x

Update Bursa Transfer 3 Klub Besar Liga 1: Persija Dominasi, Persib Anyep

Rabu, 9 Januari 2019 10:24 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Logo PSM Makassar, Persib Bandung, dan Persija Jakarta

INDOSPORT.COM - Kompetisi sepak bola Indonesia Liga 1 2019 saat ini tengah memasuki masa bursa transfer. Dalam update kali ini ada 3 (tiga) klub besar di mana Persija mendominasi, Persib masih anyep, dan PSM Makassar yang santai.

Setiap bursa transfer para klub akan berusaha untuk merekrut pemain yang tepat agar sesuai kebutuhan pelatih dalam memberikan skema sepanjang berlangsungnya Liga 1 2019 nanti.

Para pemain yang direkrut pun tak sembarangan, sehingga kerap kali sejumlah klub saling sikut demi mendatangkan pemain incaran mereka masing-masing.

Baca Juga

Pada kesempatan kali ini tiga klub besar Liga 1 2019 tengah berjuang untuk mendapatkan pemain. Bahkan ada yang telah merilis siapa saja pemain yang diinginkan.


1. 1. Persija Jakarta

Bruno Matos dan Ryuji Utomo berfoto bersama di sesi latihan perdana Persija Jakarta, Senin (07/01/18).

Sebelum kompetisi Liga 1 2019 dimulai, Persija Jakarta memilih sejumlah pertahankan dan melepas beberapa pemain. Termasuk mendatangkan pemain asing.

Nama-nama seperti Andritany, Shahar, Gianluca Rossy, Daryono, Vava, Maman, Ismed Sofyan, Ramdani, Novri, Fitra, Bambang, Rezaldi, Yan Pieter, Nugroho Fatturahman, Simic, Chand, dan Riko adalah nama pemain yang bertahan.

Baca Juga

Ada pula lima pemain yang baru saja berlatih, yakni Bruno Matos, Ryuji Utomo, Dany saputra, Resky Fandi, dan Heri Susanto. Adapula yang ikut seleksi yaitu, Akbar Zakria, Indra Setiawan, Iksan Kurniawan, Achmad Nurifasa, Sahrul Kurniawan, dan Achmad Hari.

"Terdapat satu lagi (yang direkrut). Pemain ini posisinya gelandang serang asal Tajikiztan, terakhir main di FC Istiklol," jelas Direktur Utama Persija Gede Widiade di Jakarta, yang memberikan kisi-kisi soal pemain baru.


2. 2. Persib Bandung

Pelatih anyar Persib Bandung Miljan Radovic.

Lalu ada Persib Bandung yang pada bursa transfer kali ini tak jor-joran seperti musim-musim sebelumnya. Manajemen Persib masih bungkam soal perekrutan pemain baru.

Persib pun kerap dirumorkan akan merekrut pemain lokal seperti Esteban Vizcarra, Abdul Aziz, Erwin Ramdani, Saepuloh Maulana, Frets Butuan, dan Zalnando.

Baca Juga

Untuk pemain asing, Persib sedang dirumorkan akan memboyong Loris Arnaud, Aleksandar Rakic, Aaron Evans, Kunihiro Yamashita, dan Lee Sang Ho. Tetapi belum ada yang pasti.

"Pelatih Miljan (Radovic) sudah memberikan beberapa nama yang telah direkomendasikan kepada kami (manajemen Persib)," tutur Komisaris PT Persib Bandung Bertmartabat (PBB) Kuswara S Taryono.


3. 3. PSM Makassar

Aksi selebrasi Marc Klok bersama rekannya

Sedangkan PSM Makassar hingga saat ini belum mendatangkan siapa-siapa menjelang bergulirnya kompetisi Piala AFC 2019. Fokus PSM kali ini adalah menemukan striker asing tajam.

Sebab beberapa striker asing yang pernah direkrut, seperti Pavel Purishkin, Bruce Djite, Alesandro Ferreira Leonardo, hingga Elias da Costa ternyata melempem.

Mereka kalah dari para pemain lokal, Ferdinand Sinaga, Zulham Zamrun, hingga M. Rachmat yang mampu tampil gemilang di bawah arahan Robert Rene Alberts.

Baca Juga

"Saya sudah menjalin komunikasi dengan penyerang Timnas di salah satu negara di Eropa. Dia masih aktif di Timnas dan belum pernah main di Indonesia," kata Robert beberapa waktu lalu.

Meski begitu beberapa klub Liga 1 sudah bergerak untuk merekrut pemain idaman. Tinggal diumumkan saja siapa pemain yang resmi dikontrak oleh para kontestan.

Terus Ikuti Update Liga 1 2019 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.

Bursa TransferPersib BandungPersija JakartaPSM MakassarLiga 1TRIVIA

Berita Terkini