x

10 Pemain Sepak Bola Terbaik Indonesia 2018 Versi INDOSPORT (Part 1)

Senin, 31 Desember 2018 11:05 WIB
Editor: Coro Mountana
Rezaldi Hehanusa

INDOSPORT.COM – Memasuki penghujung tahun 2018, akan sangat menarik untuk membahas hal-hal apa saja yang telah terjadi di dunia sepak bola di sepanjang tahun ini. Salah satu hal yang menarik untuk dibahas adalah deretan pemain sepak bola terbaik Indonesia 2018.

Untuk melihat deretan pemain terbaik Indonesia, tentu diperlukan suatu indikator untuk mengukur kepantasan tersebut. Indikator yang paling lazim dipakai untuk mengukur hal tersebut adalah statistik sepanjang tahun 2018.

Baca Juga

Tidak seperti kompetisi sepak bola di Eropa yang untuk melihat peforma di tahun 2018, perlu juga untuk menengok pencapaian di musim sebelumnya alias 2017/2018. Di Indonesia, kita hanya tinggal melihat peforma seorang pemain sepak bola di musim ini saja.

Untuk artikel ini, bakal disajikan deretan 10 pemain terbaik Indonesia tahun 2018 untuk bagian pertama. Dengan kata lain, deretan yang hadir pada artikel ini hanyalah mereka yang berada di urutan kesepuluh hingga keenam.

Baca Juga

Berikut deretan 10 pemain sepak bola terbaik Indonesia 2018 versi INDOSPORT part 1


1. 10. Hari Nur Yulianto

Penyerang PSIS Semarang, Hari Nur Yulianto.

Bisa dikatakan, inilah pemain sepak bola yang berhak menyandang predikat rising star di Liga 1 2018. Di musim lalu, belum ada pengamat sepak bola Indonesia yang mengenal nama Hari Nur Yulianto, tapi tidak dengan musim ini.

Bagaimana tidak, Hari Nur Yulianto menjelma menjadi pemain lokal dengan produktivitas gol cukup tinggi yaitu sebanyak 10 kali. Uniknya, Hari Nur Yulianto adalah tipe pemain late bloomer, yang artinya terlambat dalam perkembangan menuju usia emas.

Di Eropa pemain yang setipe dengan Hari Nur Yulianto adalah Rickie Lambert dan Sandro Wagner. Hari Nur Yulianto sangat layak untuk menyandang predikat late bloomer asal Indonesia dikarenakan peforma terbaiknya baru muncul ketika usia sudah mencapai 29 tahun.

9. Rezaldi Hehanusa

Pemain Persija Jakarta, Rezaldi Hehanusa saat merayakan kemenangannya.

Inilah bek kiri yang bertipe modern di Indonesia, yang mana mampu bertahan dan menyerang sama baiknya. Persija Jakarta beruntung mempunyai bek kiri modern itu dalam diri Rezaldi Hehanusa yang mampu tampil konsisten di tahun 2018 ini.

Berdasarkan data dari Transfermarkt, Rezaldi Hehanusa mencatatkan penampilan sebanyak 25 kali untuk ajang Liga 1 dan Piala AFC. Dalam catatan penampilan tersebut, Rezaldi Hehanusa sukses menyarangkan bola ke gawang lawan sebanyak 5 kali yang ditambah dengan 4 assists.

Baca Juga

Kelebihan yang dimiliki oleh Rezaldi Hehanusa adalah fisik, stamina, dan kecepatan yang diatas rata-rata pemain Indonesia yang lain. Oleh karena itu tak mengherankan, apabila Timnas Indonesia sangat kehilangan Rezaldi di ajang Piala AFF 2018 dikarenakan sang pemain alami cedera parah.


2. 8. Ghozali Siregar

Ghozali Siregar penyerang Persib Bandung.

Ghozali Siregar mengambil keputusan berani dengan meninggalkan PSM Makassar demi Persib Bandung di awal tahun ini. Hasilnya, Ghozali Siregar yang sempat redup kariernya bersama PSM, mendadak terlahir kembali bersama Persib Bandung.

Baca Juga

Peran Ghozali Siregar untuk Persib Bandung di sisi kiri penyerangan sangatlah vital dengan bukti ia bermain dalam 32 pertandingan di Liga 1. Dalam 32 laga tersebut, Ghozali Siregar sukses mencetak 5 gol dan 8 assists.

Dengan catatan itu, Ghozali bahkan beberapa kali membuat nama tenar seperti Febri Hariyadi harus duduk di bangku cadangan. Kelebihan yang dimiliki Ghozali adalah kengototan dalam bermain yang membuat lawan kerap kesulitan tatkala duel satu lawan satu.


3. 7. Ferdinand Sinaga

Ferdinand Sinaga.

Di deretan ketujuh, ada nama striker lokal bertemperamen tinggi, yaitu Ferdinand Sinaga. Pemain berdarah batak ini di musim ini menunjukan kematangan yang tak hanya dalam permainan saja, melainkan dari sisi emosi yang lebih terkontrol untuk musim ini.

Baca Juga

Dengan emosi yang lebih stabil, Ferdinand Sinaga menjadi salah satu instrumen penting PSM Makassar dalam memperebutkan singgasana Liga 1 2018. Torehan 11 gol bersama PSM Makassar telah membuatnya menjadi salah satu pemain lokal tertajam di Liga 1.

Menjadi sangat aneh melihat bagaimana pelatih Bima Sakti tidak memanggilnya untuk memperkuat Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2018. Tak bisa dipungkiri, Ferdinand Sinaga layak masuk dalam deretan 10 pemain terbaik Indonesia untuk tahun 2018.

6. Rizky Pora

Rizky Pora (kanan) membawa bola ke arah gawang Vietnam.

Makin tua makin jadi, itulah ungkapan yang layak menggambarkan bagaimana perjalanan karier Rizky Pora. Sayap Barito Putera ini semakin matang permainannya meski sudah memasuki usia 29 tahun.

Untuk musim ini saja, Rizky Pora berhasil catatkan penampilan sebanyak 28 kali untuk Barito Putera di tahun 2018. Dengan catatan itu, Rizky Pora berhasil mencetak 5 gol dan 12 assists yang menjadikannya sebagai salah satu top assists di Liga 1.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Rizky Pora adalah kemampuannya untuk memerankan berbagai posisi seperti bek kiri hingga penyerang tengah. Oleh karena itu, tak mengherankan Bima Sakti memanggilnya untuk memperkuat Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2018.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya di INDOSPORT.