

Indonesia sendiri ternyata juga memiliki banyak penyerang berkualitas dikancah nasional maupun internasional. Sebut saya Bambang Pamungkas, Christian Gonzalez dan Boaz Salossa, ketiga pemain tersebut telah lalu lalang didunia persepakbolaan Indonesia sejak tahun 2000an.

Tak hanya ketiga nama tersebut, Indonesia ternyata juga mempunyai beberpa nama penyerang yang cukup tenar pada tahun 2000an. Ingin tahu siap saja penyerang berkualitas Indonesia pada tahun 2000an? Berikut INDOSPORT merangkumnya.

Baca Juga

1. Budi Sudarsono

Budi Sudarsono, mantan striker Timnas Indonesia.

Nama Budi Sudarsono nampaknya sudah tidak asing bagi para pecinta sepak bola nasional tahun 2000an. Budi Sudarsono yang memiliki julukan “Si Ular Phyton” ini sudah mondar mandir diberbagai klub di Indonesia.

Dimulai dari Persebaya, Persija, Deltras Sidoarjo, Persik Kediri, Persib Bandung hingga Sriwijaya FC pernah menggunakan jasa dari penyerang yang memiliki gerakan lincah ini. Selain itu Budi Sudarsono juga telah membela timnas Indonesia dari tahun 2001 hingga tahun 2010.

Pemain kelahiran Kediri ini sudah menyatakan pensiun dari dunia persepakbolaan pada tahun 2014 dan kini Budi Sudarsono dikabarkan sedang merambah ke dunia politik untuk melanjutkan karirnya.

2. Zaenal Arif

Pemain yang bersinar bersama Persib Bandung ini telah hilir mudik didunia persepakbolaan Indonesia dari tahun 2000 awal. Tak hanya bersama klub, nama Zaenal Arif juga melambung berkat karirnya bersama timnas Indonesia pada tahun 2002 hingga 2007.

Mengawali karir dari klub Persigar Garut, Zaenal Arif kemudian menjelma menjadi seorang penyerang yang ditakuti lawannya kala karirnya menanjak bersama Persib Bandung.

Kini pemain yang telah berusia 37 tahun ini telah memutuskan pensiun dari dunia persepakbolaan yang telah membesarkan namanya pada tahun 2016 di klub Persepam Madura United. Kini Zaenal Arif dikabarkan tengah sibuk menjadi PNS untuk melanjutkan karirnya.


1. 3. Aliyudin Ali

Aliyudin, mantan striker Timnas Indonesia dan Persija Jakarta.

Dibalik ketajaman lini serang Persija Jakarta pada tahun 2000an terdapat nama seorang Bambang Pamungkas dan seorang partner duetnya yaitu Aliyudin. Kedua penyerang andalan Persija ini selalu menjadi momok menakutkan bagi lini pertahanan lawannya.

Selain Persija, ternyata Aliyudin juga pernah membela rival abadinya yaitu Persib Bandung pada tahun 2011. Tak hanya Persija dan Persib, Aliyudin juga sempat berganti-ganti tim besar di kancah persepakbolaan nasional.

Sebelum memutuskan pensiun, Aliyudin juga pernah membela tim nasional Indonesia pada tahun 2004 hingga 2008. Kini Aliyudin memutuskan pensiun pada tahun 2016 setelah mengalami cidera lutut.  

4. Kurniawan Dwi Yulianto

Pemain yang dijukui ‘Si Kurus’ ini adalah penyerang yang sempat menjadi andalan tim nasional Indonesia dari tahun 1995 hingga 2005. Dari 60 pertandingan bersama timnas, Kurniawan berhasil mencetak 31 gol sepanjang karirnya.

Pemain jebolan PSSI Primavera ini ternyata bukan hilir mudik dikompetisi lokal saja, ternyata Kurniawan telah berpetualang ke kompetisi Malaysia bersama Sarawak FA, kompetisi Swiss bersama FC Luzern dan kompetisi Italia bersama Sampdoria Primavera.

Di era kejayaannya, Kurniawan adalah seorang penyerang yang ditakuti lawannya karena memiliki kelincahan, kecepatan dan akurasi tembakan yang akurat. Kurniawan memutuskan pensiun dari duna sepak bola pada tahun 2014 dan kini sedang aktif dalam dunia kepelatihan.

5. Ilham Jaya Kusuma

Kualitas mencetak gol peraih sepatu emas pada piala AFF tahun 2004 ini tak perlu diragukan lagi. Penyerang yang berhasil membawa Indonesia kebabak final Piala Tiger ini telah hilir mudik di kompetisi nasional bersama tim-tim besar seperti Persita Tangerang, Mitra Kukar hingga Sriwijaya FC.

Selain berkiprah dikompetisi nasional ternyata Ilhan juga pernah merasakan berkompetisi di liga Malaysia bersama MPPJ Selangor pada tahun 2006.

Pemain kelahiran Palembang tahun 1978 ini memutuskan pensiun pada tahun 2012 kala berseragam Sriwijaya FC. Dan kini Ilham dikabarkan tengah sibuk dengan aktifitasnya sebagai Pegawai Negri Sipil. 

Baca Juga

Terus Ikuti Update Seputar Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

Bambang PamungkasKurniawan Dwi YuliantoBudi SudarsonoLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini