x

5 Rekor Terbaru Timnas Qatar Usai Juara Piala Asia 2019, Sulit Dipecahkan Timnas Indonesia

Sabtu, 2 Februari 2019 08:52 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Kemeriahan confeti pemain Timnas Qatar yang merayakan kemenangan di Stadion Zayed Sports City pada (01/02/19) di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

INDOSPORT.COM - Timnas Qatar berhasil menjadi juara Piala Asia 2019 usai mengalahkan juara empat kali, Jepang dengan skor 3-1 di pertandingan final, Jumat (01/02/19) kemarin sore.

Almoez Ali, Abdulaziz Hatem dan Akram Hassan Afif mencetak tiga gol Qatar ke gawang Jepang, sementara gawang mereka hanya kebobolan satu gol oleh Takumi Minamino.

Munculnya Qatar sebagai juara Piala Asia 2019 tentu membuat sebagian besar publik sepak bola Asia berdecak kagum. Tentu saja, karena prestasi mereka tersebut.

Baca Juga

Apalagi, seperti yang kita ketahui, bahwa Timnas Qatar pernah dikalahkan oleh Timnas Indonesia saat laga perdana Grup A Piala Asia 2004 silam.

Selain fakta tersebut, ternyata Timnas Qatar sukses mencatatkan rekor luar biasa yang mungkin sangat sulit dipecahkan oleh Timnas Indonesia di Asia. Berikut deretan rekor tersebut.


1. Paling Top Skorer

Penggawa dan tim Qatar melakukan sesi foto sebagai juara Piala Asia melawan Jepang di Stadion Zayed Sports City pada (01/02/19) di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Salah satu yang menjadi pembicaraan usai Piala Asia 2019 berakhir adalah, striker muda Timnas Qatar, Almoez Ali. Ali punya catatan luar biasa di kompetisi tahun ini.

Bagaimana tidak, dia mencetak lima gol hanya dalam dua penampilannya di Piala Asia 2019. Disusul dua gol lainnya di pertandingan ketiga dan total tujuh gol saat babak grup Piala Asia 2019 berakhir.

Tersisa empat pertandingan hingga final, ternyata Ali mampu mematahkan rekor gol terbanyak yang dimiliki striker asal Iran, Ali Daei, yang bertahan sejak edisi 1996.

Setelah dua pertandingan tanpa gol, Ali mencetak gol kedelapannya di babak semifinal dan yang kesembilan dicetak saat partai final.

Baca Juga

Raihan golnya total menjadi sembilan gol dan menjadi rekor gol terbanyak untuk satu edisi Piala Asia. Dia menjadi top skorer Piala Asia sepanjang sejarah.


2. Pemain Debut Gol Terbanyak

Khaled Mohammed, Abdelkarim Hassan dan Hasan Al Haydos tengah berlari untuk melakukan selebrasi di Stadion Zayed Sports City pada (01/02/19) di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Selain menjadi top skorer Piala Asia sepanjang sejarah, Almoez Ali mencatat rekor baru di Piala Asia 2019 ini.

Dengan catatan sembilan gol, banyak yang tidak tahu mungkin, bahkan Piala Asia 2019 ini merupakan debut untuk Ali. Dia menjadi debutan dengan gol terbanyak.

Penampilan debut Almoez Ali di Timnas Qatar senior memang sudah dimainkan sejak Agustus 2016 lalu. Namun, untuk kompetisi Asia, edisi ini adalah yang kali pertama.

Baca Juga

Sejak debut bersama Timnas Qatar senior, Ali sudah memainkan 38 pertandingan dengan mencetak sebanyak 19 gol.


3. Gol Terbanyak Piala Asia

Kemeriahan kemenangan Qatar sebagai juara Piala Asia melawan Jepang di Stadion Zayed Sports City pada (01/02/19) di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Rekor ketiga adalah dicetak oleh Timnas Qatar, yang nampaknya benar-benar mulus dalam perjalanan mereka menjuarai Piala Asia 2019.

Tuan rumah Piala Dunia 2022 itu sudah mencetak sebanyak 10 gol dalam tiga pertandingan babak grup mereka, dengan tujuh di antaranya dicetak oleh Almoez Ali.

Enam gol lainnya tercipta saat Qatar menyingkirkan Irak (1-0), Korea Selatan (1-0), dan Uni Emirate Arab (4-0). 16 gol dikantongi memasuki babak final.

Baca Juga

Tiga gol lainnya tercipta saat mereka menaklukkan Samurai Biru di partai final. Total 19 gol saat menjuarai Piala Asia 2019, dan ini adalah rekor baru.


4. Gawang Paling Bersih

Kegembiraan pemain Timnas Qatar bersama trofi Piala Asia melawan Jepang di Stadion Zayed Sports City pada (01/02/19) di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Rekor keempat lagi-lagi menjadi bukti kelancaran Timnas Qatar menjuarai Piala Asia 2019 ini. Yaitu catatan gol yang bersarang di gawang mereka.

Selain mampu mencetak 19 gol dalam tujuh pertandingan, Timnas Qatar ternyata tidak lupa menjaga gawang mereka dari kebobolan di sepanjang Piala Asia 2019.

Baca Juga

Qatar bahkan hanya kebobolan sekali di partai final, dengan enam pertandingan sebelumnya dari babak grup, mereka tidak kebobolan sama sekali. Rekor!


5. Assist Terbanyak dari Qatar

Qatar Juara Piala Asia 2019

Untuk urusan assist, lagi-lagi Qatar menyumbang salah satu bintangnya, yaitu Akram Afif yang bermain apik sebagai second striker.

Bermain sebagai second striker di belakang striker, Afif sukes menyumbang assist lima kali dalam 9 gol yang dilesakkan oleh Almoez Ali.

Baca Juga

Sementara itu, lima assist lainnya juga berasal dari Afif, yang membuat dia total terlibat dalam 10 gol dari 19 gol yang dicetak Timnas Qatar di Piala Asia 2019.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Piala Asia 2019 Lainnya Hanya di INDOSPORT

JepangQatarPiala Asia 2019Timnas IndonesiaBola InternasionalTRIVIA

Berita Terkini