x

Jadi Bidikan Persija, Ini 3 Persamaan Alfred Rield dan Ivan Kolev

Sabtu, 5 Januari 2019 08:14 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Alfred Riedl dan Ivan Kolev.

INDOSPORT.COM - Juara Liga 1 2018, Persija Jakarta saat ini dikabarkan telah mengincar dua mantan pelatih Timnas Indonesia dalam mengarungi musim depan. Pelatih yang dimaksud adalah Alfred Riedl dan Ivan Kolev.

Langkah tersebut diambil ketika tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut resmi ditinggal Stefano Cugurra Teco setelah kompetisi Liga 1 2018 selesai.

Direktur Utama Persija aJakarta, Gede Widiade membenarkan langsung bahwa timnya saat ini tengah menincar Alfred Riedl dan Ivan Kolev. Bahkan, manajemen Persija telah melayangkan tawaran resmi kepada dua pelatih tersebut.

Baca Juga

"Soal pelatih memang sudah mengerucut. Saya berhasrat untuk meminta Alfred Riedl atau Ivan Kolev. Surat penawaran sudah saya kirimkan kepada keduanya. Nanti tinggal tunggu jawaban dari mereka," ujarnya.

Kali ini INDOSPORT pun mencoba untuk membahas tiga persamaan incaran pelatih Persija Jakarta musim depan, yakni Alfred Riedl dan Ivan Kolev.


1. Bawa Timnas Indonesia Runner Up

Selebrasi pemain Timnas Indonesia Bambang Pamungkas usai taklukan Thailand di Piala AFF 2010.

Seperti yang diketahui, Alfred Riedl dan Ivan Kolev pernah duduk di kursi kepelatihan Timnas Indonesia. Tangan dingin kedua pelatih tersebut terbilang mampu membuat Timnas Indonesia cukup disegani di Asia Tenggara.

Karena kedua pelatih asing tersebut sama-sama pernah membawa Timnas Indonesia ke babak final Piala AFF. Sayangnya, mereka tak bisa mempersembahkan gelar, dan hanya memberikan status runner up bagi Tim Garuda.

Ivan Kolev sendiri pernah membawa Timnas Indonesia ke babak final Piala AFF 2002 silam. Pada saat itu, Bambang Pamungkas dan kawan-kawan dipaksa menyerah dengan agregat 2-4 atas Thailand di partai puncak.

Sementara itu, Alfred Riedl pernah dua kali membawa Timnas Indonesia menginjakkan kaki di partai final, yakni pada Piala AFF 2010 dan 2016. Namun dalam dua kesempatan itu, Timnas Indonesia juga belum bisa mempersembahkan gelar. 


2. Pernah Latih Klub Indonesia

Ivan Kolev saat menjadi pelatih baru PS TNI.

Selain pernah membawa Timnas Indonesia ke partai puncak Piala AFF, Alfred Riedl dan Ivan Kolev juga memiliki kesamaan lain. Kedua pelatih berambut putih tersebut sama-sama pernah menukangi sebuah tim di Indonesia.

Sebelum menukangi Timnas Indonesia, Ivan Kolev lebih dulu bertugas sebagai pelatih Persija Jakarta pada musim 1999/2000 silam. Selain itu, ia juga pernah melatih Mitra Kukar (2005/06), Persipura Jayapura (2006/07), Siriwijaya FC (2010/11), dan PS TIRA (2017).

Hal serupa juga dialami Alfred Riedl. Pelatih asal Austria tersebut pernah menukangi PSM Makassar pada tahun 2015 lalu. Ini pun menjadi satu-satunya tim Liga Indonesia yang dilatih Alfred Riedl sepanjang karier kepelatihannya.


3. Mantan Pesepakbola

Mantan pelatih Timnas Indonesia, Ivan Kolev.

Alfred Riedl dan Ivan Kolev mengawali kariernya di dunia si kulit bundar sebagai pemain profesional. Ini menjadi persamaan terakhir yang dimiliki dua pelatih veteran tersebut.

Ivan Kolev mulai terjun ke dunia sepak bola setelah memperkuat klub asal Bulgaria, Lokomotiv Sofia pada periode 1967-1973. Sekedar informasi, pelatih berusia 61 tahun tersebut bermain sebagai gelandang.

Sementara itu, Alfred Riedl juga memulai karier sepak bola profesionalnya sejak tahun 1967. Saat itu, dirinya memperkuat Austria Wien. Berbeda dengan Ivan Kolev, Alfred Riedl bermain sebagai penyerang di masanya.

Baca Juga

Latar belakang yang dimiliki Alfred Riedl dan Ivan Kolev ini nyatanya berbeda dengan Stefano Cugurra Teco. Karena Teco bukanlah seorang pemain sepak bola profesional. Dirinya mulai terjun ke dunia sepak bola dengan bertugas sebagai asisten pelatih Brasil U-20.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya di INDOSPORT 

Bursa TransferPersija JakartaAlfred RiedlTimnas IndonesiaIvan KolevLiga IndonesiaLiga 1TRIVIA

Berita Terkini