x

Wartawan Pengungkap Match Fixing Sepak Bola Terbunuh di Ghana

Jumat, 18 Januari 2019 13:29 WIB
Editor: Coro Mountana

INDOSPORT.COM – Baru-baru ini telah terjadi kabar yang sangat menggemparkan sepak bola di Afrika khususnya Ghana. Pasalnya ada laporan yang menyebutkan bahwa seorang wartawan pengungkap kasus match fixing atau skandal pengaturan skor ditemukan tewas terbunuh.

Seperti yang dilansir dari BBC, wartawan Ghana yang bernama Ahmed Hussein-Suale meninggal setelah ditembak oleh seorang pengendara sepeda motor yang misterius ketika hendak pulang di kota Accra. Sebagai informasi, Ahmad Hussein tergabung dalam satu kelompok yang sedang menginvestigasi match fixing di Ghana.

Hasil pengungkapan dari Ahmad Hussein dan kawan-kawan berbuah pada hukuman seumur hidup yang menimpa ketua Asosiasi Sepak Bola Ghana. Akibatnya, anggota parlemen Ghana, Kennedy Agyapong menyerukan pembalasan dengan mengancam tim investigasi itu.

Baca Juga

Pada akhirnya Ahmed Hussein ditembak sebanyak tiga kali, tepatnya 2 di dada dan sisanya di leher pada malam hari pukul 23.00 waktu setempat. Mayatnya sendiri dilaporkan telah dibawa ke rumah sakit polisi dan akan segera dimakamkan.

Menurut komite yang melindungi jurnalis, hanya ada satu wartawan saja yang terbunuh di Ghana sejak 1992. Oleh karena itu kekerasan terhadap jurnalis sejatinya hal yang sangat jarang terjadi di Ghana.

Baca Juga

Sementara itu, Federasi Jurnalis Internasional mengatakan ada 8 wartawan yang terbunuh di Afrika sejak 2017. Jika di Ghana, orang-orang yang mengungkap match fixing mendapatkan ancaman bahkan hingga pembunuhan, maka apa yang terjadi dengan mereka yang sedang memerangi hal sama di Indonesia?.

Terus Ikuti Perkembangan Seputar Bola Internasional dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM.