x

Ini 3 Bukti Statistik Dilshod Vasiev Lebih Superior dari Rohit Chand

Rabu, 9 Januari 2019 07:10 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Prio Hari Kristanto
Statistik Dilshod Vasiev lebih superior dari Rohit Chand.

INDOSPORT.COM - Tim sepak bola Persija Jakarta dirumorkan bakal mendatangkan satu pemain asing dan diketahui jika sosok tersebut bernama Dilshod Vasiev dari Tajikistan.

Lalu, seperti apakah perbandingan statistik Dilshod Vasiev dengan Rohit Chand yang memiliki posisi sama, layakkah Macan Kemayoran memboyong pemain 30 tahun itu?

Seperti diketahui sebelumnya jika Direktur Utama Persija, Gede Widiade, telah memberikan bocoran terkait rekrutan anyar mereka di bursa transfer musim ini, dan dari ciri-ciri yang disebutkan memunculkan satu nama yakni Dilshod Vasiev.

Baca Juga

"Terdapat satu lagi (yang direkrut). Pemain ini posisinya gelandang serang asal Tajikistan, terakhir main di FC Istiklol," beber Gede Widiade.

Pemain yang bakal didatangkan Persija Jakarta tersebut kemungkinan besar akan menggantikan peran Rohit Chand yang akan dilepas Persija Jakarta jelang Liga 1 musim depan berlangsung.

Menarik untuk menanti kiprah Dilshod Vasiev jika benar akan bermain di Liga 1, sebagai informasi pemain kelahiran Dushanbe 30 tahun silam tersebut memiliki banyak pengalaman saat tampil di level Asia.

Tak jauh beda dengan Rohit Chand, bahkan keduanya sama-sama menjadi andalan di Timnasnya masing-masing. Timnas Tajikistan sangat bertumpu pada kemampuan Dilshod Vasiev, sementara Rohit Chand menjadi pionir lini tengah Nepal.

Untuk lebih lengkapnya, berikut INDOSPORT rangkum perbandingan statistik Dilshod Vasiev vs Rohit Chand selama bermain di kompetisi sepak bola internasional, sekaligus gambaran apakah pantas Persija Jakarta merekutnya musim ini.


1. Caps Internasional

Pemain asal Nepal, Rohit Chand.

Secara statistik penampilan saat membela Timnas, Dilshod Vasiev bisa dibilang lebih baik ketimbang Rohit Chand. Dilshod Vasiev tercatat telah mencatatkan 50 penampilan dan sukses mencetak 8 gol, sedangkan Rohit Chand hanya mampu membuat 46 caps tanpa mampu mencetak satu gol pun.

Bahkan Dilshod Vasiev masuk ke dalam tiga besar pemain yang paling banyak memilliki caps bersama Timnas Tajikistan (50). Jumlahnya hanya kalah dari Fatkhullo Fatkhuloev yang menjadi pemilik caps terbanyak Tajikistan dengan 64 pertandingan.

Capain terbaik yang diraih Dilshod Vasiev bersama Timnas Tajikistan adalah gelar AFC Challenge Cup pada tahun 2006 lalu dan gelar runner-up serta peringkat ketiga di ajang yang sama pada 2008 dan 2010.

Sementara itu Rohit Chand di Timnas Nepal juga memiliki sejumlah gelar bergengsi di antaranya adalah Bangabandhu Cup 2016, South Asian Games 2016, dan AFC Solidarity Cup 2016.


2. Perolehan Gelar

Rohit Chand pemain terbaik Liga 1 Indonesia.

Melihat dari perolehan gelar pribadi yang diraih kedua pemain, tampak Dilshod Vasiev meraih lebih banyak gelar individu dibanding Rohit Chand.

Tercatat Dilshod Vasiev berhasil menyabet sebanyak 3 kali gelar top skor saat membela Istiklol di Liga Tajikistan, masing-masing didapat pada musim 2012, 2014, dan pada musim 2017.

Sedangkan Rohit Chand tercatat baru satu kali meraih gelar pribadi, yakni pemain terbaik Liga 1 2018 yang ia dapat saat berseragam Persija Jakarta musim lalu.

Capain gelar bersama klub pun terlihat cukup menterang bagi Dilshod Vasiev, di mana dirinya sukses meraih 16 gelar bersama Istiklol, di antaranya:

Berbeda dengan Rohit Chand, di mana wakil Kapten Timnas Nepal tersebut baru mengoleksi dua gelar yakni Liga 1 2018 dan Piala Presiden 2018 bersama Persija Jakarta musim lalu. 


3. Posisi dan Gaya Bermain

Dilshod Vasiev (kiri) saat membela Timnas Tajikistan

Dari posisi dalam bermain, sejatinya tak ada yang berbeda dari kedua pemain yakni sama-sama menempati posisi lini tengah dan bertindak sebagai metronom kesebelasan.

Namun perbedaan mencolok terjadi dari gaya bermain keduanya, di mana Rohit Chand lebih banyak bertindak sebagai gelandang bertahan sekaligus penyapu aliran bola lawan.

Sedangkan Dilshod Vasiev memiliki visi penyerangan yang lebih baik, bahkan naluri mencetak gol yang sangat tajam dan terbukti dirinya mampu meraih gelar top skor Liga Tajikistan sebanyak tiga kali.

Baca Juga

Kelebihan posisi itulah yang tampaknya bisa dimanfaatkan Persija Jakarta, terlebih mereka telah kedatangan Ryuji Utomo yang bisa mengisi posisi Rohit Chand jika benar hengkang dan Dilshod Vasiev bakal diduetkan dengan Marko Simic di sektor penyerangan.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Seputar Liga 1 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Bursa TransferPersija JakartaRohit ChandLiga IndonesiaLiga 1TRIVIADilshod Vasiev

Berita Terkini