x

3 Pemain Liga 1 Pilih Pensiun Sebelum Musim 2019 Dimulai

Minggu, 27 Januari 2019 08:16 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Juni Adi
Logo Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM - Sejumlah pemain sepak bola nasional, tepatnya klub Liga 1 belum lama ini memilih pensiun sebelum musim 2019 dimulai. Siapa saja kira-kira?

Pemain-pemain ini memilih pensiun tak lepas dari faktor usia yang tak lagi muda. Tenaga mereka mulai tersisihkan dengan pemain baru yang lebih enerjik.

Akan tetapi usia hanyalah angka. Lantaran ada beberapa pemain seperti Ismed Sofyan (39), Bambang Pamungkas (38), hingga Cristian Gonzales (42) masih bermain.

Baca Juga

Pemain sangat senior ini tentu memiliki segudang pengalaman yang banyak sepanjang kariernya di dunia sepak bola baik tanah air maupun level internasional.

Pemain PSS Sleman, Cristian Gonzales

Adanya para pemain tua ini juga dapat memberikan masukan serta arahan pada para pemain muda, sekaligus bisa menjadi sosok panutan akan ilmu yang diajarkan.

Kendati begitu, nyatanya para pemain yang sudah menua ini memilih gantung sepatu. Keputusan mereka untuk hal tersebut tentu saja harus dihormati.

Baca Juga

Berikut daftar pemain-pemain Liga 1 yang telah menyatakan pensiun dari dunia sepak bola yang sudah membesarkan namanya.


1. 1. Vladimir Vujovic

Pemain Bhayangkara FC, Vladimir Vujovic (tengah) melakukan sundulan ke arah gawang Persikota.

Pemain Liga 1 pertama yang menyatakan pensiun adalah bek Vladimir Vujovic. Pria kelahiran Montenegro 36 tahun yang lalu ini menyatakan gantung sepatu pada 8 Desember 2018 lalu.

"Hari ini, setelah 19 tahun saya akan menyelesaikan karier sepak bola profesional saya sebagai pemain di pertandingan terakhir vs Bali United," kata Vujovic lewat akun media sosial Instagram pribdinya.

Baca Juga

Ia juga mengucapkan terima kasih pada dua klub Liga 1 yang telah memberinya kesempatan berkarier di Indonesia, yakni Persib Bandung (2013-2017) dan Bhayangkara FC (2018).

Pasca pensiun, Vujovic pun kini resmi menjalani dunia kepelatihan dengan menjadi juru taktik klub Liga 2 2018, Bogor FC. Apalagi Vujovic telah mengantongi lisensi B UEFA dan kini tengah mengejar lisensi A UEFA.


2. 2. I Made Kadek Wardana

Kiper Bali United, I Made Wardana.

Lalu ada pemain Liga 1 lainnya yang juga ikut pamit dari dunia sepak bola Indonesia, yakni I Made Kadek Wardana. Kiper kelahiran Ubud Bali 37 tahun ini pensiun pada 17 Desember 2018 usai tak dilepas Bali United.

"Untuk (I Made Kadek) Wardana,ia memang memutuskan pensiun sebagai pemain. Terima kasih kami ucapkan untuk dedikasinya selama ini," ujar CEO Bali United, Yabes Tanuri.

Baca Juga

Keinginannya pensiun sebenarnya telah terlintas sejak 2015 lalu. Saat itu sang istri memintanya undur diri dari dunia sepak bola yang telah ia lakoni sejak 2000 lalu.

I Made Kadek Wardana saat ini telah mendapatkan lisensi kepelatihan C AFC. Hal itu membuatnya bisa melatih sebuah klub pasca pensiun.


3. 3. Eka Ramdani

Eka Ramdani melakukan latihan bersama Persib Bandung.

Terbaru adalah gelandang Persib Bandung Eka Ramdani yang juga telah menyatakan pensiun dari dunia sepak bola. Eka gantung sepatu pada 5 Januari 2019 dengan usia 34 tahun.

"Pensiun lebih cepat, keputusan pensiun ya lebih ke panggilan hati. Dan saya pikir sebelumnya sudah saya rencanakan," beber Eka Ramdani.

Pasca mengumumkan gantung sepatu, Eka Ramdani akan mengisi hari-harinya dengan kegiatan sosial bersama ER8 Foundation dan Musim Footballer, yang telah ditekuninya dua tahun terakhir.

Baca Juga

Tak hanya itu Eka Ramdani juga akan melatih anak-anak usia dini di SSB UNI. Namun belum terpikirkan untuk melatih sebuah klub.

Selain tiga nama tadi ada beberapa pemain lainnya, seperti Hengky Ardiles, yang kemungkinan bisa saja pensiun dalam beberapa waktu ke depan. Kontribusi mereka di dunia sepak bola nasional begitu besar.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.

Vladimir VujovicI Made WardanaEka RamdaniLiga IndonesiaLiga 1TRIVIA

Berita Terkini