x

20 Pelatih Indonesia Kejar Lisensi AFC Pro ke Spanyol

Minggu, 30 Desember 2018 14:28 WIB
Penulis: Martini | Editor: Abdurrahman Ranala
Ilustrasi klub-klub Liga 1 2018 mendapat lisensi profesional dari AFC.

INDOSPORT.COM – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) kembali mengadakan program kepelatihan modul empat lisensi AFC Pro Course di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada 9-24 Desember 2018 lalu.

Adapun modul keempat ini membahas materi psikologi pemain dan praktikum, serta analisis psikologi para pemain sepak bola dunia yang berlaga di Piala Dunia Rusia 2018 lalu.

Program kepelatihan ini akan terus berlanjut hingga modul ketujuh yang rencananya akan berakhir pada awal April 2019, atau sebelum kick off Liga 1 2019.

Baca Juga

Salah satu peserta program lisensi AFC Pro adalah asisten pelatih Barito Putera, Yunan Helmi. Ia termasuk dalam 20 pelatih lokal yang akan mendapat lisensi AFC Pro pertama di Indonesia.

“Kemarin (sudah) modul empat AFC Pro Course tanggal 9 sampai 24 Desember 2018 di UNY Yogyakarta. Rencana ada tujuh modul,” ucapnya kepada awak media olahraga INDOSPORT pada Sabtu (29/12/18).

Menariknya, PSSI mengagendakan pemberian materi modul kelima tidak lagi di UNY yang menjadi tempat pelatihan reguler selama ini. Para peserta akan mendapatkan materi modul kelima di Madrid, tepatnya dengan menganalisis secara langsung pertandingan La Liga Spanyol.

Baca Juga

“Modul lima rencananya pertengahan Januari di Spanyol, kira-kira dua minggu,” sebut Yunan lagi.

Program ini menjadi prioritas PSSI mengingat persyaratan AFC untuk tahun 2020, jika pelatih di kompetisi profesional level teratas harus memiliki Lisensi AFC Pro.

Adapun 20 pelatih asal Indonesia yang akan menimba ilmu kepelatihan di Tanah Eropa tersebut adalah sebagai berikut:

Djajang Nurjaman
Bambang Nurdiansyah
Aji Santoso
Wolfgang Pikal
Rudy Eka Priyambada
Joko Susilo
Liestiadi
Hanafing
Tony Ho
Emral Abus
Rahmad Darmawan
Iwan Setiawan
Nil Maizar
Indra Sjafri
Widodo Cahyono Putro
Yeyen Tumena
Mundari Karya
Syafrianto Rusli
Seto Nurdiantoro
Yunan Helmi

Ikuti Terus Informasi Seputar Liga 1 dan Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.

PSSIAFCLiga IndonesiaYunan Helmi

Berita Terkini