x

Mendatangkan Wasit Asing Hanya Akan Membuang Anggaran PSSI Secara Besar

Jumat, 4 Januari 2019 16:37 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
Wasit Liga 1 asal Malang, Iwan Sukoco

INDOSPORT.COM - Hembusan kabar untuk kembali mendatangkan wasit asing di Liga 1, mendapat tanggapan dari wasit nasional. Opsi itu tidak lepas dari masih banyaknya nada ketidakpuasan atas cara memimpin wasit nasional di Liga 1 sepanjang kompetisi musim 2018 lalu.

Pengalaman di paruh musim kompetisi Liga 1 2017 lalu cukup terasa bagi wasit nasional yang bertugas. Ketika itu, PSSI mendatangkan para wasit asing dengan lisensi FIFA, sebagai upaya memperbaiki kualitas di sejumlah pertandingan Liga 1 yang bersifat krusial.

"Kalau (PSSI) mendatangkan wasit asing lagi, ya jelas merugikan wasit nasional. Mereka jauh-jauh datang ke sini, tapi kualitasnya tidak jauh beda," papar salah satu wasit Liga 1, Iwan Sukoco.

Baca Juga

"Kepemimpinan wasit asing juga beberapa kali ada kesalahan, sehingga menimbulkan protes-protes dari klub," sambung wasit Liga 1 yang berdomisili di Malang tersebut.

Sehingga menurut Iwan, ada baiknya PSSI melalui Komite Wasit, lebih mengoptimalkan keberadaan wasit nasional yang ada. Pasalnya, dana yang dikeluarkan jauh lebih mahal dibanding menugaskan wasit nasional di kompetisi profesional Liga 1.

Dari informasi yang dihimpun INDOSPORT.com, gaji wasit asing yang memimpin satu pertandingan di Liga 1 tahun 2017 lalu bisa menembus Rp 17 juta, atau tiga kali lipat lebih dari gaji wasit nasional sebesar Rp 5 juta per pertandingan.

Jika dihitung dalam 50 pertandingan saja, anggaran Komite Wasit dalam membayar gaji wasit asing bisa mencapai Rp 850 juta, jauh dibanding anggaran untuk wasit nasional sebesar Rp 250 juta dengan jumlah laga yang sama.

"Daripada membayar wasit asing yang sangat mahal, lebih baik membina kualitas wasit nasional," ujar pengadil lapangan hijau berlisensi C1 Nasional tersebut.

Maka dari itu, selisih Rp 600 juta yang ada bisa lebih dimaksimalkan lagi untuk membenahi kualitas wasit nasional di Liga 1 sekaligus membuat PSSI bisa berhemat anggaran.

Baca Juga

"Bisa mengadakan pelatihan-pelatihan untuk kami. Kalau instruktur wasit dari nasional kurang (bagus), ya bisa mendatangkan instruktur wasit dari Inggris atau Italia," tutupnya.

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Seputar Liga 1 Hanya di INDOSPORT.COM

WasitLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini