x

Real Madrid Kalahkan Barcelona dan Manchester United sebagai Klub Terkaya

Jumat, 25 Januari 2019 06:00 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Logo Real Madrid.

INDOSPORT.COM - Klub raksasa Spanyol, Real Madrid resmi menjadi klub dengan pendapatan tertinggi di dunia sepak bola, menurut sebuah laporan terbaru, mengalahkan Manchester United dan Barcelona.

Juara bertahan Liga Champions selama tiga musim berturut-turut itu, meraup keuntungan yang menjadi rekor dunia sebesar 750 juta euro atau setara Rp11,8 triliun pada musim 2017/18, menurut laporan yang dirilis oleh perusahaan keuangan asal Inggris, Deloitte.

Barcelona, yang saat ini memimpin klasemen sementara La Liga Spanyol, berada di urutan kedua dengan pendapatan sebesar 690,4 juta euro atau setara Rp10,9 triliun.

Baca Juga

Sementara itu, di urutan ketiga ada Manchester United, yang tahun lalu di peringkat pertama, dengan pendapatan sebesar 666 juta euro atau setara Rp10,5 triliun di musim 2017/18.

Peringkat pertama ini merupakan yang ke-12 kalinya untuk Real Madrid, tapi ini pertama kalinya sejak terakhir kali mereka menjadi klub terkaya pada musim 2014/15.

Baca Juga

Analisis pendapatan keuangan klub oleh Deloitte ini mengungkapkan sebanyak 20 klub dengan pendapatan terkaya dengan total peningkatan 6%, tercatat total pendapatan semuanya sebesar 8,3 miliar euro yang setara Rp131 triliun.

Baca Juga

Pendapatan dari hak siar kembali menjadi sumber terbesar di mana mencapai 43% dari total pendapatan satu klub, diikuti oleh pendapatan iklan 40% dan pendapatan pertandingan 17%.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT

Real MadridManchester UnitedBarcelonaBola InternasionalVnews

Berita Terkini