x

5 Pemain Asing Termahal di Liga 1 2019

Minggu, 27 Januari 2019 16:36 WIB
Editor: Rafif Rahedian
5 Pemain Asing Termahal di Liga 1 2019

INDOSPORT.COM – Beberapa klub Liga 1 2019 telah berhasil memenuhi kuota pemain asing sebelum bursa transfer resmi dibuka. Sekedar informasi, bursa transfer Liga 1 2019 baru resmi dibuka pada 15 Februari mendatang.

Terhitung, setidaknya ada enam klub Liga 1 2019 yang telah memenuhi kuota pemain asing. Klub-klub tersebut adalah Persija Jakarta, Bali United, PSM Makassar, Madura United, Arema FC, dan Borneo FC.

Dari keenam klub tersebut, nyatanya salah satu dari mereka memiliki pemain asing yang memiliki banderol harga termahal di Liga 1 2019. Tak hanya enam klub tersebut, Persib Bandung juga menyumbangkan satu pemainnya dalam daftar pemain asing termahal.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT mencoba untuk merangkum lima pemain asing yang memiliki harga paling mahal di kompetisi Liga 1 2019, menurut situs Transfermarkt.


1. Wiljan Pluim - Rp6,4 miliar

Wiljan Pluim (kiri) dalam bayang-bayang dua pemain Persela Lamongan.

Pemain andalan PSM Makassar sejak musim 2017 lalu, Wiljan Pluim masuk dalam daftar pemain asing termahal di Liga 1 2019. Itu terjadi ketika dirinya dipastikan tidak akan hengkang dari PSM hingga 2021 mendatang.

Gelandang berusia 30 tahun tersebut memiliki harga sebesar 400 ribu pounds atau setara dengan Rp6,4 miliar. Banderol tersebut membuat dirinya menjadi pemain asing kelima termahal di kompetisi Liga 1 2019.

Marc Klok - Rp6,4 miliar

Selain Wiljan Pluim, PSM Makassar juga menyumbangkan penggawa lainnya dalam daftar pemain asing termahal Liga 1 2019. Pemain yang dimaksud adalah gelandang agresif asal Belanda, yakni Marc Klok.

Sama seperti Wiljan Pluim, Marc Klok juga dihargai dengan nilai 400 ribu pounds atau sekitar Rp6,4 miliar. Harga tersebut nyatanya cukup masuk akal, jika melihat peran vitalnya di lini tengah tim berjuluk Juku Eja tersebut.


2. Ezechiel N’Douassel - Rp8,8 miliar

Ezechiel N'Douassel kembali tampil saat melawan Bhayangkara FC usai menjalani sanksi larangan bertanding.

Meski belum memenuhi kuota pemain asing, namun Persib Bandung mampu menyumbangkan penggawanya untuk masuk dalam daftar ini. Pemain tersebut adalah pencetak gol terbanyak Persib pada Liga 1 2018 lalu, yakni Ezechiel N’Douassel.

Harga penyerang berkebangsaan Chad itu sendiri mampu melebihi Wiljan Pluim dan Marc Klok. Dirinya memiliki nilai transfer sebesar 550 ribu pounds atau setara dengan Rp8,8 miliar.

Jaimerson - Rp9,6 miliar

Madura United saat ini menyumbangkan satu amunisi barunya dalam daftar pemain asing termahal di kompetisi Liga 1 2019. Itu terjadi ketika tim berjuluk Laskar Sapeh Kerrab tersebut berhasil mendaratkan mantan pemain Persija Jakarta, Jaimerson Xavier.

Jaimerson sendiri menjadi pemain asing termahal kedua di Liga 1 2019 dengan banderol sebesar 600 ribu pounds atau sekitar Rp9,6 miliar. Pemain asal Brasil itu pun menjadi satu-satunya pemain bertahan yang masuk dalam daftar pemain asing termahal.


3. Brwa Nouri - Rp10,4 miliar

Pemain Bali United, Brwa Nouri.

Pemain asing termahal di kompetisi Liga 1 2019 dinobatkan kepada gelandang Bali United, Brwa Nouri. Peran Brwa Nouri sendiri belum terlihat jelas, mengingat dirinya baru bergabung dengan Bali United pada pertengahan musim 2018 lalu.

Baca Juga

Pemain berkebangsaan Irak tersebut saat ini memiliki banderol sebesar 650 ribu pounds atau setara dengan Rp10,4 miliar. Brwa Nouri pun menjadi satu-satunya pemain yang memiliki harga lebih dari Rp10 miliar di kasta teratas sepak bola Indonesia.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya di INDOSPORT

Bursa TransferLiga IndonesiaLiga 1Ezechiel N'DouasselMarc KlokJaimerson da Silva XavierWillem Jan PluimTRIVIABrwa Nouri

Berita Terkini