x

Beda dari yang Lain, Ini 3 Klausul Kontrak Aneh di Dunia Sepak Bola

Sabtu, 5 Januari 2019 08:50 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Ilustrasi Bola dan Uang.

INDOSPORT.COM - Dalam olahraga sepak bola, terdapat sebuah perjanjian antara seorang pemain dengan klub yang ia bela. Perjanjian tersebut biasanya tertera dalam surat kontrak antara sang pemain dengan klub yang bersangkutan.

Perjanjian-perjanjian dalam kontrak biasanya berhubungan dengan nilai pemain bila ingin hengkang dari sebuah klub.

Seperti Neymar Jr, misalnya, yang memiliki perjanjian dengan Barcelona bahwa dirinya akan meninggalkan klub tersebut bila ada klub yang mampu mengaktifkan nilai 222 juta euro.

Baca Juga

Hal tersebut pun terlihat saat Paris Saint-Germain datang dengan mengaktifkan nilai klausul kontrak miliknya. Dalam hal ini, Barcelona tak mampu berbuat banyak dan hanya bisa ‘pasrah’ melihat Neymar pergi dari La Blaugrana sebagai pemain termahal dunia, 222 juta euro.

Namun tahukah Anda bahwa dalam ranah sepakbola terdapat perjanjian-perjanjian aneh yang dibuat oleh sang pemilik klub dengan pemain bersangkutan, dan tak hanya sekedara nilai transfer pemain itu sendiri. Seperti apa keanehannya? Berikut ulasannya.


1. Spencer Prior dengan Cardiff City

Spencer Prior yang kini melatih Timnas Wanita Thailand.

Salah satu klub asal Wales, Cardiff City, diketahui memiliki perjanjian aneh dengan salah satu pemainnya, Spencer Prior. Presiden Cardiff, Sam Hammam, kala itu menawarkan sebuah perjanjian kepada Prior di tahun 2001.

Isi perjanjian tersebut berupa keterikatan fisik dengan seekor domba dan memakan testis domba, selama bermain di Ninian Park, markas Cardiff terdahulu.

Baca Juga

Namun hal tersebut tidak dimakan begitu saja. Prior dapat menambahkan lemon, garam, dan peterseli dalam hidangannya.


2. Luis Suarez dengan Barcelona

Luis Suarez berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Rayo Valecano.

Perjanjian kontrak aneh lainnya dimiliki oleh Luis Suarez dengan klubnya saat ini, Barcelona. Dalam perjanjian kontrak antar keduanya dituliskan bahwa mantan pemain Liverpool itu tidak boleh melakukan gigitan apapun kepada di atas lapangan.

Hal tersebut guna mengatasi akan ‘liar’-nya Suarez bila emosinya sudah tidak lagi terkontrol.

Baca Juga

Dalam kariernya, dirinya telah melakukan dua kali gigitan ke pihak lawan seperti saat Piala Dunia 2014 bersama Timnas Uruguay ke bek Italia, Giorginio Chiellini. Satu lagi saat masih membela Liverpool saat melawan Chelsea, dengan menggigit bek Branislav Ivanovic.


3. Stefan Schwarz dengan Sunderland

Stefan Schwarz (kiri)

Pada tahun 1999, terdapat sebuah perjanjian kontrak yang unik antara Sunderland dengan salah satu pemainnya, Stefan Schwarz. Dalam perjanjian tersebut, dikatakan bahwa dirinya tidak boleh pergi ke luar angkasa sebelum masa kontraknya habis.

Baca Juga

Perjanjian aneh tersebut terjadi karena dirinya kala itu juga hendak ingin membubuhkan tanda tangan kontrak kepada sebuah agensi periklanan untuk pergi ke luar angkasa.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Bursa Transfer Lainnya Hanya di INDOSPORT

Bursa TransferBarcelonaLuis SuarezSunderlandCardiff CityTRIVIA

Berita Terkini