x

Bos Persija Beberkan Alasan Utama Rekrut Ivan Kolev Jadi Pelatih Kepala

Selasa, 15 Januari 2019 20:32 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
Pelatih anyar Persija Jakarta, Ivan Kolev belum memimpin latihan secara langsung. Ia hanya memantau dari pinggir lapangan.

INDOSPORT.COM - Juara kompetisi bola Indonesia, Liga 1 2018, Persija Jakarta resmi mengumumkan Ivan Kolev sebagai pelatih baru, Selasa, (15/01/19). Menggantikan Stefano Cugurra yang hijrah ke Bali United, Persija membeberkan alasan utama merekrut Ivan Kolev sebagai pelatih kepala klub bola Indonesia itu.

Kolev menandatangani kesepakatan kerja sama di mes Persija di kawasan Halim, Jakarta Timur dan mendapatkan kontrak setahun dari manajemen Macan Kemayoran.

Baca Juga

Direktur Utama Persija Jakarta, Gede Widiade lantas membeberkan alasan utama manajemen menunjuk Ivan Kolev sebagai nakhoda di musim ini.

Menurut Gede, sejatinya ada beberapa nama yang diincar, namun setelah melakukan penilaian mendalam Kolev lantas dipilih karena punya track record bagus dan sudah punya pengalaman soal sepak bola nasional.

"Coba baca track record-nya. Dia (Kolev) sudah mengenal kultur sepak bola Indonesia dengan baik. Di samping itu juga tidak terkendala masalah komunikasi dengan pemain," kata Gede.

Baca Juga

"Selain itu manajemen juga tahu bagaimana cara Kolev melatih. Misalnya Kolev sangat dekat dengan pemain, memperlakukan pemain seperti anaknya dan mampu mengayomi pemain, ditambah lagi Kolev bukan sosok baru di Persija karena pernah menangani tim ini sebelumnya," imbuhnya.

Ivan Kolev memang bukan nama asing bagi Persija. Ia pernah menukangi Persija selama dua musim, yakni pada tahun 1999 dan 2000. Dalam periode tersebut Kolev mempersembahkan gelar bagi tim Ibu Kota saat menjadi juara di Brunei Invitation Cup 2000.

Selain itu, pelatih 61 tahun itu juga merupakan sosok utama yang mengorbitkan nama legenda hidup Persija, Bambang Pamungkas. Kala itu, Bepe baru berusia 19 tahun saat Kolev masuk pertama kali di Macan Kemayoran dan berani memasang Bepe lantaran tim sedang krisis pemain.

Baca Juga

Selain di Persija, Kolev juga pernah dua kali menjadi nakhoda Timnas Indonesia, yakni pada 2002-2004 dan 2007-2008. Pria 61 tahun ini membawa Indonesia menjadi finalis Piala Tiger (AFF) 2002 serta meloloskan Indonesia ke putaran final Piala Asia 2004.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia Seputar Persija Lainnya di INDOSPORT 

Persija JakartaIvan KolevLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini