x

Bisa Direkrut! Ini 3 Top Skor Klub Liga 1 yang Masih Menganggur

Jumat, 25 Januari 2019 14:15 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Isman Fadil
Hilton Moreira saat latihan.

INDOSPORT.COM – Pencetak gol terbanyak setiap klub sepak bola kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1, saat ini masih ada yang berstatus tanpa klub pada bursa transfer pemain.

Berstatus pencetak gol terbanyak tim tidak membuat mereka dipertahankan oleh pihak manajemen. Hal tersebut berkaca pada jebloknya peringkat klub meski mampu menggelontorkan gol-gol ke gawang lawan.

Beberapa di antara mereka telah dilirik klub luar negeri, seperti Fernando Rodriguez (Kedah FA), David da Siva (Pohang Steelers), dan Bruno da Silva (Al Ain).

Baca Juga

Meskipun begitu, tidak sedikit dari top skor klub yang masih belum mendapatkan tim alias menganggur. Klub-klub Liga 1 masih bisa mendatangkan mereka alih-alih membeli striker asing yang belum teruji kapasitasnya di Liga Indonesia.

Membeli striker baru dari luar Indonesia terkadang ibarat kucing dalam karung. Meski berstatus pendatang baru, kemampuannya bak dua mata pisau yang bisa menguntungkan atau merugikan klub.

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT merangkum 3 top skor klub Liga 1 yang masih menganggur.


1. Shohei Matsunaga

Shohei Matsunaga (kanan) duel untuk mendapatkan bola dari pemain Bhayangkara FC.

Menurut data Labbola, Shohei Matsunaga tercatat sebagai top skor PSMS Medan dengan catatan 10 gol. Ia sukses merangsek ke daftar pencetak gol terbanyak Ayam Kinantan meski baru diboyong pada putaran kedua Liga 1 2018.

Shohei berstatus tanpa klub usai PSMS Medan terdegradasi ke Liga 2. Ia berpeluang direkrut sebagai pemain lokal mengingat gelandang energik ini sedang mengurus status kewarganegaraan.

Baca Juga

Meskipun begitu, Shohei bisa menjadi solusi bagi klub Liga 1 yang kesulitan mencari pemain asing Asia berkualitas. Ia bisa dibilang pemain versatile yang mampu bermain di posisi gelandang bahkan striker.


2. Hilton Moreira

Hilton Moreira (depan) saat jalani latihan bersama rekan satu timnya.

Kontrak Hilton Moreira bersama Persipura Jayapura telah berakhir pada akhir musim 2018 lalu. Hingga kini, belum ada tanda-tanda Mutiara Hitam bakal kembali menggunakan jasa striker asal Brasil itu.

"Mereka (Hilton dan Marcio) sudah pergi, pelatih baru juga harus minta posisi yang dia mau. Mereka pemain yang bagus tapi saya melihat tim perlu memperkuat lini tengah dan depan," ujar eks pelatih Persipura yang baru saja didepak, Oswaldo Lessa, saat dihubungi awak berita sport INDOSPORT, Rabu (16/01/19).

Baca Juga

Hilton menjadi top skor Persipura Jayapura pada Liga 1 2018 dengan catatan 11 gol. Jumlah golnya hanya satu digit lebih baik dari Boaz Solossa.

Saat dilepas Sriwijaya FC pada musim 2017, Hilton sempat mempromosikan diri lewat media sosial. Ia memperlihatkan statistik lengkap semasa tampil memperkuat lini depan Laskar Wong Kito.


3. Fabiano Beltrame

Fabiano Beltrame

Status Fabiano Beltrame di Madura United masih abu-abu. Terlebih, Laskar Sape Kerrab sudah memiliki empat pemain asing di skuat mereka.

"Posisi Fabiano sudah jelas masuk proyeksi tim untuk pemain lokal, tapi kalau dia mau bermain sebagai pemain asing pasti bukan di Madura," ucap Manajer Madura United, Haruna Soemitro.

Baca Juga

Proses naturalisasi Fabiano belum rampung. Ia berpeluang hengkang terlebih dahulu untuk mencari klub yang mau menampungnya sebagai pemain asing.

Meski berstatus sebagai pemain belakang, Fabiano terbukti punya produktivitas gol. Ia merupakan top skor Madura United dengan catatan 9 gol, jauh melewat Zah Rahan (6), Mamadou Samassa (6), dan Greg Nwokolo (5).

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

Shohei MatsunagaFabiano BeltrameHilton MoreiraLiga IndonesiaLiga 1TRIVIA

Berita Terkini