x

Harga Skuat Dua Kali Lipat Lebih Murah, Kualitas Pemain Persija Tertinggal Jauh dari Newcastle Jets?

Rabu, 6 Februari 2019 14:55 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil
Ilustrasi logo Newcastle United Jets vs Persija Jakarta

INDOSPORT. COM - Ada harga, ada barang. Pepatah itu mungkin bisa menggambarkan kondisi di mana harga skuat Persija Jakarta ternyata dua kali lipat lebih murah dari Newcastle Jets.

Ya, Persija Jakarta bakal berhadapan dengan klub Australia, Newcastle Jets dalam laga kualifikasi Liga Champions Asia. Pertemuan ini terjadi setelah sebelumnya Persija mampu meloloskan diri dari hadangan Home United.

Persija sendiri bakal bertindak sebagai tim tamu dalam laga kontra Newcastle Jets nanti. Pertandingan pun dijadwalkan akan berlangsung di Hunter Stadium pada 12 Februari mendatang.

Baca Juga

Meski waktu perhelatan laga masih lama, Persija sekiranya harus sejak dini mulai menerka kekuatan Newcastle Jets. Apalagi, ada fakta yang menunjukan kalau harga skuat Macan Kemayoran ternyata dua kali lipat lebih murah dari lawannya itu.


1. Soal Perbandingan Harga

Ilustrasi logo Newcastle United Jets vs Persija Jakarta

Fakta soal perbandingan harga kedua tim tertuang pada situs Transfermarkt. Dalam situs itu, profil tim Persija terlihat memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan Newcastle Jets.

Persija menurut situs Transfermarkt harganya berada di angka 3,38 juta euro, atau setara dengan 53 miliar rupiah. Sementara harga skuat Newcastle Jets menurut situs Transfermarkt berada di angka 122 miliar rupiah.

Ya, perbandingan harga antara Persija dan Newcastle Jets terbilang cukup jauh. Bahkan jarak harga yang ada sejatinya lebih dari dua kali lipat.

Bila menengok pepatah, "ada harga, ada barang", mungkin fakta tadi bisa menunjukkan perbedaan kualitas di antara kedua tim. Apalagi anggapan di masyarakat kerap memunculkan stigma kalau tingkat kualitas sesuatu biasanya diukur dari harga.

Sepak bola pun sepertinya juga menerapkan hal yang sama. Contoh saja sosok pemain sepak bola bernama Cristiano Ronaldo. 

Dahulu ketika awal gabung Manchester United, harga Ronaldo berada di angka Rp286 miliar. Sedangkan ketika kualitasnya sudah meningkat dan terbukti, harga Ronaldo saat ini di Juventus meningkat drastis ke angka 1,5 triliun rupiah.

Baca Juga

Meski demikian, memang kualitas pemain tak hanya bisa diukur dari harga semata. Perbandingan kualitas Newcastle Jets dan Persija Jakarta yang sebenarnya hanya akan terjadi di lapangan ketika pertandingan nanti.

Terus Ikuti Berita Seputar Liga Champions Asia dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

Persija JakartaLiga Champions AsiaNewcastle JetsBola Internasional

Berita Terkini