x

3 Klub Liga 1 yang Paling Menarik Perhatian di Tahun 2019

Sabtu, 19 Januari 2019 10:06 WIB
Editor: Coro Mountana
Ilustrasi logo Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM – Tak terasa kita sudah melewati lebih dari dua minggu dari tahun 2019 ini, sejumlah klub sepak bola Liga 1 pun kini sedang berbondong-bondong dengan membangun kekuatan. Ibarat perlombaan, bursa transfer dijadikan sebagai ajang untuk ‘bersolek diri’ jelang Liga 1 2019.

Sejumlah nama-nama tenar baik itu dari kalangan pelatih maupun pemain pun telah sukses didatangkan oleh klub-klub Liga 1. Sosok seperti Evan Dimas dan Andik Vermansah hingga pelatih Ivan Kolev yang pulang lagi ke Indonesia, boleh menjadi yang paling menarik perhatian.

Baca Juga

Selain pemain dan pelatih, beberapa klub Liga 1 juga ada yang menarik perhatian di tahun 2019. Hal itu membuat animo dari para pendukung sangat tinggi dan berharap dapat meraih sesuatu di musim ini.

Ada yang menarik perhatian karena sifat borjuisnya di bursa transfer, ada juga yang menarik berkat pencapaiannya yang fantastis di musim lalu. Lantas klub mana saja yang menjadi pusat perhatian Liga 1 2019?.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT.com mengulasnya dalam 3 klub Liga 1 yang paling menarik perhatian di tahun 2019.


1. Persija Jakarta

Neguete berdiskusi dengan ryuji utomo di sela-sela latihan.

Salah satu alasan kiprah Persija Jakarta begitu menarik perhatian adalah karena statusnya sebagai juara bertahan. Selain itu di musim ini sebenarnya sebagian kekuatan Persija Jakarta telah diganti dengan ‘spare parts’ yang baru.

Mulai dari tidak adanya pelatih Stefano Cugurra alias Teco, Jaimerson Xavier, hingga Rohit Chand yang mengucapkan kata pamit pada Jakmania, manajemen pun bergerak cepat dengan merekrut pelatih Ivan Kolev, Neguete, hingga Jakhongir Abdumuminov.

Baca Juga

Tentu para pendukung Persija Jakarta sangat penasaran dengan bongkar pasang fondasi yang telah terbukti menjadi juara. Terakhir, tentu kita sangat menanti kiprah Persija Jakarta di ajang Liga Champions Asia, mampukah mereka membawa nama Indonesia harum di Asia.


2. PSM Makassar

Agen Jonne Lindblom (kiri) dan striker baru PSM Makassar Eero Markkanen (kanan).

PSM Makassar adalah salah satu tim yang paling konsisten dalam dua tahun terakhir di ajang Liga 1 Indonesia. Setidaknya sejak Liga 1 2017, PSM Makassar selalu bertarung dalam jalur menuju juara dan komposisi skuatnya praktis tidak terlalu berubah.

Namun hal itu tampaknya bakal terganggu setelah sang pelatih, Robert Rene Alberts yang memutuskan untuk mengundurkan diri dengan alasan kesehatan. Seperti yang kita tahu kunci PSM Makassar begitu konsisten dikarenakan kehadiran Robert Rene Alberts.

Baca Juga

Oleh karena itu tentu akan sangat menarik melihat kiprah PSM Makassar yang telah ditinggal oleh sosok kuncinya. Selain itu alasan PSM Makassar sangat menarik perhatian lainnya adalah kehadiran penyerang Eero Markkanen yang sempat dipuji kualitasnya oleh Zinedine Zidane.


3. Madura United

Aleksandar Rakic ke Madura United.

Klub terakhir yang menarik perhatian di Liga 1 2019 adalah Los Galacticos versi Indonesia yaitu Madura United. Tim bertabur bintang yang satu ini adalah klub yang paling sibuk di bursa transfer kali ini dengan mendatangkan sejumlah pemain bintang.

Para pemain bintang itu antara lain M. Ridho, Jaimerson, Marckho Merauje, Zulfiandi, Raphael Maitimo, Andik Vermansah, hingga Rakic. Berkaca dari hal itu, sangat pantas jika Madura United disebut sebagai tim penantang gelar juara.

Baca Juga

Namun Madura United perlu berhati-hati karena dalam dua tahun terakhir tim bertabur bintang selalu alami nasib sial. Persib Bandung yang sempat menjadi bertabur bintang di 2017 harus berakhir di papan tengah, sementara Sriwijaya musim lalu malah terdegradasi

Terus Ikuti Perkembangan Seputar Liga 1 dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM.