x

5 Pemain Sepak Bola Top yang Pensiun Sebelum Usia 30 Tahun

Sabtu, 19 Januari 2019 08:31 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Fabrice Muamba yang memutuskan pensiun setelah mengalami serangan jantung.

INDOSPORT.COM – Memutuskan pensiun bagi seorang pemain sepak bola menjadi keputusan yang harus dipikirkan dengan panjang, apalagi jika kariernya sedang tumbuh cemerlang.

Kebanyakan dari mereka akan mengambil masa ini di saat usia mereka sudah mulai meredup, sebagian besar setelah melewati usia 35 tahun. Bahkan ada juga pemain sepak bola yang pensiun di usia 45 tahun.

Baca Juga

Bertolak belakang dengan fakta tersebut, ada juga pemain sepak bola yang memutuskan pensiun dini karena berbagai hal, mulai dari keinginan dari dirinya sendiri maupun terpaksa lantaran faktor lain seperti cedera.

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT berhasil merangkum beberapa pemain sepak bola yang mendadak memutuskan pensiun di tengah karier yang gemilang:.


1. 1. Ryan Mason - Gelandang

Mason saat berkostum Tottenham Hotspurs.

Ryan Mason mengawali karier sepak bolanya di Tottenham Hotspur sebagai pemain anak-anak di usia 8 tahun. Pemain asal Inggris itu kemudian dipinjamkan sebanyak delapan kali sebelum akhirnya pindah ke Hull City secara permanen pada Agustus 2016.

Baca Juga

Pada 22 Januai 2017, Mason mengalami cedera tengkorak retak setelah benturan kepala dengan bek Chelsea, Gary Cahill. Cedera itu membuatnya harus menjalani operasi dan berjalan sukses. Namun, pada Februari 2018, Mason terpaksa memutuskan pensiun di usianya yang masih 26 tahun.


2. 2. Ruben de la Red – Gelandang

Ruben de la Red saat memperkuat Timnas Spanyol.

Ruben de la Red merupakan mantang gelandang Spanyol yang pernah memperkuat Real Madrid, Getafe, dan Timnas Bola Spanyol.

Pada Oktober 2008, De la Red mendapat perawatan di rumah sakit setelah ambruk di lapangan dalam pertandingan Copa del Rey melawan Real Union. Menurut pemeriksaan dokter Los Blancos, De La Red memiliki masalah jantung.

Baca Juga

Akibatnya, ia pun memutuskan pensiun pada 3 November 2020 dari dunia sepak bola di usia 25 tahun, sebelum akhirnya diangkaat sebagai pelatih muda klub di bawah era Jose Mourinho.

Direktur sepak bola Real Madrid kala itu, Jorge Valdano mengatakan: “Hari ini menjadi titik balik kehidupan Ruben. Dia mengakhiri kariernya sebagai pemain dan memusatkan hasratnya untuk olahraga ini dalam pelatihan.”

“Dia, mulai hari ini, menjadi bagian staf pelatih Real Madrid dan akan mulai belajar tentang apa yang kami lakukan dan bagaimana kami mewujukannya.”

3. Fabrice Muamba – Gelandang

Fabrice Muamba merupakan gelandang pensiunan Inggris yang mengawali karier sepak bola di Arsenal, kemudian berlanjut di Birmingham City dan Bolton Wanderers.

Nasih nahas menimpanya pada 17 maret 2012, dimana ia menderita serangan jantung dan pingsan pada pertandingan Piala FA antara Bolton vs Tottenham Hotspur.

Baca Juga

Kemudian pada tahun 2012, Bolton mengumumkan Muamba pensiun dari karier sepak bola profesional sesuai dengan anjuran tim medis. Mantan pemain Timnas Inggris U-21 ini pensiun dari sepak bola ketika ia berusia 24 tahun.


3. 4. Julian Nagelsmann – Bek Tengah

Julain Nagelsmann.

Julian Nagelsman merupakan pelatih sepak bola klub Jerman yang berusia 31 tahun pada bulan Juli 2018 dan kini menangani klub Hoffenheim.

Semasa karier sepak bolanya, Nagelsman pernah bermain untuk klub-klub Jerman, seperti 1860 Munich II, dan Augsburg II.

Baca Juga

Sayangnya, mantan bek tengah itu harus mengakhiri kariernya pada tahun 2008 ketika dirinya baru berusia 20 tahun lantaran cedera lutut parah. Dirinya kemudian bergabung dengan sekolah kepelatihan, dan kembali ke Augsburg, serta bekerja di bawah Thomas Tuchel dalam waktu singkat.

Nagelsman pun akhirnya menjadi pelatih kepala pada Februari 2016 dan menukangi Hoffeinheim pada usia 28 tahun.

5. Sebastian Deisler – Gelandang Serang

Sebastian Deisler merupakan mantan pemain sepak bola yang bermain untuk Borussia Monchengladbach, hertha BSC, Bayern Munchen dan Timnas Jerman.

Mantan gelandang serang itu dulunga digadang-gadang sebagai pemain muda Jerman yang sangat berbakat dan istimewa pada masanya.

Baca Juga

Namun ia terpaksa memutuskan pengunduran diri dari kariernya sebagai pemain sepak bola pada 16 Januari 2007 di usianya yang masih 27 tahun lantaran cedera lutut serius. Di sepanjang kariernya tersebut, Deisler bermain di 176 pertandingan dan mencetak 21 gol di semua kompetisi.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Internasional Lainnya di INDOSPORT.COM

Ryan MasonBola InternasionalJulian NagelsmannTRIVIA

Berita Terkini