x

Belum Dipanggil ke Timnas, Ini 3 Alasan Fakhri Husaini Layak Latih Klub Indonesia

Sabtu, 22 Desember 2018 12:06 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Eks pelatih Timnas U-16, Fakhri Husaini.

INDOSPORT. COM - Belum masuk ke dalam daftar nama pelatih Timnas sepak bola Indonesia yang diumumkan beberapa waktu lalu, tentu tak membuat karier Fakhri Husaini berhenti begitu saja.

Terlebih Fakhri punya beberapa alasan yang membuatnya layak untuk melatih klub sepak bola Indonesia yang berlaga Liga 1 maupun Liga 2.

Ya, daftar pelatih keseluruhan level Timnas Indonesia telah diumumkan oleh PSSI. Simon McMenemy dipercaya melatih Timnas Indonesia level senior, Indra Sjafri melatih level U-23, dan Bima Sakti menangani level U-16.

Melihat daftar nama yang sudah dirilis PSSI tersebut, ada satu hal menarik. Daftar nama tak menyertakan sosok Fakhri Husaini yang notabene-nya sukses bersama Timnas Indonesia U-16 sepanjang tahun 2018 ini.

Baca Juga

"Timnas U-19 belum bisa putuskan, karena kesinbambungan program, kami belum memutuskan," ucap Joko Driyono ketika ditanyai tanggapan PSSI terkait tak adanya nama Fakhri.

"Secara umum U-16 dan U-19 ada potensi 6 pelatih terlibat di sana. Ada beberapa opsi yang akan mengisi di situ," tambah Jokdri.

Tidak masuk ke dalam daftar nama pelatih, tentu bukan menjadi akhir bagi karir kepelatihan Fakhri. Bagaimana tidak, Fakhri punya beberapa alasan yang membuatnya bisa melatih klub Liga 1.

Baca Juga

Lalu apa saja alasan-alasan yang dimaksudkan tersebut? INDOSPORT mencoba merangkumnya ke dalam ulasan singkat berikut ini.


1. Sudah Memiliki Lisensi

Eks Pelatih Timnas Indonesia U-16, Fahkri Husaini.

Alasan pertama yang menyelimuti diri Fakhri Husaini ialah terkait lisensi kepelatihan. Ya, Fakhri punya lisensi kepelatihan yang sesuai dengan standar Liga 1.

Sebagai informasi, pelatih yang ingin membesut klub Liga 1 minimal harus memiliki standar lisensi A AFC. Fakhri pun sudah memiliki lisensi tersebut sejak 2008 lalu.

Baca Juga

Melihat fakta itu tentu Fakhri punya peluang untuk membesut klub Liga 1. Terlebih, ada beberapa klub Liga 1 yang sampai saat ini juga sedang mencari sosok pelatih anyar.


2. Pengalaman di Level Asia

Eks pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini.

Sebagai sosok pelatih, Fakhri Husaini terbilang memiliki jam terbang cukup tinggi. Ia diketahui punya pengalaman yang cukup mumpuni di level Asia.

Ya, semua itu kembali saat dirinya masih menangani Timnas Indonesia U-16 dulu. Fakhri sukses mengantarkan anak-anak muda Tanah Air untuk meraih kegemilangan di level Asia.

Baca Juga

Pertama, Fakhri berhasil membawa Timnas Indonesia U-16 merajai gelaran Piala AFF U-16 2018. Selanjutnya, Fakhri juga mampu mengantarkan Timnas Indonesia U-16 hingga babak 8 besar Piala Asia U-16 2018.


3. Mengembangkan Talenta Muda

Fakhri Husaini

Pembinaan pemain muda di kompetisi Liga 1 memang jadi sorotan tersendiri. Semakin banyak tim Liga 1 yang berani mengandalkan pemain mudanya di tim utama, tentu akan berpengaruh baik bagi masa depan sepak bola Indonesia.

Hal itu ternyata sangat cocok dan melekat pada diri Fakhri Husaini. Ia punya reputasi apik sebagai pelatih yang suka mengembangkan bakat pemain muda.

Baca Juga

Buktinya sudah terpampang saat dirinya membesut Timnas Indonesia U-16 lalu. Ia berhasil mengorbitkan sejumlah nama bibit-bibit muda berbakat seperti Bagus Kahfi, Sutan Zico, dan Rendy Juliansyah.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT

Fakhri HusainiTimnas IndonesiaLiga IndonesiaLiga 1TRIVIA

Berita Terkini