x

Perjalanan dan Persiapan Fabio Lopez Jadi Pelatih Anyar Borneo FC

Selasa, 8 Januari 2019 18:53 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Fabio Lope, pelatih baru Borneo FC.

INDOSPORT.COM - Borneo FC membuat keputusan besar dalam penunjukkan pelatih kepala. Tim berjulukan Pesut Etam itu merekrut Fabio Lopez pada kompetisi Liga 1 (kasta tertinggi bola Indonesia) 2019 untuk menggantikan Dejan Antonic.

Fabio Lopez sendiri selama ini banyak berkiprah di sepak bola Eropa khususnya Italia. Dia pernah dipercaya membesut akademi AS Roma, salah satu tim besar di Negeri Pizza.

Baca Juga

Namun, dia pernah merasakan atmosfer sepak bola Indonesia. Fabio jadi pelatih PSMS Medan di era IPL 2011-2012. Selain itu, Lopez juga kenyang pengalaman berkiprah di sepak bola Asia dan Asia Tenggara.

Dia pernah melatih Sabah FA (Malaysia), BG Sports Club (Maladewa), Al Orouba SC (Oman), dan Al Ahli Saudi FC (Arab Saudi), hingga Timnas Bangladesh.

Baca Juga

Lalu, apa yang mendasari pelatih yang semasa aktif bermain berposisi sebagai kiper itu menerima pinangan Borneo FC?

Lewat bantuan sang agen, portal berita olahraga INDOSPORT berkesempatan wawancara eksklusif sosok Fabio Lopez:


1. Alasan Pilih Borneo FC

Fabio Lopez, pelatih Borneo FC.

Apa yang mendasari Anda akhirnya memilih Borneo FC sebagai klub baru?

Hubungan baik dengan Presiden klub dan melihat rencana klub ini seperti apa. Ketika untuk menemukan kesepakatan dalam kontrak Anda hanya perlu 10 menit, berarti itu adalah langkah yang tepat untuk memulai bekerja sama. Kami sudah lama kenal dan kami saling menghormati.

Nominal juga jadi alasan Anda akhirnya datang ke sini?

Saya seorang profesional. Sepak bola bukan hobi saya tetapi pekerjaan saya. Saya beruntung karena dapat menikmati pekerjaan yang merupakan impian saya.

Tentu saja gaji harus menjadi bagian dari motivasi, tetapi tidak gaji alasan untuk kesepakatan itu. Kedekatan yang saya miliki bersama Presiden Klub benar-benar hebat sehingga saya ada di Kalimantan.

Baca Juga

Apa yang Anda ketahui sebelumnya tentang Borneo FC? Soal sepak bola Indonesia?

Saya tahu banyak, karena saya adalah pelatih PSMS Medan ketika kompetisi sepak bola Indonesia juga terpecah di IPL dan bukan musim yang bagus untuk sepak bola di sini.

Lalu Borneo FC adalah klub muda. Saya tahu pemilik klub orang yang ambisius untuk meraih prestsai. Dengan waktu dan pengalaman dia akan menemukan cara untuk membawa Borneo FC menjadi klub papan atas di Indonesia.


2. Persiapan dan Target di Borneo FC

Fabio Lopez berfoto bersama pelatih AS Roma saat ini, Eusebio di Francesco.

Selama ini, Borneo FC jadi tim dengan target tinggi, bagaimana pendapat Anda? apa target yang diberikan oleh bos?

Dalam sepak bola kita dapat membangun tim di atas kertas dan mengambil pemain terbaik di dunia untuk menjadi juara. Tetapi ini hanya di koran, di lapangan kita tidak bisa lupa bahwa kita bermain melawan 11 lawan yang bertarung dengan alasan yang sama.

Jadi kesimpulannya adalah bahwa kita mencoba membangun tim terbaik dengan Nabil Husein (Presiden klub). Tentang target saya pikir kita perlu realistis untuk mengatakan bahwa musim lalu tim menyelesaikan posisi ke 7 liga, jadi banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Saya kira Presiden berhak memberi target tinggi karena motivasi itu penting.

Baca Juga

Sejauh ini Borneo FC sudah memiliki 3 pemain asing, Renan Silva, Maitas Conti, dan Javlon Guseynov. Anda punya gambaran soal itu?

Kami sudah berurusan dengan dua bek tengah. Saya punya ide tentang sepak bola bahwa tim yang kuat bukan yang hanya mencetak banyak gol, tetapi adalah yang tidak kebobolan ke lawan untuk mencetak gol. Setelah itu perlu menemukan permainan bola yang tepat.

Apakah Anda berencana untuk membawa asisten pelatih khusus?

Staf pelatih akan berasal dari klub, saya akan datang ke Indonesia sendirian sebentar. Saya yakin mereka akan memberikan yang terbaik dengan alasan memenangkan pertandingan.

Baca Juga

Kapan Anda akan memulai program latihan?

Kita tidak dapat memulai program pelatihan jika federasi tidak memberi kami tanggal pasti kapan liga dan kompetisi lainnya dimulai.

Terus Ikuti Update Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM

Borneo FCWawancara KhususLiga IndonesiaLiga 1Fabio Lopez

Berita Terkini