x

Legenda Olahraga: Luis Milla, Sosok yang Pernah Memperkuat Barcelona dan Real Madrid

Kamis, 7 Februari 2019 15:30 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni

INDOSPORT.COM - Luis Milla, siapa yang tidak mengenal eks pelatih Timnas Indonesia yang ternyata pernah membela Real Madrid dan Barcelona ini.

Apalagi, sejak dirinya ditunjuk sebagai pelatih pada Januari 2017 lalu. Semua pecinta sepak bola nasional langsung menaruh harapan besar pada Luis Milla.

Sebenarnya, selama kepelatihan Luis Milla, Timnas Indonesia telah menunjukkan permainan yang berkembang. Namun, kontraknya tidak dilanjut dan berakhir pada Oktober 2018 lalu.

Baca Juga

Tangan dingin Luis Milla sebagai pelatih kepala skuat senior, memang belum benar-benar teruji. Namun, sebagai pemain profesional, sebaiknya jangan ditanya.

Dia pernah bermain untuk tiga klub besar Spanyol, Barcelona, Real Madrid dan Valencia. Berikut INDOSPORT coba ulas karier gemilang Luis Milla sebagai pemain sepak bola.


1. Karier Luis Milla di Barcelona

Luis Milla saat masih berseragam Barcelona.

Mengawali karier junior bersama Barcelona B, Luis Milla memainkan debutnya di skuat senior Barcelona pada pekan kedua La Liga Spanyol musim 1984/85 silam.

Bahkan, menurut data dari Transfermarkt, Luis Milla berhasil mencetak gol debutnya dalam pertandingan tersebut. Saat Barcelona menang 4-0 atas Real Zaragoza.

Baca Juga

Setelah itu, Luis Milla bermain selama enam tahun lamanya di Barcelona dengan mencatat total 71 pertandingan dan hanya mencetak dua gol di sana.

Bersama Barcelona, Luis Milla juga berhasil mengangkat trofi La Liga Spanyol di musim 1984/85, Copa del Rey musim 1989/90 dan satu kali Piala Winners UEFA di musim 1988/89.

Karier Luis Milla di Real Madrid

Setelah bermain bagi Madrid, Luis Milla habiskan karier sepakbolanya di Valencia.

Hingga tahun 1990, Luis Milla menerima pinangan Real Madrid yang disebut-sebut pindah secara bebas transfer alias gratis. Bersama Real Madrid, karier Milla lebih gemilang.

Bermain selama tujuh tahun hingga 1997, Luis Milla mencatat sebanyak 206 pertandingan dengan mencetak hanya empat gol. Dia memang jarang mencetak gol karena posisinya sebagai gelandang tengah.

Tapi, bersama Real Madrid, Luis Milla berhasil mempersembahkan dua trofi La Liga Spanyol di musim 1994/95 dan musim 1996/97. Serta trofi Copa del Rey musim 1992/93.

Baca Juga

Usai menjuarai La Liga Spanyol musim 1996/97, Luis Milla pindah ke Valencia hingga pada akhir musim 2000/01 memutuskan untuk gantung sepatu sebagai pesepak bola.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT

Real MadridBarcelonaLaLiga SpanyolCopa del ReyValenciaLuis MillaLegenda OlahragaLiga Spanyol

Berita Terkini