x

3 Pemain Naturalisasi Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Kamis, 17 Januari 2019 14:17 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Tiga pemain naturalisasi Indonesia terbaik sepanjang masa

INDOSPORT.COM – Federasi Sepak Bola Indonesia, PSSI, dikabarkan tengah menangani proses naturalisasi pemain asal Nigeria, Godstime Ouseloka Egwuatu. Laporan itu dibenarkan langsung oleh Kemenpora dalam rapat pimpinan (Rapim) pada Senin (14/01/19) lalu.

Langkah ini tentunya diambil untuk meningkatkan kualitas Timnas Indonesia. Oleh karena itu Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi tidak ingin asal-asalan soal naturalisasi pemain. Dirinya menyebutkan jika sang pemain diwajibkan masih produktif.

“Demikian pula untuk PSSI untuk memberikan pertimbangan jika ingin menaturalisasi pemain harus betul-betul masih produktif dan ujungnya untuk memperkuat Timnas Indonesia," ujarnya.

Baca Juga

Selain Godstime Ouseloka Egwuatu, pemain asing lainnya yang dikabarkan tengah menjalani proses naturalisasi adalah gelandang andalan PSM Makassar, Marc Klok. Namun pihak klub belum mengetahui proses itu akan terlaksana pada tahun ini atau musim depan.

Jika berbicara tentang hal ini, maka tak lengkap rasanya jika tak membahas pemain-pemain naturalisasi yang tampil mengesenkan. Berikut tiga pemain naturalisasi terbaik di Timnas Indonesia.


1. Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly menggiring bola

Stefano Lilipaly menjadi pemain andalan Timnas Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Meski berbeda pelatih, pemain milik Bali United tersebut selalu menjadi pilihan utama di Timnas Indonesia dalam dua edisi terakhir Piala AFF.

Kontribusi Lilipaly pun terbilang cukup membantu produktivitas Timnas Indonesia. Salah satu yang paling diingat adalah ketika dirinya mampu mencetak gol ke gawang Vietnam di semifinal Piala AFF 2016. Gol itu akhirnya membantu Skuat Garuda lolos ke partai puncak pada ajang itu.

Bahkan jasa mantan pemain Persija Jakarta tersebut sempat dibutuhkan saat Timnas Indonesia U-23 bertarung di Asian Games 2018 lalu. Sebagai pemain senior, Lilipaly memberikan dampak besar meski tak mampu membawa Timnas Indonesia mencapai target.


2. Beto Goncalves

Beto Goncalves striker Timnas Indonesia.

Beto Goncalves masuk dalam daftar pemain naturalisasi terbaik sepanjang sejarah Timnas Indonesia. Sama seperti Stefano Lilipaly, sosok Beto Goncalves juga dibutuhkan saat Timnas Indonesia U-23 bertarung di Asian Games 2018.

Menjadi pilihan utama di lini serang Timnas Indonesia, Beto pun berhasil menunjukkan kemampuannya sebagai penyerang berkualitas. Pasalnya, ia mampu menjadi pencetak gol terbanyak Timnas Indonesia dengan jumlah empat gol.

Jumlah gol tersebut nyatanya juga sama dengan torehan Stefano Lilipaly. Pemain naturalisasi asal Belanda tersebut juga mengumpulkan empat gol sepanjang Asian Games 2018. Itu membuktikan bahwa dua pemain naturalisasi itu sangat dibutuhkan Timnas Indonesia.


3. Cristian Gonzales

Cristian Gonzales menyundul bola saat membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2010.

Jauh sebelum Stefano Lilipaly dan Beto Goncalves, Timnas Indonesia juga memiliki pemain naturalisasi yang berperan sangat penting bagi Skuat Garuda. Pemain naturalisasi yang dimaksud adalah Cristian Gonzales.

Permainan terbaik Gonzales diperlihatkan saat membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2010 lalu. Saat itu pemain yang kini membela PSS Sleman tersebut berhasil menjadi top skor Timnas Indonesia dengan koleksi tiga gol. Jumlah itu sama dengan torehan gol Muhammad Ridwan.

Baca Juga

Gonzales sendiri berhasil menjadi satu-satunya pemain Timnas Indonesia yang mampu mencetak gol ke gawang Filipina di babak semifinal Piala AFF 2010. Gol semata wayangnya di masing-masing pertemuan membuat Timnas Indonesia lolos ke final dengan agregat 2-0.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya di INDOSPORT 

PSSICristian GonzalesStefano LilipalyNaturalisasiBeto GoncalvesTimnas IndonesiaLiga IndonesiaTRIVIA

Berita Terkini