x

Profil Darije Kalezic, Legenda Klub Ezra Walian yang Dirumorkan Melatih PSM Makassar

Selasa, 22 Januari 2019 06:00 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Darije Kalezic, pelatih asal Bosnia yang dirumorkan melatih PSM Makassar di Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM - Pelatih anyar PSM Makassar jelang kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2019, akan segera diumumkan pada tanggal 28 Januari 2019 mendatang.

Hal tersebut dilontarkan langsung oleh CEO PT PSM, Munafri Arifuddin, yang mengatakan dia sudah mengerucutkan dua nama untuk melatih PSM Makassar di Liga 1 2019.

"Dua kandidat pelatih tinggal finishing. Secara gentlemen's agreement sudah iya. Tapi saya belum bisa bilang sudah pasti karena belum ada ikatan (kontrak). Tetap pelatih asing. Insya Allah tanggal 28 sudah ada di Makassar," ungkap Appi kepada INDOSPORT.COM, di sela-sela kongres tahunan PSSI di Bali, Minggu (20/01/19) kemarin.

Baca Juga

Salah satu dari dua nama tersebut pun dirumorkan Darije Kalezic, pelatih asal Bosnia yang pernah melatih Roda JC, di mana itu juga merupakan klub bekas Wiljan Pluim.

Lalu, seperti apa perjalanan Darije Kalezic selama ini? Tentunya tidak banyak yang mengetahuinya. Berikut INDOSPORT berikan kepada Anda.


1. Legenda Klub Ezra Walian?

Darije Kalezic, pelatih asal Bosnia yang dirumorkan melatih PSM Makassar di Liga 1 2019.

Seperti kebanyakan para pelatih di seluruh dunia, Darije Kalezic juga mengawali kariernya sebagai pemain profesional yang cukup akrab dengan sepak bola Belanda.

Dia pindah ke klub Belanda, FC Den Bosch, pada tahun 1994 silam, di mana dia hanya semusim bertahan di sana.

Setelah itu, barulah dia bergabung ke RKC Waalwijk pada tahun 1995. Di sini, dia cukup menjadi andalan dengan bermain selama kurang lebih tujuh tahun hingga 2002 silam.

Bahkan, Kalezic memainkan sebanyak 121 pertandingan bersama RKC Waalwijk, dengan menyumbang tiga gol dan satu assist dari posisinya sebagai bek tengah.

Jumlah penampilan tersebut merupakan yang terbanyak untuk satu tim di sepanjang karier Kalezic sebagai pemain. Tentu, oleh karena itu, namanya cukup melekat di benak para fans RKC Waalwijk.

Baca Juga

Bukan tidak mungkin, Ezra Walian mungkin pernah mendengar nama Darije Kalezic, dan ini bisa memuluskan langkah striker naturalisasi itu gabung PSM Makassar.


2. Pernah Melatih Eks Striker Naturalisasi Timnas Indonesia

Darije Kalezic, pelatih asal Bosnia yang dirumorkan melatih PSM Makassar di Liga 1 2019.

Setelah diselidiki oleh INDOSPORT, selain mencatatkan namanya di sejarah klub Ezra Walian, Kalezic ternyata juga mengenal mantan striker Timnas Indonesia yang dinaturalisasi, yakni Jhonny van Beukering.

Van Beukering dan Kalezic bertemu saat keduanya berkarier di klub Belanda, De Graafschap pada musim 2009/10.

Dipromosikan sebagai manajer De Graafschap pada musim 2009/10, setelah musim sebelumnya menjadi asisten manajer, Kalezic ternyata memberi kesempatan pada Van Beukering.

Baca Juga

Di bawah asuhan Kalezic, Van Beukering memainkan sembilan pertandingan, dengan menyumbang dua gol dan dua assit untuk De Graafschap.


3. Menapaki Karier Manajerial dari Bawah

Darije Kalezic, pelatih asal Bosnia yang dirumorkan melatih PSM Makassar di Liga 1 2019.

Kariernya sebagai manajer ternyata tidak berjalan mulus, di mana Kalezic memulainya sebagai Manajer De Graafschap U-21 saat dia pensiun pada 2006 silam.

Dia bertahan sebagai manajer De Graafschap U-21 selama dua tahun, sebelum ditunjuk sebagai asisten manajer skuat senior pada musim panas 2008.

Hanya selang setahun, dia pun akhirnya secara resmi menangani skuat senior untuk pertama kalinya sebagai manajer. Sejak saat itu, dia terus menjadi manajer tim senior.

Dua tahun sebagai manajer skuat senior De Graafschap, dia pindah ke Belgia melatih Zulte Waregem. Lalu pada 2013, pindah ke Inggris, untuk periode singkat melatih klub semi profesional Inggris, Stockport County.

Lalu pada tahun 2013, dia mendapat kesempatan besar saat diminta melatih klub raksasa Belanda, PSV Eindhoven, meski hanya skuat U-21 selama dua tahun lamanya.

Baca Juga

Barulah dia pindah melatih Roda JC pada 2015, sebelum terbang ke Asia dan Australia untuk melatih klub Arab Saudi, Taawon dan klub Australia, Wellington Phoenix hingga pada Maret 2018 lalu.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 Lainnya Hanya di INDOSPORT

BelandaPSM MakassarRKC WaalwijkLiga IndonesiaEzra WalianMunafri ArifuddinJhonny van BeukeringLiga 1profilTRIVIA

Berita Terkini