x

Siap-siap Timnas Indonesia, Australia Akan Tampil di Piala AFF 2020 Mendatang

Kamis, 31 Januari 2019 17:08 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Skuat Australia saat melawan Yordania.

INDOSPORT.COMAustralia dikabarkan tengah berusaha untuk bisa tampil di Piala AFF pada tahun 2020 mendatang. Langkah itu diambil agar Australia lebih afdol menjadi bagian Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF).

Seperti yang diketahui, Australia telah masuk dalam anggota AFF pada 2013 lalu. Namun hingga saat ini tim yang mendapatkan julukan Socceroos tersebut dilarang untuk berpartisipasi di ajang Piala AFF.

Pasalnya, Australia dikhawatirkan akan memperlihatkan jurang perbedaan standar permainan dengan tim-tim Asia Tenggara lainnya. Semua pihak tahu bahwa level Australia tak sepadan dengan anggota AFF lainnya.

Baca Juga

Namun ketika tim-tim Asia Tenggara telah memperlihatkan perkembangan mereka, Australia mulai mencoba untuk menawarkan diri masuk dalam ajang Piala AFF pada 2020 mendatang. Karena kehadiran Australia sendiri bisa membantu perkembangan tim-tim ASEAN lainnya.


1. Komentar Federasi Sepak Bola Australia

Para pemain Australia merayakan gol yang dicetak oleh Mile Jedinak lewat titik penalti.

Ketua Federasi Sepak Bola Australia, David Gallop pun memberikan komentar sekaligus alasan mengapa Socceros harus tampil di Piala AFF 2020 mendatang. Dirinya menyebutkan jika Australia bisa membuat Piala AFF menjadi komersial.

“Bagian dari evolusi dengan hubungan kami di ASEAN sekarang adalah dengan melihat Piala Suzuki (AFF) yang secara tradisional dirasakan bahwa (Australia) terlalu kuat,” ujar Gallop seperti dikutip dari situs berita olahraga, Fox Sport Asia.

“Tetapi karena banyak dari negara-negara itu meningkatkan kekuatan permainan mereka dan mempertimbangkan kemampuan Australia untuk menjadi kunci pasar hak komersial, ini tentu perlu ditelusuri,” tambahnya.

Baca Juga

Menurut laporan Sydney Morning Herald, perundingan ini telah mencapai tingkat pemerintah dengan Departemen Luar Negeri dan Perdagangan. Kedua pihak tersebut dikabarkan setuju agar Australia bisa tampil di Piala AFF 2020.

Jika memang itu benar-benar terjadi, maka Timnas Indonesia harus berhati-hati. Timnas Indonesia pun harus melakukan perubahan jika ingin merebut trofi Piala AFF, yang sampai saat ini belum pernah diraih.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya di INDOSPORT

AustraliaPiala AFFBola Internasional

Berita Terkini