x

Diisukan ke Persija, Ini 2 Jasa Besar Ivan Kolev untuk Timnas Indonesia

Minggu, 6 Januari 2019 13:16 WIB
Editor: Coro Mountana
Ivan Venkov Kolev eks pelatih Timnas Indonesia

INDOSPORT.COM – Kepergian Stefano Cugurra dari kursi kepelatihan Persija Jakarta membuat posisi itu kosong hingga saat ini. Beberapa nama pun santer diberitakan bakal segera mengisi tempat kosong itu termasuk Ivan Kolev.

Pelatih asal Bulgaria itu sesungguhnya bukan nama asing buat sepak bola Indonesia dan terutama untuk Persija Jakarta. Ivan Kolev diketahui pernah menukangi Persija Jakarta dalam kancah Liga Indonesia di musim 1999-2000.

Baca Juga

Saat itu Persija Jakarta berhasil dibawa hingga partai semifinal sebelum dikandaskan oleh PSM Makassar melalui sebiji gol Miro Baldo Bento. Setahun berikutnya Persija Jakarta berhasil menjadi juara Liga 1 dengan fondasi tim yang sudah dibangun oleh Ivan Kolev.

Selain Persija Jakarta, Ivan Kolev juga pernah menukangi Timnas Indonesia dalam dua periode yang berbeda. Dalam 2 periode tersebut, Ivan Kolev berhasil mencatatkan berbagai prestasi yang membuatnya begitu berjasa besar bagi Timnas Indonesia.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT.com ulas dalam 2 jasa besar Ivan Kolev untuk Timnas Indonesia.


1. Paling Nyaris Bawa Timnas Indonesia Juara Piala AFF

Piala Tiger 2002.

Dalam sejarah penyelenggaraan Piala AFF, Timnas Indonesia tidak pernah menjadi yang terbaik sekalipun. Bahkan dalam edisi terakhir yaitu 2018, Timnas Indonesia tidak lolos dari fase grup yang berisi Thailand, Filipina, Singapura, dan Timor Leste.

Baca Juga

Meski tidak pernah juara, ada satu edisi Timnas Indonesia benar-benar nyaris menjadi juara yaitu ketika tahun 2002. Kala itu Ivan Kolev menjadi pelatih yang berhasil membawa Timnas Indonesia melaju hingga final untuk menghadapi Thailand.

Edisi 2002 menjadi yang paling nyaris juara karena Timnas Indonesia sempat berhasil menahan Thailand hingga drama adu penalti. Artinya, hanya keberuntungan saja yang menggagalkan pasukan Ivan Kolev untuk membawa pulang trofi Piala AFF untuk Timnas Indonesia.


2. Satu-satunya Pelatih yang Bawa Timnas Indonesia Catatkan Kemenangan di Piala Asia

Ponaryo Astaman saat memperkuat Indonesia melawan Bahrain di Piala Asia 2004 di Shandong Sports Center, pada 25 Juli 2004.

Selain berprestasi di Piala AFF, Ivan Kolev juga pernah mencatatkan prestasi bagi Timnas Indonesia di ajang Piala Asia. Dalam sejarahnya, Timnas Indonesia hanya mampu bermain di babak utama Piala Asia dalam 4 edisi saja yaitu 1996, 2000, 2004 dan 2007.

Dalam 4 edisi itu, Timnas Indonesia hanya dapat meraih 2 kemenangan saja yaitu pada tahun 2004 dan 2007. Uniknya di dua edisi tersebut, Timnas Indonesia ditangani oleh pelatih asing yang bernama Ivan Kolev.

Baca Juga

Itu artinya hanya Ivan Kolev yang mampu membuat Timnas Indonesia meraih kemenangan di Piala Asia. Pada edisi 2004, Ivan Kolev berhasil membawa Timnas Indonesia menang atas Qatar dengan skor 2-1, sayang dua laga sisanya berakhir dengan kekalahan dari China (0-5) dan Bahrain (1-3).

Edisi selanjutnya bahkan Ivan Kolev nyaris membuat Timnas Indonesia lolos dari fase grup setelah mampu mengalahkan Bahrain (2-1) dan kalah dari Arab Saudi (1-2). Di laga penentuan yang hanya membutuhkan hasil imbang dengan Korea Selatan, Timnas Indonesia malah harus menyerah 0-1.

Terus Ikuti Perkembangan Seputar Liga 1 dan Berita OIahraga Lainnya di INDOSPORT.

Persija JakartaTimnas IndonesiaIvan KolevPiala AFFLiga IndonesiaPiala AsiaStefano Cugurra TecoTRIVIA

Berita Terkini