x

3 Fakta Pemain Baru Persebaya Alwi Slamat: Anggota TNI hingga Pemain dengan VO2 Max Tertinggi

Sabtu, 26 Januari 2019 12:10 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Pemain Persebaya Surabaya, Alwi Slamat.

INDOSPORT.COM - Di hari yang sama dengan dipastikannya Osvaldo Haay bertahan di Persebaya Surabaya, klub berjuluk Bajul Ijo itu juga meresmikan kedatangan Alwi Slamat sebagai rekrutan baru mereka untuk Liga 1 (kasta tertinggi bola Indonesia) 2019.

Alwi didatangkan Persebaya Surabaya setelah kontraknya berkahir dengan klubnya musim lalu, PSMS Medan. Di Surabaya, pemain sepak bola berusia 22 tahun itu pun diikat kontrak selama satu musim ke depan.

Baca Juga

Berposisi sebagai gelandang sayap, Alwi sendiri sejatinya tak diproyeksikan sebagai pemain utama Persebaya Surabaya musim depan. Dirinya akan lebih diandalkan menjadi pelapis dua pemain utama Persebaya Surabaya, yakni Irfan Jaya dan Oktafianus Fernando.

Fakta tersebut tertulis langsung dalam halaman resmi Persebaya Surabaya dalam rilisnnya ketika memperkenalkan Alwi sebagai pemain barunnya.

Baca Juga

Selain itu, sebenarnya ada beberapa fakta menarik lainnya yang bisa disimak dari sosok bernama lengkap Muhammad Alwi Slamat tersebut. Apa saja faktannya? Berikut portal berita olahraga INDOSPORT merangkumkan:


1. Pemain Asal Tulehu

Anak-anak Tulehu bermain sepak bola.

Tidak seperti pemain asal Tulehu lainnya yang mudah dikenali lewat nama belakangnya, seperti Ramdani Lestaluhu, Abduh Lestaluhu, Ridwan Tawainella atau Alfin Tuasalamony, nama Alwi Slamat lebih terkesan umum seperti orang Indonesia dari daerah lainnya.

Namun Alwi jelas merupakan salah satu putra daerah asli Tulehu. Sebuah desa di Ambon, Maluku yang selalu bisa menghasilkan talenta-talenta pemain sepak bola terbaik di Indonesia.

Baca Juga

Lahir di Tulehu pada tanggal 16 desember 1996, Alwi seperti banyak pemain Tulehu lainnya, justru mengawali karier profesional jauh dari tanah kelahirannya.

Alwi Pertama kali muncul di sepak bola nasional ketika memperkuat Semen Padang U-21 dan ikut pula dalam bagian skuat tim Kabau Sirah di kompetisi Indonesia Soccer Championship (ISC) 2015.


2. Anggota TNI Aktif

Muhammad Alwi Slamat (kanan) bersama rekannya sesama anggota TNI.

Fakta lainnya yang juga tak banyak disadari oleh penikmat sepak bola nasional adalah perihal Alwi Slamat yang merupakan anggota aktif TNI (Tentara Nasional Indonesia).

Status tersebut didapat Alwi ketika dirinya memperkuat klub PS TNI (sekarang PS TIRA) usai meninggalkan Semen Padang.

Baca Juga

Alwi bersama tujuh pemain PS TNI saat itu Andy Setyo Nugraha, Danie Pratama, Syahrul Trisna Fadhil, Ganjar Mukti Muhardiyana, Muhammad Kasim Slamat, Roni Sugeng Ariyanto, dan Yogi Novrian dilantik menjadi anggota Komando Strategi Angkatan Darat (Kostrad) di Markas Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) III Siliwangi, Selasa (21/02/2017).

Meski pada tahun 2018 lalu, Alwi akhirnnya meninggalkan klub yang berganti nama ke PS TIRA itu untuk bergabung ke PSMS Medan, status anggota TNI itu masih dipegangnya hingga kini ketika hijrah ke Persebaya Suarabaya.


3. Pemain Timnas dengan VO2 Max Tertinggi

Tes fisik didampingi langsung oleh tim dari Universitas Negeri Jakarta.

Meski tak setenar beberapa pemain Timnas Indonesia U-19 di tahun 2016 lainnya, seperti Saddil Ramdani hingga Awan Setho. Alwi Slamat yang juga merupakan bagian skuat yang saat itu diasuh pelatih Eduard Tjong itu mampu meraih catatan impresif.

Catatan tersebut yakni ketika dirinya mampu menjadi pemain dnegan catatan VO2 Max tertinggi dalam beberapa kali kesempatan pengukuran yang dilakukan saat itu.

Baca Juga

Alwi mampu meraih catatan VO2 Max mencapai angka 62,5. Angka tersebut memasukannya dalam kategori superior di rentan usiannya. 

Sebagai perbandingan lain angka VO2 Max atau volume maksimal O2 (oksigen) yang diproses oleh tubuh manusia pada saat melakukan kegiatan yang intensif para pemain dunia seperti Cristiano Ronaldo berada dikisaran angka 70 hingga 75.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Persebaya SurabayaPSMS MedanLiga IndonesiaLiga 1TRIVIAAlwi Slamat

Berita Terkini