x

Menimbang Debut Teco di Persija Jakarta dan Bali United, Mana Terbaik?

Jumat, 25 Januari 2019 11:09 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco.

INDOSPORT.COMStefano ‘Teco’ Cugurra menjalani debut manis bersama Bali United di babak 32 besar turnamen sepak bola Piala Indonesia. Pelatih sepak bola asal Brasil itu membawa timnya menang 3-0 atas Blitar United, Kamis (24/01/19), di Stadion Soeprijadi, Blitar.

Laga perdana selalu menjadi tolak ukur kemampuan seorang pelatih sepak bola . Dari situ, terlihat kerangka pemain dan visi bermain juru latih untuk membawa arah terbang timnya.

Baca Juga

Teco mungkin selalu menjalani debut manis di dua klub berbeda saat menjalani karier sebagai pelatih di klub sepak bola Indonesia, Persija Jakarta dan Bali United.

Namun demikian, ada beberapa perbedaan dan persamaan dari laga debut Teco bersama Persija Jakarta dan Bali United. Hal tersebut menarik untuk diamati guna menilik visi bermain Teco dahulu dan sekarang.

Baca Juga

Maka dari itu, portal berita olahraga INDOSPORT mencoba untuk membandingkan debut Teco di Persija Jakarta dan Bali United.


1. Debut di Persija Jakarta

Salah satu ekspresi Stefano Teco Cugurra yang tampak gemas dengan beberapa peluang Persija.

Laga perdana Teco bersama Persija Jakarta sebenarnya terjadi pada turnamen Trofeo Bhayangkara 2017, Minggu (29/01/17) lalu. Macan Kemayoran bermain 2x45 menit  melawan Bhayangkara FC dan Arema FC.

Persija Jakarta tidak mencetak gol sama sekali. Mereka bahkan bermain imbang sekali melawan Bhayangkara FC dan takluk 0-1 dari Arema FC.

Pertandingan kompetitif pertama Teco bersama Persija Jakarta baru terjadi pada Piala Presiden 2017 menghadapi PS TNI (sekarang PS TIRA), Minggu (05/02/17), di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang. Kala itu, Persija Jakarta menang tipis 1-0.

Baca Juga

Persija Jakarta turun dengan dua striker, yakni Christopher Arriagada dan Rudi Widodo. Satu-satunya pemain asing yang diturunkan hanya Willian Pacheco.

Teco banyak memberikan kesempatan pemain muda di skuat Persija Jakarta, seperti Rezaldi Hehanusa, Sutanto Tan, Muslim Habibi, dan Ambrizal Umanilo. Poros serangan dipercayakan kepada pemain belia jebolan Diklat Persib, Sutanto Tan.

Persija Jakarta banyak mengandalkan umpan silang memanfaatkan postur tubuh tinggi Arriagada atau Keha. Gol semata wayang Rudi Widodo juga berawal dari umpan dari sisi kanan sebelum akhirnya dituntaskan lewat tendangan ke arah sudut sempit.


2. Debut di Bali United

Stefano Cugurra Teco memberikan arahan kepada pemain Bali United dalam sesilatihan.

Menariknya, Pacheco menjadi pemain yang selalu ada di laga debut Teco bersama klubnya di Indonesia, baik Persija Jakarta maupun Bali United.

Teco selalu akrab dengan kombinasi satu bek asing dan satu bek senior. Ketika di Persija Jakarta, Teco memasang Maman Abdurrahman, sedangkan di Bali United Teco memilih Leonard Tupamahu.

Satu slot gelandang selalu dihuni pemain jangkar yang berfungsi menjadi penghambat di lini tengah. Teco menemukan sosok Sandi Darma Sute di Bali United dalam diri M. Taufiq.

Baca Juga

Di Bali United, Teco tetap menggunakan formasi 4-3-3 seperti di Persija Jakarta. Posisi yang selalu ada di lini depan ialah satu target man dan dua penyerang cepat.

Teco kali ini menempatkan Ilja Spasojevic sebagai ujung tombak, kemudian ditopang Miftahul Hamdi dan Irfan Bachdim yang bermain sedikit melebar.

Formasi ini masih mungkin berubah mengingat Stefano Lilipaly belum masih dalam daftar susunan pemain. Melvin Platje yang biasanya berduet dengan Spaso justru lebih turun sedikit ke tengah.


3. Pola yang Tidak Berubah

Stefano Cugurra Teco saat melatih Persija Jakarta.

Jika menilik dari laga debutnya di Persija Jakarta, Teco tidak banyak merombak kekuatan tim pada laga-laga berikutnya. Bali United diyakini hanya tinggal mengutak-atik posisi yang ditinggalkan Lilipaly dan Brwa Nouri di lini tengah.

Dari segi permainan, Bali United di bawah Teco lebih banyak mengandalkan umpan cut-inside dari sisi sayap ketimbang mengirim umpan lambung. Poros serangan juga dipercayakan kepada sosok lokal dalam diri Fadil Sausu.

Baca Juga

Debut Teco di Persija Jakarta dan Bali United sama-sama berjalan manis. Keduanya terjadi di luar laga kandang dan sukses meraih kemenangan.

Baik di Persija Jakarta maupun di Bali United, Teco selalu menyisipkan beberapa pemain muda meski tidak dominan. Yang pasti, pos penting seperti bek tengah dan target man selalu dihuni pemain impor.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM

Persija JakartaKratingdaeng Piala IndonesiaBali UnitedLiga IndonesiaStefano Cugurra TecoPiala Presiden 2017Liga 1TRIVIA

Berita Terkini