x

3 Faktor yang Membuat Liga 1 Putri 2019 Penting untuk Digelar PSSI

Kamis, 31 Januari 2019 16:40 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Yohanes Ishak

INDOSPORT.COM - Sekertaris Jendral (Sekjen) Ratu Tisha menyebutkan bahwa PSSI memiliki rencana untuk bisa menggelar kompetisi Liga 1 putri pada tahun 2019 ini.

Berbagai strategi pun telah dicanangkan PSSI untuk mewujudkan rencana itu, salah satunya dengan menggelar uji coba internasional FIFA menghadapi India beberapa hari lalu.

Meski berujung kekalahan, uji coba tersebut, dikatakan Ratu Tisha merupakan bagian strategi untuk bisa mendatangkan sponsor yang mau mendanai Liga 1 putri 2019.

Baca Juga

Tisha sendiri memproyeksikan akan ada enam klub yang akan berpartisipasi di Liga 1 putri 2019 nantinya. Meski belum diungkapkan kapan tepatnya liga akan mulai bergulir, niat PSSI tersebut jelas wajib untuk didukung penuh karena akan berimbas posisitif bagi sepak bola Indonesia.

Selain itu ada juga beberapa faktor yang semakin menuntut pentingnya kompetisi Liga 1 putri untuk segera di gelar.
Apa saja itu, berikut INDOSPORT coba menjelaskan.


1. Wadah Pemain Sepak Bola Putri Untuk Berkembang

Candra Kirana Juara Pertiwi Cup 2018 Regional Jatim, salah satu kompetisi sepak bola putri yang ada di Indonesia tahun lalu.

Sebagai salah satu negara yang terkenal menggilai sepak bola, tak bisa dipungkiri dalam hal sepak bola putri, Indonesia jauh tertinggal.

Bahkan baru bebrapa tahun ini, PSSI sebagai federasi sepak bola tertinggi di Indonesia bisa kembali menggelar sebuah kompetisi dengan tajuk Pertiwi Cup.

Padahal jika melihat di akar rumput, tak sedikit pemain sepak bola putri yang memiliki kualitas. Sepertihalnya Zahra Muzdalifah yang sempat dipercaya mengikuti uji coba di Swedia.

Jika nantinya Liga 1 putri bisa digelar, terlebih secara berkesinambungan, para pemain pun akan berkesempatan besar untuk mengembangkan karier dan mendapatkan pemasukan yang layak meski tentu tak akan langsung sebesar pesepak bola pria pada umumnya.


2. Pemasok Pemain Untuk Timnas Putri Indonesia

Timnas Putri Indonesia vs India

Seperti layaknya sebuah kompetisi, muaranya tentu adalah tim nasonal. Dan jika Liga 1 putri 2019 jadi dilaksanakan, tentu yang paling diuntungkan adalaha Timnas Indonesia.

Pelatih timnas pun tak perlu lagi repot melakukan seleksi setiap akan berkompetisi di level internasional. Penilaian pun akan lebih objektif karena akan dilakukan sepanjang kompetisi, bukan hanya sebatas di masa seleksi yang umumnya hanya dilakukan dalam tempo singkat.


3. Mengembangkan Olah Raga Perempuan di Indonesia

Liliyana Natsir, salah satu olah ragawan perempuan tersukses di Indonesia.

Bukan hanya di sepak bola, kesempatan para atlet putri Indonesia di semua jenis olah raga memang tak sebanyak yang didapatkan kaum pria.

Dan jika Liga 1 putri nantinya bisa digelar, secara langsung PSSI jelas akan berkontribusi besar dalam mengembangkan olah raga di Indonesia khususnya di sektor perempuan.

Karena bahkan Kementrian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) bahkan hingga menggelar Pekan olah Raga Perempuan November 2018 lalu, untuk bisa memberikan kesempatan bagi para atlet putri untuk unjuk kemampuan.

Karena sebagai olah raga terpopuler di Indonesia, sumbangsi sepak bola jelas jauh tertinggal dibanding olah raga populer lainnya, salah satunya bulutangkis.

Ikuti terus Berita Sepak Bola Indonesia dan Berita Olahraga lainnya di INDOSPORT.COM

PSSILiga IndonesiaRatu TishaLiga 1Timnas Wanita IndonesiaTimnas Putri Indonesia U-16

Berita Terkini